Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala, Apa Sebabnya?

kulkas dibuka

Kulkas yang telah dipakai cukup lama biasanya akan mengalami kendala tertentu. Apalagi bila selama ini perawatannya tidak maksimal. Salah satu masalah yang cukup sering ditemui adalah suhu kulkas yang tidak dingin sehingga menyebabkan makanan yang disimpan di dalamnya tidak awet. Kadang, kulkas yang tidak dingin ini lampunya tetap menyala. Yuk, cari tahu apa penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

Masalah kulkas yang tidak dingin bisa bermacam-macam kejadiannya. Ada yang seluruh bagian kulkas tidak dingin, namun ada juga yang hanya sebagian saja. Misalnya, freezer dingin tapi kulkas tidak dingin.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala:

Masalah penempatan kulkas

Terkait penempatan kulkas, yang perlu diperhatikan adalah kulkas harus diletakkan di dalam ruangan yang memiliki suhu stabil. Selain itu, pastikan juga bagian samping dan belakang kulkas tidak menempel dengan dinding. Beri jarak sekitar setengah inci antara kulkas dengan dinding agar kulkas mendapat sirkulasi udara yang baik.

1. Kondisi kondensor yang kotor

Kondensor pada kulkas berfungsi menjaga suhu kulkas tetap dingin. Tapi, bagian ini rentan terkena debu atau sarang laba-laba jika jarang dibersihkan. Jika kotoran di kondensor menumpuk, komponen ini tidak akan dapat berfungsi dengan baik sehingga kulkas menjadi tidak dingin.

2. Segel pintu rusak

Segel pintu berfungsi mengunci udara dingin di dalam kulkas. Jika segel pintu kotor, rusak, atau aus, kulkas akan mengeluarkan udara sehingga suhu dingin di dalamnya tidak terjaga dengan baik.

3. Tersumbatnya ventilasi udara

Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala yang lain adalah ventilasi udara yang tersumbat. Bila ventilasi tersumbat, udara dingin tidak dapat tersaring dalam alat sehingga kulkas tidak bisa dingin.

4. Pengaturan suhu yang salah

Apakah pengaturan suhu kulkas di rumah Anda sudah benar? Suhu ideal kulkas untuk bisa berfungsi secara optimal adalah antara 0–4,5 derajat Celsius. Di luar rentang itu, suhu kulkas biasanya jadi kurang dingin.

5. Isi kulkas terlalu penuh

Isi kulkas yang terlalu penuh ternyata juga mempengaruhi suhu dinginnya. Bila isi kulkas melebihi kapasitas, maka aliran udara dingin tidak akan terdistribusi dengan baik.

6. Kipas evaporator rusak

Kipas evaporator berfungsi mengalirkan udara dingin dari freezer ke bagian kulkas lainnya. Jika kipas ini rusak, bagian kulkas yang lain tidak akan mendapatkan udara dingin. Akibatnya, kulkas menjadi tidak dingin meski lampunya menyala.

Cara Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin padahal Lampu Menyala

Kini Anda sudah tahu penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Selanjutnya, temukan cara memperbaiki masalah ini. Berikut tipsnya!

1. Pastikan pintu kulkas tertutup rapat

Jika kulkas sering dibuka, maka suhu di dalamnya akan naik. Sebaiknya hindari membuka kulkas terlalu sering dan pastikan pintu kulkas tertutup rapat agar suhu dingin di dalamnya tetap stabil.

2. Atur penempatan makanan

Penempatan makanan yang rapi dan tidak terlalu penuh di dalam kulkas juga mempengaruhi stabilitas temperatur. Pastikan Anda meletakkan makanan sesuai jenisnya. Misalnya, daging mentah di kompartemen daging, sayuran dan buah di wadahnya, dan hindari meletakkan makanan mentah dan makanan matang berdekatan.

3. Pastikan temperatur kulkas diatur dengan baik

Di dalam kulkas terdapat panel atau tombol untuk pengaturan suhu. Gunakan alat ini untuk memastikan suhu kulkas sudah ideal sehingga berfungsi menjaga kesegaran makanan.

4. Cek freon kulkas

Kadang, penyebab kulkas tidak dingin adalah karena freon yang tersumbat atau rusak. Maka, cek apakah kondisi freon pada kulkas masih baik atau ternyata memang perlu diperbaiki.

Kulkas AQR-695IM: Si Besar yang Lebih Awet dan Dilengkapi Fitur Terbaik

Sedang mencari kulkas dengan kapasitas besar yang memiliki fitur terbaik? Kulkas AQR-695IM persembahan dari AQUA Elektronik ini jawabannya!

Bukan hanya karena memiliki kapasitas yang besar hingga 630L, namun kulkas AQR-695IM Side-By-Side ini dilengkapi fitur-fitur terbaik seperti Big Capacity, H-DEO Fresh, HCS-Plus, dan Energy Saving.

Kulkas ini juga menggunakan teknologi Twin Inverter yang membuat temperatur kulkas konstan dan segar lebih lama. Teknologi Twin Inverter juga hemat energi (energy saving), tidak bising (low noise), dan menjaga kesegaran lebih lama (fresher longer).

Selain itu, terdapat New Sterilization Technique H-Deo yang menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri. Kesegaran makanan pun terjaga sehingga mengurangi makanan yang terbuang percuma.

Ditambah lagi dengan revolutionizing technology Inovasi HCS-Plus yang meningkatkan sifat antioksidan. Teknologi ini menjaga kesegaran lebih lama dengan teknik kontrol oksigen dan 90% menjaga kelembapan buah dan sayuran.

Kelebihan lain kulkas ini adalah adanya Antibacterial Panel Door yang dapat mencegah bakteri hingga 99,9%. Fitur ini mencegah kontaminasi silang dari luar ke dalam sehingga menciptakan lingkungan makanan yang aman dan bersih.

Didukung pula dengan Precise Multi Flow menyebabkan pembekuan lebih cepat dan rasa lebih segar dengan sistem aliran multi-air flow yang tepat dalam freezer yang dapat mempertahankan nutrisi dan tekstur makanan.

Fitur Top LED juga menghadirkan pencahayaan yang sejuk tidak menghasilkan panas di dalam lemari es, memberikan tampilan terang sekaligus mengurangi kehilangan dingin.

Dengan berbagai fitur-fitur terbaik itu, kulkas ini memang cukup unggul. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga dan miliki kulkas istimewa ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003