Sudah Tahu Bahaya Bunga Es Kulkas Jika Dibiarkan?

bunga es di kulkas

Penggunaan alat elektronik di rumah memang sangat efektif mempermudah aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya Anda harus merawat peralatan elektronik secara telaten agar performanya tetap maksimal dan tidak mudah rusak. Semua alat elektronik di rumah harus dirawat dengan benar agar kebersihannya terjaga, termasuk kulkas. Kemunculan bunga es kulkas tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya.

Apa Itu Bunga Es Kulkas?

Bunga es kulkas dapat didefinisikan sebagai kumpulan uap air yang membeku pada dinding bagian dalam dan rak freezer. Sebenarnya, kemunculan bunga es lazim ditemukan pada kulkas 1 pintu karena freezer dan chiller berada pada kompartemen yang sama. Sebaliknya, bunga es yang muncul pada kulkas 2 pintu atau jenis lemari es yang lebih besar adalah hal yang patut diwaspadai agar tidak memicu kerusakan pada kulkas.

Penyebab Bunga Es pada Kulkas

Beberapa penyebab bunga es pada kulkas yang patut Anda waspadai adalah sebagai berikut:

  • Suhu freezer kulkas terlalu rendah sehingga mengakibatkan lapisan bunga es pada freezer kian menebal.
  • Kerusakan lapisan karet yang mengelilingi seluruh pintu kulkas dan membentuk segel (disebut gasket). Gasket yang rusak membuat sebagian pintu kulkas terbuka sehingga udara lembap dapat masuk ke kulkas. Selanjutnya, udara lembap tersebut akan mengembun pada dinding dan langit-langit kulkas bagian dalam sehingga menyebabkan kemunculan bunga es.
  • Menyimpan makanan bersuhu panas dalam kulkas. Uap panas dari makanan akan mengembun dan berubah menjadi bunga es yang menempel di kulkas.
  • Gangguan pada sistem self-defrosting yang memproses pencairan bunga es kulkas. Pada kondisi normal, sistem tersebut menggunakan pemanas kecil untuk menaikkan suhu koil refrigeran kulkas secara teratur. Sedikit peningkatan suhu pada koil refrigeran akan mencairkan embun beku di dinding dan rak kulkas sehingga mencegah pembentukan bunga es. Air hasil pencairan embun akan dialirkan melalui saluran pembuangan. Kerusakan sistem self-defrosting membuat embun beku gagal dicairkan hingga penumpukan bunga es tak dapat dihindari lagi.

Berbagai Dampak Buruk yang Ditimbulkan Bunga Es Kulkas

Jangan biarkan kemunculan bunga es memenuhi kulkas di rumah Anda. Bunga es kulkas yang dibiarkan mengendap bisa menimbulkan beberapa dampak buruk berikut ini.

  • Mengurangi kapasitas muatan freezer karena bunga es yang semakin tebal akan menyita ketersediaan ruang freezer secara drastis.
  • Menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara sengaja maupun tidak sengaja, khususnya oleh anak-anak. Bunga es biasanya mengandung bahan aktif dan bakteri yang meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diare, tifus, dan pilek jika masuk ke saluran pencernaan.
  • Menyebabkan kemunculan bau tak sedap yang memengaruhi aroma dan rasa makanan.
  • Menghalangi evaporator yang berfungsi menyedot panas di dalam kulkas. Masalah ini akan membuat sirkulasi udara pada kulkas jadi terhambat sehingga kulkas jadi tidak dingin dan akhirnya rusak.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kulkas yang Banyak Bunga Es?

Cara memperbaiki kulkas yang banyak bunga es ternyata tidak sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah ini agar kulkas bersih dari bunga es dan fungsinya kembali seperti sedia kala.

  • Pindahkan bahan makanan beku ke tempat lain yang tertutup untuk menjaga kestabilan suhunya. Langkah pertama ini penting untuk menjaga kesegaran persediaan bahan makanan Anda.
  • Selanjutnya, matikan aliran listrik pada kulkas lalu biarkan pintu freezer terbuka agar udara hangat bisa masuk ke dalam freezer.
  • Keluarkan semua komponen kulkas bila bunga es mulai mencair. Sambil menunggu bunga es mencair secara menyeluruh, Anda bisa membersihkan komponen kulkas tersebut dengan air hangat lalu mengelapnya hingga kering.
  • Jangan lupa memeriksa bak penampungan air pada kulkas dan mengosongkannya bila sudah mulai terisi penuh. Setelah itu, carilah selang pembuangan yang biasanya terdapat di bagian bawah kulkas. Arahkan selang tersebut ke tempat pembuangan supaya air hasil pencairan bunga es bisa mengalir keluar.
  • Kalau kulkas Anda memiliki fitur pencair bunga es, aktifkan fitur tersebut agar proses membersihkan bunga es berlangsung lebih cepat.
  • Saat bunga es sudah benar-benar mencair dan freezer kulkas sudah kosong, bersihkan bagian dalam freezer tersebut sebelum kamu kembali menyambungkan kulkas ke sumber listrik.

Bila Anda sudah tidak sanggup menangani kulkas lama yang sering rusak dan kerap menimbulkan bunga es, mungkin sudah waktunya beralih ke kulkas baru. Aqua Japan memiliki seri kulkas 2 Pintu Freezer Atas AQR-385IG(BK) yang siap menjadi andalan Anda. Seri kulkas Aqua Japan ini dilengkapi beberapa fitur unggulan sebagai berikut.

  • Magic Cooling: bagian pendingin bernama Magic Room dengan pengaturan suhu yang bervariasi, mulai dari -50C hingga 180C. Anda bisa mengubahnya menjadi lemari es atau freezer sesuai kebutuhan. Kompartemen terpisah ini menjaga makanan agar tetap segar tanpa tercemar makanan lain pada lemari es atau freezer.
  • Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.
  • 360°C Air Flow: Sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.
  • Glass Door: Bahan kaca berkualitas menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan.
  • Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.
  • LED Light: sistem pencahayaan yang lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional.
  • Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

Masalah bunga es kulkas tak akan terjadi lagi bila Anda menggunakan kulkas Aqua Japan yang canggih dan merawatnya secara rutin. Rasakan pengalaman sehari-hari yang menyenangkan di rumah setelah menggunakan kulkas 2 Pintu Freezer Atas AQR-385IG(BK) dari Aqua Japan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003