Ketahui Ciri-Ciri Kulkas Boros Listrik dan Cara Mengatasinya

Tidak dapat dipungkiri kalau kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang mengkonsumsi listrik paling besar. Alasannya sederhana, yaitu kulkas menyimpan banyak makanan dan bekerja selama 24 jam 7 hari penuh. Ini artinya, meskipun lampu atau televisi di rumah Anda mati, kulkas tetap bekerja supaya bahan makanan di dalamnya tidak basi.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab pemborosan listrik kulkas ini bisa diminimalisir. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui ciri-ciri kulkas boros listrik dan penyebabnya berikut ini:

Ciri-ciri Kulkas Boros Listrik

Untuk menghindari membeli kulkas yang boros listrik, Anda harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Beberapa ciri-ciri fisik dari kulkas boros listrik antara lain:

1. Model lama

Seiring dengan perkembangan teknologi, para ahli telah berhasil mengembangkan lemari es yang lebih hemat energi. Oleh karena itu, tidak heran jika kulkas model lama umumnya membutuhkan listrik 35 persen lebih banyak dibandingkan dengan kulkas model terbaru.

2. Kumparan kotor

Saat membeli sebuah lemari es, pastikan kumparan yang terletak di bawah dan di bagian belakang alat elektronik ini tampak bersih. Kumparan kulkas yang kotor dapat membuat alat ini bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan di dalamnya, sehingga listrik yang dikonsumsi juga lebih banyak.

3. Memiliki fitur dispenser built in

Banyak model lemari es kekinian yang memiliki dispenser untuk air dan es yang tertanam langsung di bagian dalam kulkas. Fitur ini memang sangat bermanfaat untuk mengurangi konsumsi sampah plastik, namun di sisi lain adanya fitur ini dalam sebuah kulkas dapat membuatnya mengkonsumsi lebih banyak listrik. Hal ini karena fitur ini membutuhkan filter dan pendingin untuk menjaga kualitas air dan es yang dikeluarkan.

4. Memiliki lebih banyak pintu

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun kulkas dengan lebih banyak pintu berpotensi lebih boros dibandingkan dengan kulkas 1 pintu saja. Sederhananya, hal ini karena adanya kemungkinan udara masuk ke kulkas lebih banyak apabila salah satu dari sekian banyak pintu kulkas tersebut tidak tertutup rapat.

Penyebab Kulkas Boros Listrik

Terlepas dari fitur dan usianya, namun pemborosan listrik bisa terjadi pada lemari es merk apapun dan usia berapapun. Hal ini karena beberapa penyebab umum berikut ini:

1. Sering membuka dan menutup pintu kulkas

Tahukah Anda jika sebuah lemari es membutuhkan waktu 30 menit untuk menyesuaikan suhu kembali seperti semula setelah dibuka selama 30 detik saja? Hal ini karena dua hal, yaitu membuka pintu lemari es sama dengan membuat udara hangat masuk ke dalam alat ini dan karena lampu lemari es akan otomatis menyala jika pintunya dibuka. Oleh karena itu, buka tutup kulkas boros listrik.

2. Salah lokasi peletakan

Alasan lain kenapa kulkas boros listrik adalah karena Anda meletakkannya di lokasi yang salah. Pastikan alat elektronik ini tidak dipasang menempel dengan tembok supaya memiliki sirkulasi udara yang cukup. Sebab, sirkulasi udara yang kurang di bagian belakang alat elektronik ini juga dapat membuat alat ini harus bekerja lebih keras. Selain itu, usahakan juga letak kulkas tidak dekat dengan alat dapur lainnya yang dapat memancarkan panas, seperti kompor atau microwave untuk meminimalisir radiasi panas dari alat-alat tersebut.

3. Isi terlalu banyak atau terlalu sedikit

Lemari es tidak boleh dibiarkan diisi makanan dalam jumlah terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Hal ini karena isi kulkas yang terlalu penuh atau kosong dapat membuat alat elektronik ini bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu.

4. Menyimpan makanan dan minuman panas

Hal lain yang dapat membuat kinerja kompresor kulkas semakin berat adalah ketika Anda menyimpan makanan dan minuman panas, misalnya kopi atau nasi yang baru matang. Menyimpan makanan atau minuman panas di kulkas dapat mempengaruhi suhu dalam lemari es ini, sehingga kompresor harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikannya kembali.

5. Pengaturan suhu yang terlalu dingin

Alasan lain kenapa kulkas boros listrik adalah Anda keliru dalam mengatur suhu dalam alat tersebut. Umumnya, suhu minimum untuk lemari es adalah 2-4 derajat Celcius, sedangkan untuk lemari pendingin atau freezer minimal -15 derajat Celcius.

6. Adanya penumpukan bunga es

Penyebab kulkas boros listrik yang keenam adalah adanya penumpukan bunga es di bagian dalam freezer. Hal ini bisa menyebabkan penyebaran udara dalam lemari es terganggu dan tidak merata, sehingga kompresor bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu.

Cara Mengatasi Kulkas Boros Listrik

1. Bersihkan kulkas secara berkala

Salah satu hal penting agar kulkas tidak boros listrik adalah dengan membersihkannya secara berkala. Pastikan Anda membersihkan kumparan lemari es agar tidak terkena debu, bulu hewan peliharaan atau hal-hal lain yang berpotensi menyumbat kinerja alat ini. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan bunga es di bagian dalam freezer supaya sirkulasi udara dalam kulkas bisa berjalan dengan lancar.

2. Letakkan di tempat yang tepat

Tips agar kulkas tidak boros listrik selanjutnya adalah dengan meletakkan alat ini di tempat yang tepat. Hindari membuatnya menempel dengan tembok secara langsung atau meletakkannya di dekat alat-alat yang memancarkan panas. Tujuannya adalah supaya sirkulasi udara di luar dan di dalam alat ini bisa terjaga dengan baik, sehingga kinerja kompresor tidak berat dan listrik lebih hemat.

3. Atur penyimpanan makanan dalam kulkas

Alih-alih terlalu sering mengisinya atau tidak pernah mengisinya, pastikan Anda memeriksa kualitas bahan makanan yang ada di dalam lemari es Anda secara teratur. Hindari menyimpan makanan dan minuman panas dan terlalu lama. Apabila Anda tidak sempat memakannya, Anda bisa menyisihkan sebagian dari bahan makanan tersebut untuk dijadikan pupuk kompos atau disumbangkan.

4. Hindari membuka kulkas terlalu sering dan terlalu lama

Salah satu kebiasaan yang patut untuk dibiasakan ketika Anda memiliki lemari es di rumah adalah tidak membukanya terlalu sering atau terlalu lama untuk menghemat listrik. Sebagai alternatif, Anda bisa membeli kulkas yang dilengkapi dengan panel suhu di bagian luar, sehingga Anda tidak perlu membuka alat ini hanya untuk mengatur suhunya.

5. Menggunakan kulkas hemat energi

Tips ke-5 untuk menjaga kulkas agar tidak boros listrik adalah menggunakan lemari es model terbaru yang didesain khusus untuk menjadi kulkas hemat energi. AQR-TTD546RBG dari AQUA Japan contohnya, dilengkapi dengan twin inverter yang mampu menstabilkan suhu dalam kulkas dengan lebih cepat. Selain itu, AQR-TTD546RBG juga dilengkapi dengan digital touch screen panel di bagian luar kulkas yang berguna untuk mengatur suhu alat ini dengan tanpa perlu membukanya.

Memilih kulkas hemat energi sejak dini adalah hal yang penting tidak hanya untuk menjaga makanan Anda agar tetap awet, tetapi juga untuk menjaga keuangan bulanan Anda supaya tidak boncos untuk membayar tagihan listrik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003