Bahaya! Pintu Kulkas Tidak Rapat Dapat Timbulkan Akibat Ini

Pernahkah Anda lupa atau tidak sadar menutup pintu kulkas tidak rapat? Hal ini tidak boleh disepelekan karena bisa menimbulkan sejumlah bahaya dan kerugian. Anda perlu mencari tahu bagaimana cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat agar kulkas tidak cepat rusak.

Masih banyak orang yang belum memahami pentingnya menutup pintu kulkas secara rapat. Misalnya, kadang membuka pintu kulkas terlalu lama karena membutuhkan waktu agak lama untuk menemukan makanan yang dicari. Atau, tidak menutup kulkas dengan rapat karena mengira pintu kulkas dapat tertutup rapat sendiri bila dibiarkan.

Nyatanya, pintu kulkas yang tidak ditutup rapat dapat menimbulkan sejumlah bahaya seperti berikut ini.

Pertumbuhan bakteri di kulkas

Suhu di dalam kulkas pada umumnya di bawah 5 derajat Celsius. Penetapan suhu ini sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak kondusif untuk pertumbuhan bakteri. Jika pintu kulkas tidak rapat, maka suhu di dalam kulkas bisa naik atau jadi lebih hangat. Kondisi ini dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme atau bakteri, terutama di area yang dekat dengan pintu kulkas.

Pembusukan makanan lebih cepat

Bakteri yang menyebabkan pembusukan makanan dapat tumbuh pada suhu antara 5 dan 57 derajat Celsius. Pintu kulkas tidak rapat dapat menaikkan suhu di dalam kulkas sehingga meningkatkan peluang tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan makanan.

Beban listrik jadi berlebih

Bila suhu dalam kulkas terjaga, maka kerja mesin kompresor pun berlangsung normal, yaitu beberapa saat kompresor berhenti dan berjalan kembali. Namun, jika pintu kulkas tidak rapat, kinerja kompresor bisa terganggu. Kompresor bisa jadi akan berjalan terus dan bekerja lebih berat. Hal ini bisa berefek kepada meningkatnya beban listrik.

Timbul kerusakan pada kompresor kulkas

Akibat pintu kulkas tidak rapat, suhu di dalam kulkas jadi meningkat. Karena termostat mendapatkan sinyal “masih panas”, kompresor jadi bekerja terus hingga menjadi terlalu panas. Hal ini bisa menyebabkan kompresor jebol atau timbul kerusakan pada komponen kulkas lainnya.

Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Anda merasa sudah menutup pintu kulkas dengan rapat, tapi nyatanya suhu di dalam kulkas lebih hangat dari seharusnya? Hal tersebut bisa jadi pertanda adanya masalah pada karet pintu kulkas.

Salah satu fungsi karet pada pintu kulkas adalah sebagai perekat antara pintu dengan body kulkas. Terkadang, pintu kulkas tidak rapat karena karetnya sudah keras, bolong, atau sobek. Sebaiknya cek dulu kondisi karet pada pintu kulkas.

Bila ternyata pintu kulkas tidak rapat akibat masalah pada karet pintu, coba lakukan cara memperbaiki karet pintu kulkas yang tidak rapat seperti berikut.

Gunakan hair dryer

Karet pintu Anda mengeras? Tidak perlu panik, sekarang ada cara mudah untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan hair dryer untuk membantu melunakkan karet yang sudah keras.

Atur hair dryer Anda pada suhu panas sedang untuk memanaskan seluruh bagian karet pintu kulkas yang keras secara merata dan lakukan cara tersebut hingga karet pintu kulkas menjadi lentur. Namun, hati-hati jangan sampai karet malah jadi rusak akibat panas berlebih dari hair dryer .

Ganti karet pintu kulkas dengan yang baru

Jika karet kulkas terlihat sudah bolong, berlubang atau sobek, artinya perlu diganti dengan yang baru. Anda bisa mencoba menggantinya sendiri atau memanggil jasa servis kulkas. Biaya penggantian karet pintu kulkas antara 25 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah.

Kulkas Mewah Multidoor AQR-IG745AM(GB) Bikin Dapur Lebih Indah

Kulkas bukan sekadar alat pendingin makanan. Kulkas masa kini dilengkapi fitur-fitur canggih yang dapat mengoptimalkan penggunaannya. Contohnya kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) persembahan dari AQUA Elektronik.

Kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) memiliki desain elegan untuk beragam kebutuhan penyimpanan. Kulkas ini memiliki fitur Glass Door, yaitu bahan kaca berkualitas sehingga menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya yang elegan.

Bagian atas kulkas berfungsi untuk menyimpan kebutuhan pangan harian, sesuai jangkauan pandangan dan nyaman digunakan. Berkat kapasitasnya yang besar, kulkas ini dapat menyimpan stok makanan hingga satu minggu untuk keluarga Anda.

Fitur T-Anti Bacteria memberikan perlindungan oke dengan jaminan sertifikasi VDE, terbukti ampuh (99,99%) mencegah bakteri dan kuman berbahaya tumbuh. Sementara, dengan fitur 900 Auto Suspension, Anda dapat bebas mengambil makanan tanpa harus memegangi pintu kulkas bila pintu dibuka hingga 90 derajat.

Kelebihan lainnya adalah teknologi T-ABT dan HCS Plus yang menjamin makanan tetap higienis. Fitur HCS-Humidity & My Zone dapat mengontrol kelembapan di laci sekitar 90%, sehingga buah dan sayuran dapat mempertahankan kelembapan alami dan menjaga kesegaran lebih lama. Dengan teknologi Twin Inverter, kulkas menjadi cepat dingin dan suhu akan stabil. Teknologi ini juga mengurangi getaran sehingga konsumsi listrik makin ekonomis.

Segera miliki kulkas multidoor dengan kapasitas 658 Liter ini! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk memperoleh info dan promosi menarik lainnya.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003