Suhu Freezer Tidak Stabil? Simak Penyebab, Akibat & Cara Mengatasinya!

freezer

Salah satu fungsi utama kulkas adalah mendinginkan bahan makanan, supaya bahan makanan tersebut tidak gampang basi. Namun, tidak dipungkiri kalau terkadang suhu kulkas, khususnya freezer, tidak stabil, sehingga mengakibatkan makanan atau minuman yang disimpan didalamnya menjadi tidak dingin maksimal.

Hindari pendinginan tidak maksimal karena suhu freezer tidak stabil dengan mengetahui penyebabnya berikut ini:

Penyebab Suhu Freezer tidak Stabil

1. Freezer terlalu penuh

Anda suka menyimpan makanan dan minuman di freezer? Pastikan jangan sampai terlalu penuh ya. Sisakan sedikit jeda antar makanan supaya udara dingin di freezer tersebut bisa bersirkulasi dengan baik. Sebab, apabila freezer terlalu penuh dan udara tidak bisa bersirkulasi dengan baik, suhu di dalam pendingin tersebut akan meningkat.

Oleh karena itu, pastikan Anda meletakkan barang secukupnya saja ke dalam mesin ini. Apabila Anda memang membutuhkannya untuk bisnis, sehingga perlu kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan mesin pendingin kulkas, seperti chest freezer atau deep freezer. Desain deep freezer dan chest freezer berbeda dengan kulkas, kapasitas keduanya lebih besar dan lebih cocok untuk digunakan sebagai alat bisnis, misalnya untuk menjual es krim atau frozen food.

Anda bisa menggunakan AQF-220DF dari AQUA Elektronik. Tidak hanya kapasitasnya yang besar, AQF-220DF juga dilengkapi dengan high temperature alarming, dimana panel secara otomatis akan menampilkan suhu apabila suhu di dalam alat ini terlalu panas.

2. Freezer burn

Freezer burn adalah kondisi dimana bunga es dalam mesin pendingin sudah terlalu tebal, sehingga menutupi lubang udara. Padahal, lubang udara ini penting untuk menebarkan udara dingin ke dalam seluruh mesin untuk membuat suhu supaya tetap dingin. Apabila lubang ini tersumbat, maka mau tidak mau suhu dalam mesin ini akan semakin meningkat.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kulkas atau freezer secara berkala. Matikan kedua alat ini dan bukalah di depan kipas angin. Angin dari kipas angin serta suhu ruangan di rumah Anda lambat laun akan membuat es mencair, sehingga bunga es akan menghilang. Tapi, jangan lupa untuk meletakkan wadah di bawah alat ini, supaya air yang menetes tidak membuat rumah Anda basah.

3. Kerusakan pada kunci freezer

Kerusakan pada pintu maupun kunci kulkas dan freezer juga dapat membuat suhu dalam mesin pendingin ini naik turun. Hal ini karena pintu berfungsi untuk menjaga supaya udara dingin tetap berada di dalam mesin, sementara udara panas dari luar tidak masuk. Oleh karena itu, jika pintu rusak atau terlalu sering dibuka, udara panas akan lebih sering masuk ke dalam freezer dan membuatnya menghangat.

Selain memastikan pintu mesin pendingin tidak dibuka terlalu sering, pastikan kunci pintu ini tidak kotor atau rusak. Kunci freezer umumnya terbuat dari plastik dan terletak di sudut atas dan bawah mesin ini. Seiring dengan semakin lama Anda menggunakan mesin ini, maka semakin mudah juga kunci untuk kotor dan rusak. Bersihkan secara teratur menggunakan lap dan apabila rusak, segera hubungi teknisi kulkas terdekat.

4. Adanya masalah pada ventilasi udara freezer

Sekali lagi, sebuah mesin pendingin membutuhkan sirkulasi udara yang lancar. Selain melalui pintu, sirkulasi udara ini juga melalui air ventilator yang umumnya terletak di bagian belakang dan atau samping mesin ini.

Sirkulasi udara melalui air ventilator tidak akan bekerja maksimal, apabila ada barang yang terletak langsung di samping atau belakang freezer atau letaknya terlalu mepet dengan tembok. Maka dari itu, pastikan Anda meletakkan kulkas atau freezer di lokasi yang sesuai. Tidak terlalu padat dengan barang, tidak terlalu mepet dengan tembok dan agak jauh dari peralatan dapur lain yang bisa memancarkan panas, seperti microwave atau oven.

5. Masalah pada thermostat

Thermostat adalah alat yang bertugas sebagai sensor suhu dalam sebuah freezer. Alat ini berfungsi untuk menjaga suhu freezer agar stabil sesuai dengan tingkat yang diinginkan oleh pengguna. Biasanya, alat ini terletak di bagian belakang tombol pengaturan suhu mesin pendingin Anda.

Masalah pada thermostat sama dengan masalah suhu freezer tidak dapat menyesuaikan dengan pengaturan yang dibuat pengguna dan atau kondisi dalam mesin pendingin itu sendiri. Oleh karena itu, jika suhu mesin pendingin di rumah Anda tidak stabil karena masalah ini, pastikan Anda segera membeli dan memasang thermostat yang baru.

6. Condenser coil kotor

Penyebab suhu freezer tidak stabil yang keenam adalah condenser coil yang kotor. Condenser coil adalah alat yang bertugas untuk menyebarkan udara panas dari dalam kulkas atau freezer ke area sekitarnya. Ini artinya, apabila condenser coil kotor, udara panas tersebut akan terjebak di dalam mesin pendingin ini, sehingga baik kulkas maupun freezer akan menjadi tidak dingin atau suhunya tidak stabil.

Letak condenser coil umumnya di belakang kulkas bagian bawah. Bersihkan setidaknya 6 bulan sekali menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai atau alat khusus untuk membersihkan condenser coil.

Akibat Suhu Freezer tidak Stabil

1. Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membekukan makanan

Sederhananya, apabila suhu freezer tidak stabil, tentu makanan akan lebih susah dingin dan beku. Misalnya, es batu yang biasanya sudah bisa dijual setelah 5 jam masuk freezer menjadi butuh 8-9 jam di mesin ini hanya karena suhunya tidak stabil.

2. Makanan dapat berubah warna

Apabila suhu mesin pendingin tidak stabil, maka makanan yang disimpan didalamnya akan dapat dengan mudah berubah warna. Daging sapi dan daging ayam misalnya, dapat berubah warna menjadi lebih gelap (daging sapi) dan lebih terang (daging ayam) apabila keduanya disimpan di mesin pendingin dengan suhu yang terus berubah.

3. Dapat membuat freezer tidak awet

Perubahan suhu yang terlalu cepat dalam mesin pendingin tidak hanya akan menambah konsumsi listrik mesin tersebut, tetapi juga membuatnya tidak awet. Padahal dengan biaya yang cukup besar di awal untuk membeli alat ini, tentu Anda ingin mesin pendingin yang Anda beli bisa bertahan lebih dari 5 tahun bukan?

Lalu bagaimana cara mengukur stabilitas kinerja freezer? Jika Anda hanya memiliki satu mesin pendingin, Anda bisa memasukkan es krim ke dalam mesin pendingin tersebut. Logikanya adalah, apabila freezer bekerja normal, maka es krim tidak akan mencair dan bahkan akan membeku. Lain halnya jika suhu mesin ini naik turun dalam satu periode waktu, es krim yang Anda masukkan akan tetap pada suhu sebelumnya atau bahkan mencair sedikit demi sedikit.



AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003