Berapa Watt Penggunaan Mesin Cuci? Ini Jawabannya!


Mesin cuci seolah telah menjadi barang wajib di rumah. Dengan adanya mesin cuci, kegiatan mencuci pakaian jadi lebih praktis dan sangat membantu kita. Adakah hubungan antara mesin cuci berapa watt dengan besarnya penggunaan listrik di rumah?

Perlu diketahui, mesin cuci merupakan salah satu barang elektronik yang memerlukan daya listrik besar. Sebuah mesin cuci membutuhkan daya listrik hingga ratusan watt supaya bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, makin besar dayanya, makin besar pula biaya listriknya. Besaran watt mesin cuci ini bergantung pada tipe dan merek mesin cuci yang digunakan.

Konsumsi Listrik Berdasarkan Jenis Mesin Cuci

Jenis mesin cuci umumnya dibagi ke dalam tiga jenis, yakni tipe top loading (1 tabung), front loading (bukaan depan), dan twin tube (2 tabung). Ketiga mesin cuci tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga daya listrik yang dibutuhkan setiap mesin juga tidak sama.

Lalu, seperti apa konsumsi listrik mesin cuci berdasarkan jenisnya? Mesin cuci berapa watt yang konsumsi listriknya tidak terlalu besar? Simak penjelasannya berikut.

Tipe top loading

Mesin cuci 1 tabung atau top loading menggunakan motor penggerak dengan fungsi ganda, yaitu untuk mencuci dan mengeringkan. Konsumsi daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci ini mulai dari 250 watt sampai dengan 420 watt.

Berikut daya listrik mesin cuci untuk tipe top loading:

  • Kapasitas 6–7 kg: 190–250 watt
  • Kapasitas 7–9 kg: 250–280 watt
  • Kapasitas 10+ kg: 280+ watt

Tipe front loading

Mesin cuci front loading umumnya membutuhkan daya listrik 400–500 watt. Namun, jika menggunakan fitur canggih seperti mencuci dengan air panas, kebutuhan listriknya bisa melambung hingga 2.200 watt.

Berikut daya listrik mesin cuci untuk tipe front loading:

  • Kapasitas 6–7 kg: 250 watt bila menggunakan air dingin, dan 2.100 watt bila menggunakan air panas
  • Kapasitas 7–9 kg: 280 watt bila menggunakan air dingin, dan 2.150 watt bila menggunakan air panas
  • Kapasitas lebih dari 10 kg: 310 watt bila menggunakan air dingin, dan 2.250 watt bila menggunakan air panas

Tipe twin tube

Mesin cuci tipe ini lebih hemat listrik dibandingkan jenis mesin cuci lainnya. Sebab jenis mesin cuci ini tidak memiliki fitur-fitur canggih. Daya listrik atau watt yang digunakan jenis mesin cuci ini sebesar 150 watt–300 watt untuk kapasitas antara 6–9 kilogram.

Tips Hemat Listrik dalam Menggunakan Mesin Cuci

Setelah mengetahui jenis-jenis mesin cuci dan mesin cuci berapa watt, Anda bisa memperkirakan jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda, serta daya listrik di rumah. Selain itu, berikut tips hemat listrik yang bisa Anda lakukan juga agar konsumsi listrik di rumah tidak melonjak akibat penggunaan mesin cuci.

  • Pilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, mesin cuci 7 kg cukup untuk rumah dengan anggota keluarga sebanyak 4–5 orang.
  • Pilih mesin cuci dengan watt rendah atau paling hemat listrik. Mesin cuci tipe ini biasanya dilengkapi teknologi Inverter.
  • Gunakan siklus pencucian cepat, apalagi jika hanya untuk menghilangkan bau keringat pada pakaian yang dipakai sepanjang hari.
  • Tunggu hingga pakaian kotor benar-benar cukup untuk kapasitas sekali pencucian agar tidak terlalu keseringan mencuci.
  • Jika penggunaan air dingin dirasa cukup bisa membersihkan pakaian, tak perlu mengaktifkan fitur air panas mesin cuci.

Mesin Cuci FQW-1050BF: Dengan Teknologi Inverter dan Kapasitas Lebih Besar

Saat hendak membeli mesin cuci, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitasnya. Bagi rumah tangga dengan jumlah anggota keluarga sedikit, mesin cuci dengan kapasitas standar bisa jadi sudah cukup. Namun, bila jumlah anggota keluarga cukup banyak, kemungkinan diperlukan mesin cuci yang bisa menampung beban cucian dalam jumlah besar.

Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan mesin cuci FQW-1050BF persembahan dari AQUA Elektronik. Mesin cuci ini mampu menampung cucian hingga 10,5 kilogram. Dengan diameter drum yang luas (525 mm), mesin cuci ini memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian pun tidak kusut dan terlilit hingga mudah disetrika, dan juga pakaian akan bersih sempurna.

Selain itu, mesti mesin cuci FQW-1050BF memiliki kapasitas yang besar, kerjanya tidak berisik. Sebab mesin cuci ini dilengkapi Teknologi Eco Inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci.

Kelebihan lain mesin cuci ini adalah adanya fitur Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal. Dengan begitu, mesin cuci akan selalu terjaga kebersihannya dan memberikan hasil cucian yang lebih higienis.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki mesin cuci berkapasitas besar dengan teknologi Eco Inverter ini. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik Indonesia sekarang juga!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003