Baju Terkena Noda Cat? Inilah Cara Menghilangkannya

Keseruan beraktivitas dengan cat bisa terganggu saat cat terciprat ke baju. Apalagi cat dikenal sebagai cairan yang susah dihilangkan. Apakah ini artinya baju yang terkena noda cat tak bisa digunakan lagi? Belum tentu. Ada beberapa cara menghilangkan noda cat di baju yang bisa Anda coba.

Tapi, sebelum mencari tahu cara-caranya, ada baiknya Anda mengetahui dulu jenis-jenis cat. Hal ini penting karena bahan dasar cat berbeda-beda. Jadi, cara membersihkannya pun bisa jadi tidak sama. Termasuk juga cara menghilangkan noda cat yang sudah kering di baju.

Berdasarkan bahan dasarnya, cat dibagi menjadi dua jenis, yaitu water-based (berbahan dasar air) dan oil-based (berbahan dasar minyak). Cat dengan bahan dasar air lebih mudah dibersihkan karena nodanya bisa larut dalam air. Sebaliknya, cat yang berbahan dasar minyak sulit dibersihkan. Dibutuhkan bahan tertentu untuk menghilangkan noda cat minyak pada baju.

Cara Menghilangkan Noda Cat di Baju

Untuk menghilangkan noda cat di baju, terdapat beragam agen pembersih yang bisa Anda gunakan. Agar praktis, Anda dapat memilih cara yang agen pembersihnya sudah Anda miliki di rumah.

Gunakan detergen

Cara menghilangkan noda cat air di baju yang pertama adalah dengan menggunakan agen pembersih detergen. Cara ini dapat dilakukan untuk membersihkan noda cat air. Basahi baju yang terkena noda dengan air, lalu kucek bagian yang terkena noda dengan detergen. Bisa juga menggunakan air hangat untuk mempercepat noda luntur.

Gunakan spiritus

Cara kedua ini dapat dilakukan untuk menghilangkan noda cat minyak di baju. Spiritus merupakan bahan utama thinner, yaitu produk yang digunakan untuk mengencerkan cat minyak. Jadi, thinner dapat meluruhkan noda cat minyak dengan mudah. Thinner juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda cat yang sudah kering di baju.

Namun, thinner termasuk senyawa yang beracun dan berbau tajam. Disarankan menggunakan sarung tangan saat menyentuhnya. Cairan ini dapat berbahaya bagi pemilik kulit sensitif. Selain itu, thinner juga bisa jadi terlalu keras untuk jenis pakaian tertentu. Jadi, sebelum menggunakannya, coba oleskan sedikit thinner pada bagian baju. Jika kainnya tidak rusak, Anda dapat mengusapnya pada bagian baju yang terkena noda.

Gunakan bensin

Bahan bakar kendaraan bermotor ini dapat membantu menghilangkan noda cat yang berbahan minyak di baju. Anda cukup menuangkan bensin ke spons, lalu gosok bagian baju yang terkena noda cat dengan spons tersebut. Noda cat akan terangkat dengan mudah. Menggunakan bensin juga merupakan cara menghilangkan noda cat akrilik di baju.

Setelah noda cat terangkat, rendam baju dengan larutan detergen dan air panas. Langkah ini perlu dilakukan untuk menghilangkan bau bensin yang menyengat pada baju. Setelah direndam, cuci baju hingga bersih.

Gunakan cuka

Anda juga bisa menggunakan cuka dapur untuk membersihkan noda cat. Cukup oleskan cuka pada bagian noda, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosok baju dengan sikat atau kucek seperti biasa sampai noda hilang. Jangan lupa cuci baju dengan detergen untuk menghilangkan bau asam cuka.

Gunakan alkohol

Bila Anda tak ingin menggunakan senyawa yang berbau menyengat untuk menghilangkan noda cat di baju, pakai saja alkohol. Jenis alkohol yang dapat digunakan untuk membersihkan noda adalah alkohol 70% atau yang biasa digunakan untuk membersihkan luka. Jika tak ada cairan alkohol, bisa juga menggunakan produk antiseptik yang mengandung alkohol 70% seperti hand sanitizer untuk menghilangkan noda cat minyak di baju.

Mesin Cuci Front Load FQD-1050BF Merawat Kebersihan dan Kehalusan Pakaian

Benarkah pakaian yang dicuci dengan mesin cuci lama-kelamaan warnanya akan pudar dan seratnya akan rusak? Belum tentu. Tergantung pada mesin cuci yang Anda gunakan. Hal itu tidak akan terjadi bila Anda menggunakan mesin cuci front load FQD-1050BF persembahan dari AQUA Elektronik.

Mesin cuci front load FQD-1050BF dilengkapi teknologi Pillow Drum yang akan menjaga kehalusan serat kain pakaian Anda. Drum kreatif berbentuk bantal akan merawat kain dan menghindari keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal juga mengurangi abrasi dan memberikan perawatan untuk pakaian yang paling lembut. Anda pun tak perlu cemas lagi pakaian lembut akan rusak atau aus akibat berkali-kali dicuci di mesin cuci.

Bukan itu saja keunggulan mesin cuci front load dengan kapasitas besar ini. Dilengkapi drum yang luas (diameter 525 mm), memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Selain bersih sempurna, pakaian tidak akan kusut dan terlilit hingga mudah disetrika.

Ditambah lagi fitur Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal. Mesin cuci pun senantiasa terjaga kondisi dan kebersihannya.

Segera miliki mesin cuci dengan tabung lebih lebar dan kapasitas lebih besar ini. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan aneka tawaran menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003