Yuk, Cari Tahu Tanda-tanda Kulkas Harus Diganti!

Yuk, Cari Tahu Tanda-tanda Kulkas Harus Diganti!

Kulkas menjadi barang elektronik yang esensial, terlebih selama pandemi berlangsung. Sebab, kulkas sangat berguna untuk menyimpan bahan makanan. Namun, tidak bisa dipungkiri, seiring berjalannya waktu akan muncul masalah pada kulkas. Bahkan, masalah tersebut bisa menjelma menjadi tanda-tanda kulkas harus diganti.

Nah, masalah tersebut timbul karena kebiasaan buruk para pemiliknya. Seperti mengisi kulkas terlalu penuh, jarang membersihkan kulkas, hingga membiarkan pintu kulkas terbuka. Tanpa sadar, kebiasaan ini berlangsung hingga menimbulkan masalah, misalnya kulkas yang menjadi tidak dingin dan masih banyak lagi.

7 Tanda Kulkas Harus Diganti

Berbagai masalah pada kulkas tersebut bisa membesar dan menjadi tanda bagi Anda untuk segera mengganti kulkas, di antaranya sebagai berikut:

    Suhu Kulkas Tak Lagi Dingin

    Salah satu tanda kulkas sudah saatnya diganti adalah suhu kulkas Anda yang sudah tidak lagi dingin. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan banyak masalah, seperti makanan dan minuman yang baru disimpan tetapi lebih cepat menimbulkan bau tidak sedap.

    Sebenarnya, suhu kulkas penting untuk diperhatikan. Dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, suhu kulkas lebih baik berada di kisaran 4 derajat Celcius atau kurang, sementara suhu freezer minimal -14 derajat Celcius.

    Makanan Lebih Cepat Busuk

    Apakah Anda pernah mengalami makanan dan minuman yang busuk di kulkas, padahal baru beberapa hari disimpan? Jika pernah, maka Anda perlu waspada karena kulkas yang Anda miliki menunjukkan tanda-tanda harus diganti.

    Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh masalah pada kulkas. Utamanya oleh suhu kulkas yang kurang dingin, sehingga membuat makanan tidak tahan lama. Selain suhu, kemungkinan lainnya juga disebabkan oleh karet kulkas yang sudah melonggar membuat kulkas kesulitan dalam mengontrol suhu.

    Timbul Suara Dengung yang Kencang

    Jika kulkas Anda cenderung sering berdengung dengan kencang, maka kulkas tersebut sudah menunjukkan tanda untuk penggantian, nih. Meski suara dengung kulkas sebetulnya normal, tetapi jika suaranya kencang dan muncul secara terus-menerus, maka ada kesalahan pada kulkas.

    Suara dengung berlebihan pada kulkas biasanya disebabkan karena mesin motor yang harus bekerja dengan ekstra. Hal ini terjadi karena kebiasaan membuka dan menutup kulkas dalam frekuensi yang sering, sehingga terjadi pengendalian suhu secara berulang.

    Penumpukan Es pada Freezer

    Nah, penumpukan es pada freezer juga menjadi tanda kulkas Anda sudah harus diganti. Sebab, es yang menumpuk bisa membuat load freezer semakin banyak dan tentunya membuat kulkas semakin berat. Selain itu, mesin dalam kulkas juga menjadi bekerja lebih keras.

    Penyebab es yang menimbun di freezer adalah kebiasaan dalam menyimpan makanan yang masih hangat langsung ke dalam freezer. Padahal seharusnya makanan dibiarkan dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke freezer. Hal inilah yang membuat kulkas terus menciptakan lapisan es dalam jumlah besar.

    Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

    Tanda selanjutnya adalah pintu kulkas yang tidak lagi tertutup dengan rapat. Hal yang satu ini cukup krusial, karena kerapatan pintu kulkas berpengaruh langsung terhadap pengendalian suhu yang dilakukan oleh kulkas. Jika pintu tidak rapat, maka suhu kulkas akan terganggu dan berimbas pada makanan.

    Banyak penyebab yang membuat longgarnya karet kulkas, di antaranya adalah posisi kulkas yang tidak rata hingga instalasi yang tidak benar. Namun, jika sudah tidak dapat diperbaiki, maka sudah saatnya Anda mengganti kulkas menjadi yang baru.

    Terlalu Sering Service

    Jika Anda merasa sudah terlalu banyak menghabiskan uang untuk service atau perbaikan kulkas, alangkah baiknya untuk mengganti kulkas Anda. Hal tersebut menunjukkan sudah banyaknya komponen kulkas yang usang sehingga harus selalu diganti secara berkala, padahal biaya service juga tidaklah murah.

    Usia Kulkas yang Sudah Tua

    Sebagaimana peralatan elektronik, kulkas juga mengalami penurunan performa saat sudah berumur. Jika Anda merasa sudah terlalu sering rusak dan melakukan service, coba telusuri kembali kapan kulkas tersebut Anda beli. Kemungkinan, usia kulkas memang sudah tua dan sudah saatnya untuk dilakukan penggantian.

    Dikutip dari situs Mr. Appliance, ketahanan kulkas standar biasanya berlangsung sekitar 10 hingga 18 tahun, dengan rata-rata 14 tahun. Sementara, untuk kulkas compact atau mini fridge sekitar 4 sampai 12 tahun, dengan rata-rata 8 tahun.

Ganti Kulkas dengan Produk dari AQUA Elektronik

Jadi, apakah kulkas Anda memiliki mayoritas tanda di atas? Maka inilah saat yang tepat untuk mengganti kulkas Anda! AQUA Elektronik hadir sebagai solusi dengan produk kulkas multidoor elegan yang dilengkapi dengan glass door, yaitu tipe AQR-IG525AM(GB) dan AQR-IG645AM(GB).

Kedua tipe kulkas tersebut dilengkapi dengan fitur Twin Inverter, di mana pendinginan dalam kulkas dioptimalkan menggunakan kompresor ganda dan kipas, sehingga kulkas bisa lebih cepat dingin dan stabil tanpa menyedot banyak listrik.

Keduanya juga memiliki teknologi Digital Temperature Control yang membuat pemilik bisa mengatur suhu hanya lewat sentuhan pada panel LED di pintu kulkas. Dengan begini, Anda tak perlu sering membuka pintu kulkas ketika ingin mengatur suhunya. Sehingga, risiko rusaknya kulkas yang terjadi karena sering membuka pintu akan lebih minim.

Selain itu, lengkap juga dengan fitur Humidity Control System yang bisa membuat makanan yang disimpan di kulkas tetap awet dan tidak lembap berlebihan. Sebab adanya bantuan teknologi yang bisa menjaga kelembapan makanan, khususnya sayuran sehingga tidak cepat layu dan tetap kering.

Setelah memahami tanda-tanda kulkas harus diganti pada kulkas Anda, saatnya memantapkan hati dengan membeli kulkas aqua 1 pintu yang berkualitas! Jika kulkas AQR-IG645AM(GB) yang berukuran 549 liter muatannya terlalu besar, Anda bisa, kok, memilih AQR-IG525AM(GB) yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu 456 liter.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi www.aquajapanid.com untuk membelinya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003