Sama-sama Lemari Pendingin, Ini Bedanya Kulkas dengan Freezer

Kenali perbedaan kulkas dan freezer terlebih dulu agar bisa menentukan pilihan terbaik untuk penuhi kebutuhan hidup Anda!

Kebutuhan masyarakat modern terhadap lemari pendingin memang kian meningkat dalam waktu beberapa tahun terakhir. Kini, lemari pendingin bukan hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga tetapi juga untuk mendukung bisnis.

Ada dua jenis pendingin yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu kulkas dan freezer. Namun, ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan kulkas dan freezer.

Jangan sampai Anda salah pilih karena kurang memahami perbedaan dua perangkat elektronik rumah tangga tersebut. Kenali karakteristik kulkas dan freezer secara teliti agar bisa menentukan pilihan yang tepat.

Mengenal Beberapa Perbedaan Kulkas dan Freezer

Perbedaan antara kulkas dan freezer dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Fungsi: kulkas dan freezer sama-sama berfungsi mendinginkan makanan dan minuman. Namun, kulkas tidak dapat membuat makanan dan minuman menjadi beku. Semua kulkas modern dilengkapi komponen freezer untuk membekukan tetapi kapasitasnya tentu lebih kecil daripada kapasitas kulkas. Itulah sebabnya mayoritas orang memutuskan membeli unit freezer khusus bila membutuhkan kapasitas pembeku yang lebih besar.
  • Bentuk: pada umumnya, kulkas berbentuk menyerupai lemari pakaian karena berorientasi pada posisi vertikal. Sementara itu, sebagian besar freezer berbentuk seperti peti kemas karena berorientasi pada posisi vertikal. Namun, sebenarnya ada pula freezer vertikal yang memiliki sekat lebih banyak daripada freezer horizontal.
  • Suhu maksimal: kulkas dapat mencapai suhu paling rendah sebesar 00 C karena fungsinya memang didesain khusus untuk mendinginkan tanpa membekukan. Sebaliknya, freezer dapat mencapai suhu paling rendah berkisar antara 280 hingga 300 C sehingga bisa mendinginkan secara lebih cepat.
  • Kapasitas penyimpanan: produk kulkas modern mengalami peningkatan signifikan dari segi kapasitas penyimpanan. Saat ini, ada kulkas berukuran besar yang kapasitasnya mencapai 700 liter. Hal serupa juga berlaku bagi freezer yang kapasitas terbesarnya mencapai 1.100 liter. Kapasitas penyimpanan yang besar berbanding lurus dengan dimensi kulkas maupun freezer sehingga Anda harus menyiapkan kapasitas ruangan yang memadai.
  • Kebutuhan daya listrik: semakin besar kapasitas penyimpanan kulkas atau freezer, maka semakin besar pula kebutuhan daya listriknya. Perbedaan konsumsi listrik antara kulkas dan freezer tidak terlalu jauh. Bahkan, kini freezer kecil dan kulkas satu pintu dapat beroperasi dengan daya kurang lebih 100 watt saja. Konsumsi listrik kulkas dan freezer akan melonjak drastis bila pintunya sering dibuka tutup. Hal tersebut bisa terjadi karena udara panas yang masuk ke kulkas atau freezer membuat kompresor kulkas bekerja ekstra keras mendinginkan interiornya sehingga konsumsi listrik makin meningkat.
  • Interior: kulkas dilengkapi fitur interior standar berupa lampu dan sekat, termasuk sekat untuk menyimpan botol minum dan telur. Bagian freezer yang terdapat pada kulkas juga dilengkapi wadah pembuat es batu. Sebaliknya, fitur interior freezer lebih sederhana bahkan ada yang tidak disertai lampu dan sekat sama sekali.
  • Eksterior: perbedaan kulkas dan freezer dari segi eksterior juga cukup mencolok. Kulkas mempunyai banyak variasi dari segi desain dan komponen, contohnya ada kulkas multidoor, kulkas dengan pintu kaca, kulkas dengan freezer bawah, dan kulkas yang mempunyai keran air dingin di bagian luar. Sebaliknya, tampilan freezer jauh lebih sederhana karena menitikberatkan pada fungsi utamanya sebagai pembeku.
  • Fitur tambahan lainnya: beberapa fitur tambahan yang terdapat pada kulkas, antara lain pintu dengan kaca temper glass, jumlah sekat yang lebih banyak, dan tombol kontrol digital.Berbeda dengan kulkas, freezer kerap dilengkapi fitur tambahan berupa kunci roda, keranjang, dan termometer digital LED.
  • Harga: sama seperti konsumsi listrik, harga kulkas dan freezer sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan kulkas atau freezer dengan harga kurang dari dua juta rupiah. Namun, kulkas dan freezer berukuran besar dengan fitur-fitur canggih dibanderol dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah.

Mana yang Lebih Baik: Kulkas atau Freezer?

Kulkas dan freezer memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, Anda patut mempertimbangkan dua hal berikut ini sebelum menentukan pilihan:

  • Kalau Anda membutuhkan pendingin sekaligus pembeku berkapasitas kecil, maka kulkas adalah pilihan terbaik. Anda bebas memilih ukuran dan fitur tambahan kulkas sesuai kebutuhan rumah tangga.
  • Kalau Anda membutuhkan pembeku berkapasitas besar khususnya untuk mendukung bisnis, maka freezer adalah pilihan terbaik. Anda leluasa menyimpan banyak bahan makanan dan minuman dalam freezer bila memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Sekarang Anda tak perlu repot mencari kulkas berkualitas untuk kebutuhan rumah tangga karena ada Kulkas Dua Pintu Freezer Atas AQR-415IM[GU1] dari AQUA Elektronik. Produk elektronik yang satu ini memiliki kapasitas freezer dan vegetable box 10% lebih besar karena pintunya lebih tipis sehingga menciptakan lebih banyak ruang interior.

Kulkas dua pintu freezer atas AQR[GU2] -415IM juga dilengkapi teknologi Twin Inverter yang hemat energi bintang lima dengan 2 kali lipat efisiensi kinerja sekaligus efektif mengurangi kebisingan tempat tinggal.

Tak hanya itu, kulkas berkapasitas 357 liter tersebut juga memiliki Chiller Box sebagai zona ideal untuk mengawetkan daging, ikan, dan makanan lainnya pada suhu -10C.

Anda pun tidak perlu khawatir soal urusan bakteri karena ada fitur DEO Fresh yang ampuh menghilangkan bakteri dan meminimalkan aroma tak sedap melalui integrasi karbon aktif, jaringan paladium, dan agen antimikroba.

Kulkas dua pintu freezer atas QR-4151M dapat mendinginkan dan memproduksi es secara cepat karena didukung Fast Cooling System. Selain itu, ada pula fitur Movable Twist Ice Maker yang mendukung proses pembuatan es batu dan Flexible Shelves yang mempermudah Anda menyimpan berbagai ukuran makanan.

Kehadiran produk elektronik canggih di rumah adalah solusi terbaik yang siap memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga. Segera dapatkan kulkas terbaik seri ini melalui official store AQUA Elektronik sekarang juga!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003