Cara Memulai Bisnis Daging Beku dan Prospeknya yang Menjanjikan

Bisnis daging beku sedang naik daun. Hal ini lantaran kebiasaan kebanyakan orang kota yaitu menyiapkan bahan makanan di kulkas sebelum dimasak atau yang dikenal dengan nama food preparation. Selain menyiapkan sayuran, mereka juga menyiapkan sumber protein yang siap masak seperti daging.

Peluang tersebut sayang jika dilewatkan begitu saja. Jadi untuk Anda yang tertarik, berikut cara memulai bisnis daging beku dan prospeknya yang menjanjikan!

Prospek Bisnis Daging Beku

Prospek bisnis daging beku cukup menjanjikan. Usaha daging beku memiliki potensi keuntungan yang besar karena mampu memperpanjang umur simpan produk, mengurangi risiko pemborosan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Masa simpan daging beku cukup lama, bervariasi sesuai jenisnya. Daging ayam bertahan sekitar 9 hingga 12 bulan, daging sapi sekitar 6 hingga 12 bulan, daging babi sekitar 6 hingga 8 bulan, dan daging domba sekitar 6 hingga 9 bulan jika disimpan pada suhu yang konstan di bawah 0 derajat Fahrenheit (-18 derajat Celsius).

Dengan manajemen rantai pasokan yang baik dan fokus pada kualitas produk, bisnis daging beku dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen sambil memperoleh keuntungan yang signifikan bagi perusahaan.

Keuntungan lain dari bisnis daging beku adalah fleksibilitas dalam menyediakan berbagai jenis daging dan produk olahan daging kepada pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi pengemasan dan penyimpanan yang canggih, bisnis daging beku dapat mempertahankan kualitas produk dalam jangka waktu yang lebih lama daripada produk daging segar.

Cara Memulai Bisnis Daging Beku

Jika Anda tertarik dengan usaha daging frozen, Anda bisa baca cara memulai bisnis frozen food termasuk daging berikut ini!

1. Lakukan riset pasar

Cara memulai bisnis daging beku bisa dimulai dengan melakukan riset pasar. Sebelum mulai membuka usaha daging beku, Anda harus mampu memahami terlebih dahulu kebutuhan dan preferensi target pasar Anda.

Mulai dari survei harga, jenis daging yang biasanya laku di pasaran, bagaimana proses pengemasan yang disukai hingga kebiasaan calon konsumen saat membeli daging. Informasi itu penting sebagai pertimbangan sebelum Anda benar-benar membuka usaha milik sendiri.

Tanpa melakukan proses riset pasar ini lebih sulit Anda membangun ketertarikan konsumen pada produk yang Anda jual. Apalagi jika pilihan Anda tidak wajar, pasalnya menumbuhkan kebiasaan atau behavior konsumen bukan sesuatu yang mudah dilakukan.

2. Tentukan produk yang hendak Anda jual

Setelah proses riset pasar berhasil dilakukan dan Anda sudah mendapatkan informasi yang akurat sesuai dengan target pasar, cara usaha daging frozen selanjutnya adalah menentukan produk yang hendak Anda jual.

Pastikan pemilihan daging beku yang jual sesuai dengan kebutuhan dan preferensi yang sudah disurvei dan diriset sebelumnya. Ini memudahkan Anda menjual produk. Pastikan Anda mempersiapkan semuanya secara detail dengan rencana bisnis yang matang termasuk skema bisnis dan modal usaha daging beku.

3. Pilih lokasi yang tepat

Memilih lokasi yang tepat untuk membuka bisnis daging beku sangatlah penting karena akan mempengaruhi kesuksesan dan daya saing bisnis Anda. Anda perlu mempertimbangkan aksesibilitas lokasi tersebut. Misalnya, memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para pelanggan potensial dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan penjualan.

Sebagai contoh, membuka bisnis daging beku di dekat pusat perbelanjaan besar atau area dengan lalu lintas tinggi dapat meningkatkan eksposur merek Anda dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk Anda tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Ini juga perlu dipertimbangkan bahkan jika Anda memilih usaha daging beku secara online. Pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh pengiriman online supaya lebih mudah melakukan distribusi produk sampai ke tangan konsumen.

4. Siapkan peralatan yang berkualitas

Cara memulai bisnis daging beku yang berikutnya adalah mempersiapkan peralatan yang berkualitas. Anda harus cermat memilih cold chain agar produk terjaga kualitasnya dan tetap rapi saat di display.

Seperti cold chain AQF-332SD dari AQUA dengan large window design, yaitu desain pintu kaca miring yang membuat bidang pandang lebih luas serta memperbesar permukaan tampilan, sehingga memudahkan saat konsumen hendak memilih produk daging frozen Anda. Selain itu, produk ini juga didesain dengan streamlined handle akses barang buka tutup menjadi lebih mudah.

Soal kualitas tak perlu diragukan lagu, produk ini sudah dilengkapi dengan powerfull compressor yaitu kapasitas pendingin yang kuat dengan gaya yang cukup, hemat energi dan pengurangan konsumsi.

Cold chain dari AQUA juga dilengkapi dengan high quality fan yang mengadopsi kipas bilah daun ADDA sehingga volumenya besar, pertukaran panas menjadi lebih kuat dan lebih mudah pembuangan panas kompresor. Produk ini bisa jadi pilihan Anda yang akan membuka bisnis daging beku.

Untuk memulai usaha daging frozen, Anda juga perlu menyiapkan peralatan lain selain cold chain seperti peralatan pengemasan vakum, timbangan, pemotong daging, termometer, alat pelabelan dan alat pemrosesan daging untuk bentuk yang lebih kompleks.

Selain menyiapkan peralatan yang berkualitas, Anda juga harus belajar mengenai cara memproses daging. Mulai dari mengetahui cara simpan berbagai jenis daging baik menyimpan daging sapi atau pun menyimpan daging ayam, mengetahui kualitas daging hingga pengolahan apabila produk Anda kurang laku.

5. Mulai promosi menggunakan media sosial

Untuk memulai promosi bisnis daging beku melalui media sosial, buatlah konten visual yang menarik seperti foto-foto daging beku berkualitas tinggi yang memancing selera. Identifikasi platform media sosial yang sesuai dengan audiens target Anda, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Buatlah akun bisnis yang konsisten dengan merek Anda dan mulailah posting secara teratur dengan konten yang bervariasi, termasuk informasi tentang produk, penawaran khusus, resep, dan tips memasak.

Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan posting Anda, dan berinteraksi dengan pengikut Anda dengan tanggapan yang ramah dan berarti. Pertimbangkan juga untuk bekerja sama dengan influencer atau kolaborasi dengan bisnis terkait untuk meningkatkan visibilitas Anda.

6. Dapatkan pelanggan dengan strategi pemasaran yang menarik

Terakhir, dapatkan pelanggan dengan strategi pemasaran yang menarik. Ide pemasaran yang cukup efektif untuk penjualan daging baku adalah demonstrasi langsung masakan dari daging yang dijual, konsumen diminta mencicipi sambil diedukasi bahwa bahan daging yang digunakan tersedia di toko.

Selain demonstasi langsung, Anda juga bisa menawarkan sistem keanggotaan. Strategi ini cukup disukai oleh target pasar toko daging beku dimana kebanyakannya adalah ibu-ibu.

Misalnya, Anda dapat membuat program keanggotaan yang memberikan diskon khusus atau penawaran eksklusif kepada pelanggan yang berlangganan untuk menerima pengiriman rutin daging beku setiap bulan. Dalam program ini, Anda dapat menyertakan pilihan daging yang beragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta menawarkan fleksibilitas untuk memilih frekuensi pengiriman. Strategi ini sangat menarik karena bagi mereka menguntungkan dan praktis.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003