Pintu Kulkas Tidak Rapat? Ini 6 Cara Memperbaikinya

Salah satu masalah yang kerap ditemui pada kulkas adalah pintunya yang tidak rapat. Sebelum Anda berpikir untuk menggantinya dengan kulkas baru, baca dulu tips cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat.

Pintu kulkas yang tidak rapat memang tidak boleh dibiarkan. Hal ini karena bisa membuat suhu dingin mudah keluar dan mengurangi ketahanan makanan yang disimpan.

Selain itu, pintu kulkas yang tidak rapat akan menyebabkan penumpukan kondensasi di bagian dalamnya. Akibatnya, kompresor kulkas akan bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kerusakan.

Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Penyebab pintu kulkas tidak rapat macam-macam. Biasanya karena ada komponen pintu yang rusak, seperti karet, engsel atau magnet. Adanya keretakan atau sobek pada bagian pintu kulkas akan mengurangi kerapatannya.

Untungnya, masalah ini sering kali bisa diatasi sendiri tanpa perlu memanggil teknisi kulkas. Anda cukup simak tips berikut untuk bisa mencoba cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat.

  • Bersihkan karet pintu kulkas

Langkah ini bisa dilakukan bila penyebab pintu kulkas tidak rapat adalah karet pada bagian pintu yang kotor. Coba cek bagian karet pintu kulkas. Kalau ternyata terdapat kotoran yang menempel, Anda hanya perlu membersihkannya untuk membuat pintu dapat menutup rapat lagi. Anda dapat membersihkan karet pintu kulkas menggunakan air sabun hangat dan kain microfiber lembut.

  • Gunakan hair dryer

Kadang, karet pintu kulkas mengeras. Jika ini sumber masalahnya, Anda perlu melunakkan karet kulkas yang sudah keras itu. Cukup gunakan hair dryer untuk memanaskan karet kulkas secara merata hingga karet kembali lentur.

  • Ganti karet pada bagian pintu

Bagaimana kondisi karet kulkas Anda? Jika terlihat ada bagian karet yang sobek atau berlubang, berarti karet perlu diganti dengan yang baru. Anda perlu memanggil teknisi yang akan mengganti karet kulkas dengan yang baru. Biaya ganti karet baru ini biasanya antara Rp25.000 hingga Rp250.000, tergantung tingkat kerusakan pada karet.

  • Pasang engsel baru jika rusak

Pintu kulkas tidak rapat juga bisa disebabkan oleh masalah pada engselnya. Engsel pintu rusak biasanya karena bagian mur atau baut sudah mulai longgar. Akibatnya, posisi daun pintu kulkas tidak tepat sehingga tidak dapat menutup dengan baik.

Kerusakan engsel bisa terjadi karena pemakaian kulkas yang sudah lama. Dalam hal ini, engsel mulai rapuh sehingga perlu diganti. Jika tidak segera diperbaiki, kulkas akan jadi tidak seimbang. Pintu kulkas lama-kelamaan bisa copot sendiri. Jadi, cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat akibat masalah ini adalah dengan mengganti engselnya dengan yang baru dan kencangkan baut.

  • Periksa bagian magnet

Bagian magnet berfungsi merekatkan pintu kulkas sehingga tidak mudah terbuka. Kadang, penyebab pintu kulkas tidak rapat adalah bagian magnet yang sudah tidak efektif lagi. Jadi, pintu kulkas tidak rapat karena magnetnya lepas.

  • Cek kapasitas kulkas

Kadang-kadang, isi kulkas yang terlalu penuh juga bisa menjadi penyebab pintu kulkas tidak rapat. Ini terjadi karena penempatan wadah makanan atau bahan makanan yang tidak rapi sehingga membuat pintu terganjal dan tidak tertutup rapat.

Jika ini penyebab pintu kulkas tidak rapat, maka solusinya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggeser atau mengubah posisi barang-barang tersebut agar tidak mengganjal pintu sehingga pintu bisa tertutup rapat.

Kulkas Multidoor AQR-IM545AM: Pilihan Berkualitas Terbaik untuk Rumah Anda

Kerusakan pada pintu kulkas bisa membuat kinerja kulkas menjadi tidak maksimal. Mungkin sudah saatnya mengganti dengan yang baru. Namun, jangan sembarangan memilih kulkas. Pilih kulkas berkualitas terbaik agar dapat bertahan lama sekaligus mempercantik dapur Anda.

Seperti kulkas multidoor AQR-IM545AM persembahan AQUA Elektronik dengan bahan material Anti-bacterial Metal Door dapat mempercantik dapur Anda. Desainnya yang elegan serta warna hitam tegas yang mewah, membuatnya lebih menonjol dibandingkan kulkas dua pintu pada umumnya.

Kulkas berkualitas terbaik ini dapat menjaga kesegaran dan kebersihan makanan di dalamnya. Dilengkapi kompartemen khusus, yaitu My Zone, yang dapat diubah temperaturnya sesuai dengan kebutuhan makanan Anda.

Sementara, pintu kulkas ini mampu mencegah dari bakteri hingga 99,9%. Pintu anti-bakteri yang canggih ini menghindari kontaminasi dari luar ke dalam lemari es, serta menciptakan lingkungan penyimpanan makanan yang aman dan bersih. Ditambah lagi dengan fitur Deo Pure menjaga makanan tetap segar lebih lama dan lingkungan bersih untuk penyimpanan makanan.

Berbagai fitur canggih itu tidak membuat kulkas ini boros listrik. Sebab kulkas multidoor AQR-IM545AM memiliki teknologi Twin Inverter yang membantu menstabilkan suplai tegangan dan memungkinkan waktu penyimpanan makanan lebih lama. Hal ini mempercepat pendinginan secara optimal sehingga membuat listrik menjadi irit.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk memiliki kulkas berkualitas terbaik untuk rumah Anda. Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mendapatkan penawaran menarik!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003