Tetap Segar dan Anti Bau, Simak Cara Menyimpan Cumi di Kulkas

Kehadiran kulkas di rumah memang sangat efektif untuk mendukung proses penyimpanan makanan dan minuman. Selain menyimpan sisa makanan dan minuman, Anda juga bisa menyimpan bahan makanan lainnya seperti cumi-cumi. Cara menyimpan cumi agar awet dan anti bau ternyata mudah asalkan Anda sudah tahu triknya.

Cara menyimpan cumi asin di kulkas tentu lebih mudah dibandingkan menyimpan cumi basah. Cumi asin bisa bertahan selama beberapa hari bila ditempatkan pada wadah tertutup di kulkas bahkan dapat bertahan hingga satu bulan jika disimpan di freezer. Sementara itu, cara menyimpan cumi basah di kulkas harus dilakukan secara cermat agar kesegarannya terjaga dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Memilih Cumi Basah yang Berkualitas

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum mempraktikkan cara menyimpan cumi di kulkas adalah memilih cumi basah yang masih segar. Cumi basah yang masih segar tentu dapat bertahan lama bila disimpan dengan cara yang benar. Beberapa ciri cumi-cumi basah yang kualitasnya baik, antara lain:

  • Cumi-cumi berukuran kecil yang segar berwarna keunguan dan berbintik hitam, sedangkan cumi-cumi besar berwarna putih dengan sedikit bintik hitam.
  • Tekstur cumi-cumi segar terasa kenyal dan tidak berlendir.
  • Kulit dan mata cumi-cumi tampak bening dan mengkilap.
  • Seluruh bagian tubuhnya utuh dan tidak terlepas satu sama lain.
  • Aroma amisnya tidak berlebihan hingga terkesan menyengat.

Mencuci Cumi dengan Cara yang Benar

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencuci cumi-cumi dengan proses sebagai berikut:

  • Lepaskan kepala cumi-cumi dari tubuhnya dengan cara memegang bagian bawah tubuh cumi-cumi lalu menarik kepalanya. Lakukan gerakan sedikit memutar jika kepala cumi-cumi agak sulit lepas.
  • Pisahkan kantung tinta cumi-cumi secara perlahan-lahan dari tubuhnya. Jika Anda tidak ingin membuat olahan dari tinta cumi-cumi, maka kantung tinta tersebut bisa dibuang.
  • Potong seluruh tentakel cumi-cumi supaya lebih mudah dibersihkan. Semakin besar tentakel cumi-cumi, maka semakin banyak jumlah potongan yang bisa Anda dapatkan.
  • Buang tulang rawan cumi-cumi yang menempel dengan kepala sekaligus terhubung dengan tentakel.
  • Singkirkan pula tulang rawan ekor cumi-cumi yang bentuknya pipih dan berwarna bening menyerupai plastik karena bagian tersebut juga tidak dapat dikonsumsi.
  • Angkatlah membran kulit cumi-cumi yang dipenuhi bintik-bintik hitam dengan cara menariknya pelan-pelan agar tampilan cumi lebih menarik.
  • Lanjutkan proses pencucian dengan membilas cumi-cumi menggunakan air mengalir yang bersih selama beberapa kali.

Memberi Air Perasan Jeruk Nipis atau Lemon pada Cumi-Cumi

Cara menyimpan cumi agar awet juga berkaitan dengan trik menghilangkan bau amis pada bahan makanan tersebut. Anda hanya perlu menyiapkan air perasan lemon atau jeruk nipis lalu menuangkannya secara merata pada cumi-cumi yang sudah dibersihkan. Aduk sebentar campuran cumi-cumi dengan air perasan lemon atau jeruk nipis agar tercampur rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sehingga bau amis cumi-cumi hilang sepenuhnya.

Membilas Kembali Cumi-Cumi dengan Air Mengalir

Setelah merendam cumi-cumi dengan air perasan lemon atau jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit, Anda harus membilas cumi-cumi dengan air mengalir. Tujuannya tentu saja untuk menghilangkan rasa asam yang berasal dari air perasan lemon atau jeruk nipis sehingga nantinya tidak mempengaruhi rasa hidangan Anda.

Membagi Cumi-Cumi Menjadi Beberapa Porsi dalam Wadah Kedap Udara

Jika cumi-cumi sudah bersih, Anda bisa membaginya menjadi beberapa porsi sesuai kebutuhan untuk satu kali masak. Proses ini penting supaya Anda tidak mengeluarkan dan memasukkan cumi ke kulkas berulang kali karena hal tersebut bisa menurunkan kesegaran cumi-cumi. Nantinya, Anda tinggal mengeluarkan satu porsi cumi-cumi lalu mencairkannya setiap kali hendak memasak. Taruhlah setiap porsi cumi-cumi pada wadah kedap udara yang berbeda. Tutuplah wadah tersebut rapat-rapat lalu simpan persediaan cumi-cumi Anda di freezer.

Mencairkan Cumi-Cumi Beku yang Akan Diolah

Cara mencairkan cumi-cumi beku yang akan diolah ternyata sangat praktis. Anda hanya perlu memindahkan wadah berisi cumi-cumi dari freezer ke kulkas bagian bawah lalu membiarkannya selama semalaman agar cair dengan sendirinya. Jika ingin mencairkan cumi-cumi secara cepat, rendamlah wadah berisi cumi-cumi beku dalam air selama beberapa jam hingga tekstur cumi-cumi kembali seperti semula pada suhu ruang.

Rutinitas sehari-hari yang super sibuk memang membuat Anda harus sigap memahami cara menyimpan cumi di kulkas serta bahan makanan mentah lainnya untuk menghemat waktu. Kalau Anda sering menyimpan cumi-cumi dan bahan makanan lainnya, berarti Anda butuh kulkas berteknologi canggih untuk mendukung kebiasaan tersebut.

AQUA Elektronik Indonesia menyiapkan KULKAS MULTIDOOR AQR-IG745AM(GB) sebagai solusi istimewa untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat modern. Kulkas berkapasitas 658 liter tersebut mempunyai beberapa fitur canggih sebagai berikut:

T-Anti Bacteria: perlindungan terbaik dengan jaminan sertifikasi VDE terbukti 99,99% ampuh mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri berbahaya.

HCS-Humidity & My Zone: Membran Tanaman Ekologis di Humidity Zone dapat mengontrol kelembapan laci sekitar 90% melalui penyesuaian ukuran pori. Teknologi ini membuat mempertahankan kelembapan alami sayur dan buah bertahan lebih lama. My Zone menawarkan 3 pengaturan temperatur agar Anda bisa menentukan suhu terbaik untuk menyimpan makanan.

Twin Inverter: mengoptimalkan pendinginan dengan double kompresor dan fan sehingga kulkas cepat dingin dan stabil sekaligus menghemat listrik.

Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan untuk keluarga hingga satu minggu.

Glass Door: bahan kaca berkualitas yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya bernuansa elegan.

900 Auto Suspension: pintu lemari es dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang sehingga tangan bebas mengambil makanan.

Cold LED: penerangan dingin yang menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu saat menyala. Teknologi ini juga sangat efektif menerangi setiap sudut kulkas.

Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu sehingga Anda bisa menikmati minuman dingin sesering mungkin.

Anda tentu tak ragu memiliki KULKAS MULTIDOOR AQR-IG745AM(GB) setelah menyimak ulasan tentang kecanggihannya. Bersiaplah menghadirkan kulkas berkualitas persembahan AQUA Elektronik Indonesia untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga Anda. Segera dapatkan produk terbaiknya hanya di official store AQUA Elektronik Indonesia!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003