Intip Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading dengan Cuka

Sebagai mesin yang berfungsi membersihkan pakaian, mesin cuci sendiri juga perlu dibersihkan secara berkala. Ini penting karena kondisi mesin cuci turut memengaruhi hasil cuciannya. Bagi pemiliki mesin cuci front loading, Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci front loading.

Mesin cuci perlu dibersihkan terutama untuk menghilangkan kerak noda, aroma tidak sedap, hingga jamur yang hinggap di dalam mesin cuci yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Pembersihan ini juga bertujuan menghindari kotoran yang ada di tabung menempel pada pakaian Anda.

Selain itu, pembersihan mesin cuci secara berkala juga dapat menjaga usia pakainya. Mesin cuci yang terawat dengan baik dapat awet hingga bertahun-tahun. Jadi, pastikan Anda membersihkan mesin cuci secara menyeluruh setidaknya tiga atau empat kali dalam setahun.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading dengan Cuka

Untungnya, cara membersihkan mesin cuci front loading ternyata tidak susah. Bahkan, Anda dapat memanfaatkan bahan dapur untuk membersihkan perangkat elektronik ini. Ya, cairan asam ini ternyata mampu membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran pada mesin cuci.

Begini tahapan pembersihan mesin cuci front loading dengan cuka:

  • Kosongkan tabung mesin cuci

Pertama-tama, pastikan tabung mesin cuci dalam kondisi kosong. Jangan sampai masih ada pakaian atau kain lain di dalam tabung saat Anda hendak melakukan pembersihan mesin cuci.

  • Beri air panas secukupnya

Tuang air panas ke dalam tabung mesin cuci. Lalu, pasang mode pencucian seperti bila Anda akan mencuci. Air panas akan membersihkan sisa-sisa detergen yang menumpuk di tabung. Sebab biasanya masih ada sisa sabun cuci yang menempel di tabung.

  • Pakai cuka untuk membersihkan tabung

Setelah air panas pertama dibuang, isi kembali tabung mesin cuci dengan air panas. Lalu, tambahkan cuka putih sekitar 2 cangkir. Penggunaan cuka ini berfungsi menghilangkan bau tidak sedap pada mesin cuci. Ini penting agar hasil cucian bersih dan wangi dan tidak terpengaruh oleh bau tak sedap akibat mesin cuci jarang dibersihkan.

  • Bersihkan tempat detergen

Selain tabung, bagian mesin cuci yang lain juga perlu dibersihkan. Cara membersihkan tempat atau laci detergen juga cukup mudah. Anda hanya perlu melepas laci, kemudian rendam di wadah atau ember yang besar. Gosok tempat detergen menggunakan sikat gigi hingga residu yang menempel terlepas. Setelah perendaman dirasa cukup, bilas laci deterjen dan keringkan. Setelah laci kering, pasang kembali laci ke tempat asalnya.

  • Hilangkan sisa residu

Jangan lupa untuk juga membersihkan saluran yang menghubungkan laci detergen dan tabung mesin cuci. Sebab di bagian ini biasanya juga masih ada banyak sisa kotoran. Gunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan residu detergen yang masih menempel di bagian tersebut. Cukup menyikatnya secara perlahan.

  • Bilas tabung dengan air bersih

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, langkah terakhir dalam cara membersihkan mesin cuci front loading adalah membilas tabung dengan air bersih. Langkah ini untuk memastikan tidak ada lagi sisa kotoran yang menempel di tabung mesin cuci. Nah, ternyata cara membersihkan mesin cuci front loading cukup mudah, bukan?

Mesin Cuci Front Load FQW-1050BF Dilengkapi Berbagai Fitur Canggih

Saat ini, mesin cuci tidak hanya berfungsi untuk mencuci pakaian. Kemajuan teknologi telah memungkinkan mesin cuci memiliki berbagai fitur canggih yang membuat alat ini mampu membersihkan pakaian secara optimal, serta memberikan pengalaman mencuci yang aman dan nyaman.

Misalnya, pada mesin cuci front load FQW-1050BF persembahan dari AQUA Elektronik. Mesin cuci ini memiliki diameter drum yang luas (525 mm) sehingga memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak, pakaian tidak kusut dan terlilit hingga mudah disetrika, dan juga pakaian akan bersih sempurna.

Selain itu, ada fitur Refresh yang akan menghilangkan bau pada pakaian dan membuat pakaian Anda bersih berkilau. Cara kerja fitur ini adalah air akan dipanaskan pada suhu 60–650C selama 5 menit dan menjadi uap air kecil. Mereka akan menembus pakaian, melembutkan dan menghilangkan bau. Kemudian aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya. sehingga dapat meminimalkan kerutan dalam 15–30 menit.

Kecanggihan lain mesin cuci ini terletak pada Anti-Bacteria Treatment, yaitu perawatan yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari, memastikan siklus cucian yang lebih higienis.

Penghilangan bakteri ini ditunjang pula dengan fitur Steam. Air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Tak diragukan lagi, mesin cuci front load FQW-1050BF bukan mesin cuci biasa. Miliki mesin cuci ini untuk merasakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mencuci pakaian! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003