Cara Memulai Bisnis Es Krim Rumahan & Rincian Modalnya

Anda ingin membuka bisnis di rumah? Atau ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Maka, membuat es krim rumahan adalah salah satu bisnis yang cocok untuk Anda, apalagi jika di sekitar rumah Anda ada banyak anak kecil.

Keunggulan dari bisnis ini adalah modal yang dibutuhkan relatif kecil, karena alat dan bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah. Selain itu, bisnis ini juga bisa didampingi dengan bisnis lain, misalnya jualan jus atau toko kelontong.

Berikut ini pembahasannya:

Cara Memulai Bisnis Es Krim Rumahan

1. Tentukan konsep usaha es krim

Sama seperti usaha lainnya, bisnis es krim juga harus direncanakan. Pertama, tentukan konsep penjualan es krim yang Anda inginkan terlebih dahulu, apakah dengan mesin soft ice cream seperti cafe, dijual dengan gerobak dengan cup dan cone atau konsep ice cream cup dan tusuk yang bisa dititipkan ke toko-toko tetangga.

Hal ini penting, sebab modal yang dibutuhkan untuk membuat konsep es krim di atas berbeda. Dengan diantar menggunakan gerobak misalnya, berarti Anda membutuhkan sepeda atau motor serta alat untuk menjaga suhu es krim, sehingga modalnya cukup besar. Namun keunggulannya, Anda bisa menjual es krim tersebut dengan cara jemput bola entah itu di sekolah maupun di rumah anak-anak.

2. Tentukan target pasar

Es krim umumnya dikonsumsi oleh anak-anak. Namun demikian, produk beverage yang satu ini juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa entah itu sebagai jajanan saja maupun sebagai konsumsi pada acara-acara tertentu, seperti pernikahan atau pertemuan.

Setelah menentukan target pasar, maka Anda bisa menentukan jalur pemasaran produk tersebut. Anda bisa menjual produk ini di rumah, menitipkannya kepada tetangga dn kantin-kantin SD dan SMP. Jangan lupa untuk membuat konten pemasaran es krim.

3. Buat packaging es krim yang menarik

Terdapat dua jenis packaging yang bisa Anda gunakan untuk membungkus es krim buatan Anda. Jenis yang pertama adalah packaging berbahan plastik polos. Kelebihan dari packaging ini adalah, Anda bisa menempelkan stiker merk di bagian luar packaging tersebut. Stiker merk ini bisa bertuliskan merk es krim Anda, bahan pembuatannya serta kontak yang bisa dihubungi ketika pembeli ingin memesan.

Jenis packaging yang kedua adalah packaging kertas cetak (box). Kelebihan dari packaging ini adalah desain yang menarik untuk anak-anak. Hanya saja, harganya lebih mahal dibandingkan packaging plastik dan Anda tidak bisa menempelkan stiker merk di bagian luarnya. Kedua jenis packaging ini bisa Anda beli di online marketplace kesayangan.

4. Tentukan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat es krim

Bahan es krim pada umumnya adalah gula pasir, kental manis, maizena, emulsifier dan perasa makanan. Tapi, pada dasarnya, es krim adalah salah satu jenis makanan yang bisa Anda variasikan. Misalnya, Anda bisa membuat es krim sayur entah itu dengan bayam atau dengan wortel. Bisa juga diolah menjadi es krim susu sapi atau es krim susu kambing dan lain sebagainya.

Penambahan bahan-bahan tersebut akan menambah nilai jual dan pembeda es krim Anda dari produk serupa di pasaran. Misalnya dengan membuat es krim sayur, Anda bisa membuat branding es krim sehat. Tapi, tentunya biaya produksi dan harganya juga akan berbeda.

5. Dapatkan alat yang dibutuhkan

Alat-alat yang dibutuhkan untuk memproduksi es krim rumahan cukup sederhana. Selain freezer kulkas, Anda juga akan membutuhkan spatula, baskom, gelas takar dan tentunya mixer.

Jika bisnis es krim Anda berkembang pesat, Anda tentunya membutuhkan freezer khusus, seperti chest freezer AQF-220DF dari aqua Elektronik. Keunggulan chest freezer dibanding kulkas adalah kapasitasnya yang lebih besar dan lebih estetik untuk digunakan jualan.

6. Mulai produksi

Setelah menentukan bahan dan alat yang akan digunakan, serta jalur distribusi produk, maka kini saatnya Anda mulai membuat produk es krim Anda sendiri. Jangan lupa, tentukan harga jual yang bersaing tapi masih menutupi biaya produksi produk Anda.

Rincian Modal Bisnis Es Krim Rumahan

Dengan asumsi Anda bisa menggunakan freezer kulkas di rumah untuk membuat es krim cup, maka rincian modal yang anda butuhkan:

Keterangan

Jumlah

Harga

Total

Pop ice aneka rasa (masing-masing 1 sachet)

3

1.000

3.000

1 cup ovalette

1

9.000

9.000

Kental manis

3

1.000

3.000

Gula 150 gram

1

3.000

3.000

Maizena 500 gram

1

13.500

13.500

Cup ice cream 67 ml

150

500

75.000

Mixer

1

400.000

400.000

Styrofoam box

1

235.000

235.000

Cetak stiker

150

70

10.500

Total

752.00

Apabila dikurangi dengan peralatan tetap, seperti mixer dan styrofoam, maka modal yang Anda butuhkan untuk membuat 150 cup es krim adalah Rp117.000 atau Rp780 per pcs. Ini artinya, jika Anda menjual es krim tersebut dengan harga Rp2.000 per pcs, maka setiap kali jajanan ini habis, Anda akan mendapatkan laba sebesar Rp1.220 per pcs atau Rp183.000 total.

Apabila bisa laku habis dalam 1 hari saja, maka total pendapatan yang bisa Anda peroleh dari bisnis ini setiap bulannya adalah sebesar Rp5.490.000. Ini artinya, dalam waktu kurang dari 1 bulan, bisnis Anda sudah mencapai titik break even point (BEP).

Hal ini tentunya diluar biaya listrik dan biaya menitipkan produk ke warung tetangga. Anggap saja Anda mengambil keuntungan Rp1.000 per produk, maka keuntungan Anda secara total adalah Rp150.000, sementara untuk tetangga yang memiliki warung Rp33.000.

Simpan Es Krim dan Frozen Food Lebih Tahan Lama dengan AQF-220DF

Masalahnya adalah, seringkali 150 cup es krim tidak akan habis laku dalam 1 hari saja. Oleh karena itu, Anda membutuhkan freezer yang lebih besar dan dapat diandalkan, seperti AQF-220DF. Dilengkapi dengan teknologi 100 Hours Cooling Retention, produk chest freezer yang satu ini bisa membuat es krim atau frozen food di dalamnya lebih tahan lama.

Berbeda dengan kulkas biasa, chest freezer AQF-220DF memiliki desain yang elegan,sehingga cocok untuk diletakkan di bagian depan toko. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kembangkan brand es krim Anda bersama Aqua Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003