Berapa Suhu Normal Kulkas? Cek Cara Mengaturnya!

Saat membuka kulkas, suhu udaranya pasti lebih dingin daripada suhu ruang. Tapi, apakah itu berarti suhu kulkas di rumah Anda sudah benar? Berapa sebenarnya suhu kulkas normal yang dapat menjaga kesegaran dan kualitas makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya?

Perlu diketahui, suhu kulkas normal pada bagian-bagian kulkas tidak sama. Pada bagian non-freezer, suhu dingin yang normal adalah 1–4 derajat Celsius. Suhu maksimal pada bagian non-freezer idealnya tidak lebih dari 4 derajat Celsius agar bisa menyimpan bahan-bahan makanan. Sementara, suhu normal pada freezer adalah di bawah -18 derajat Celsius.

Pengaturan suhu pada kulkas ini penting karena dapat mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab penyakit seperti Salmonella dan E-colli pada makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas.

Bila suhu kulkas non-freezer kurang dingin, misalnya di atas 4 derajat Celsius, makanan segar seperti sayuran, buah, daging, telur, atau susu bisa makin cepat membusuk. Makanan yang sudah tidak segar atau membusuk akan mengeluarkan bau tak sedap yang dapat menyebar ke seluruh bagian dalam kulkas.

Hal ini tentu akan mengurangi kesegaran makanan yang lain. Sebaliknya, suhu pada bagian non-freezer juga sebaiknya tidak kurang dari 1 derajat Celsius agar makanan tetap segar dan tidak membeku.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Normal

Supaya yakin suhu kulkas sudah tepat sehingga makanan dapat awet kesegarannya, ada baiknya Anda mengecek kembali suhu kulkas di rumah. Anda dapat mengecek suhu kulkas menggunakan termometer. Ada dua cara yang bisa Anda coba dan keduanya sama-sama mudah dilakukan.

Cara pertama: Simpan gelas berisi air di dalam kulkas selama semalam. Esoknya, masukkan termometer ke dalam gelas berisi air tersebut.

Cara kedua: Taruh termometer ke dalam kulkas selama beberapa jam.

Pengukuran ini tidak bisa dilakukan secara cepat seperti saat mengukur suhu tubuh karena suhu bagian dalam kulkas berubah-ubah akibat sering dibuka. Nah, hasil pengukuran dengan kedua cara itu akan memperlihatkan suhu internal kulkas secara tepat.

Ciri-ciri Suhu Kulkas Normal

Udara dingin pada kulkas tidak selalu menandakan temperaturnya sudah tepat. Lantas, bagaimana mengetahui bahwa Anda sudah mengatur suhu kulkas min atau max dengan benar? Caranya mudah sekali karena Anda hanya perlu memperhatikan tanda-tanda berikut.

  • Jus dan susu tetap dingin

Coba cek apakah minuman seperti jus dan susu yang disimpan di dalam kulkas terasa lebih dingin daripada saat ditaruh di suhu ruang. Bila terasa lebih dingin, berarti suhu di dalam kulkas sudah tepat. Tapi, bila minuman tidak dingin padahal sudah disimpan di dalam kulkas selama berjam-jam, bisa jadi suhu kulkas masih terlalu rendah.

  • Tidak ada es pada makanan

Makanan yang disimpan di bagian non-freezer seharusnya tetap segar dan tidak menunjukkan tanda-tanda membeku atau ditumbuhi es. Jika sayuran atau buah terasa sedikit keras atau ditumbuhi es, kemungkinan suhu pada bagian non-freezer ini terlalu rendah dan harus dinaikkan.

  • Makanan segar tidak cepat kedaluwarsa

Ini tanda lain dari suhu kulkas normal. Jika suhu terlalu tinggi, masa kedaluwarsa makanan biasanya jadi lebih cepat dari keterangan yang tertera di kemasannya. Jadi, jika Anda melihat tanggal kedaluwarsa masih jauh, tetapi makanan sudah tidak segar atau malah sudah basi, kemungkinan pengaturan suhu kulkas perlu diubah.

Kulkas AQR-695IM: Temperatur Konstan, Segar Lebih Lama

Kulkas yang menggunakan teknologi Inverter memiliki banyak kelebihan. Contohnya seperti kulkas AQR-695IM persembahan dari AQUA Elektronik ini, yang dilengkapi fitur Twin Inverter yang membuat temperatur kulkas konstan dan segar lebih lama. Teknologi Twin Inverter juga hemat energi (energy saving), tidak bising (low noise), dan menjaga kesegaran lebih lama (fresher longer).

Kulkas Side-By-Side 630L ini memiliki fitur Big Capacity, H-DEO Fresh, HCS-Plus, dan Energy Saving sesuai dengan kebutuhan makanan Anda. Fitur Vacuum Foaming juga membuat adanya 5% pengurangan konsumsi energi karena ada busa padat yang meningkatkan efisiensi pendinginan dengan mengurangi kehilangan udara dingin.

Sementara, Precise Multi Flow menyebabkan pembekuan lebih cepat dan rasa lebih segar dengan sistem aliran multi-air flow yang tepat dalam freezer yang dapat mempertahankan nutrisi dan tekstur makanan.

Pada kulkas AQR-695IM, teknologi dari AQUA Elektronik dengan dimensi yang lebih efisien, tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan hemat energi. Kulkas ini cocok bagi Anda yang perlu menyimpan banyak bahan makanan untuk sehari-hari.

Selain itu, terdapat New Sterilization Technique H-Deo yang menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri. Kesegaran makanan pun terjaga sehingga mengurangi makanan yang terbuang percuma.

Ditambah lagi dengan revolutionizing technology Inovasi HCS-Plus yang meningkatkan sifat antioksidan. Teknologi ini menjaga kesegaran lebih lama dengan teknik kontrol oksigen dan 90% menjaga kelembapan buah dan sayuran.

Saatnya memiliki kulkas canggih dengan kapasitas besar tanpa menghabiskan banyak ruang di dapur. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga dan miliki kulkas dengan teknologi Twin Inverter yang istimewa ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003