Apakah Kulkas Harus Diberi Alas? Simak Tips Meletakkannya yang Benar!

kulkas di dapur

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki oleh rumah tangga modern. Sebab dengan alat ini, Anda bisa menyimpan berbagai bahan makanan yang bisa digunakan kemudian, sehingga proses memasak jadi lebih gampang dan efektif.

Masalahnya, alat ini tidak bisa diletakkan sembarangan. Selain karena ukurannya yang besar, kulkas juga sebaiknya diletakkan di lokasi yang strategis supaya bisa lebih mudah dijangkau. Berikut ini tips dan trik meletakkan kulkas yang benar:

Alasan Kulkas Harus Diletakkan di Permukaan Rata

Kulkas sebaiknya diletakkan di atas permukaan yang rata. Hal ini karena pertama, permukaan yang rata (tidak bergelombang) akan mengakibatkan vibrasi di dalam lemari es ini, sehingga kinerjanya menjadi kurang efektif dan optimal.

Jika lantai dapur rumah Anda menggunakan karpet, maka Anda bisa menambahkan alas tambahan yang datar untuk mencegah panas yang keluar dari kulkas merusak karpet tersebut. Namun apabila dapur rumah Anda masih berbentuk tanah bergelombang, maka Anda bisa menambahkan tatakan kayu berongga seukuran dengan kulkas tersebut supaya ia bisa diletakkan di tempat yang datar, sirkulasi udaranya masih terjaga dengan baik dan mudah dipindahkan saat dibutuhkan.

Alasan kedua mengapa alat elektronik harus diletakkan di tempat yang datar dan keras adalah untuk meminimalisir risiko yang bisa timbul akibat gempa. Sederhananya, kulkas yang diletakkan di tempat yang datar tentu akan lebih tahan goncangan dibandingkan jika alat ini diletakkan di tempat bergelombang.

Kulkas Sebaiknya Ditaruh di mana?

Kulkas untuk keperluan rumah tangga umumnya diletakkan di dapur atau ruang makan supaya lebih mudah dijangkau. Hal ini karena fungsi alat elektronik ini sebagai tempat penyimpanan makanan supaya tidak mudah basi dan tetap terjaga kualitasnya. Namun demikian, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih lokasi untuk meletakkan alat elektronik ini. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Jarak antara kulkas dengan peralatan dapur lain yang menghantarkan panas.

Seiring dengan pemakaiannya, bagian kanan, kiri dan atas alat elektronik ini akan terasa panas, karena sebagaimana alat elektronik lainnya, lemari es juga membuang panas yang ditimbulkan dari listrik yang mengalirinya. Agar kulkas dapat berfungsi dengan baik dan awet, maka panas buangan ini harus dilepaskan ke udara bebas. Oleh karena itu, pastikan alat elektronik ini tidak diletakkan di dekat peralatan dapur lain yang juga menghantarkan panas, seperti oven atau microwave.

2. Paparan sinar matahari

Dengan alasan yang sama seperti di atas, alat elektronik ini juga sebaiknya tidak diletakkan di area dapur yang berpotensi terpapar sinar matahari secara langsung, seperti dekat jendela atau pintu yang mengarah ke luar.

3. Lokasi sumber listrik dan sumber air

Agar kinerja lemari es tidak terganggu, pastikan alat elektronik ini diletakkan dekat dengan sumber listrik utama dapur Anda. Selain itu, jika Anda memiliki kulkas yang sudah dilengkapi dengan dispenser, maka sebaiknya Anda juga meletakkannya di dekat sumber air bersih di rumah Anda. Sebab, air dari sumber tersebut akan masuk secara otomatis ke dalam mesin kulkas melalui pipa dan diolah oleh mesin dalam kulkas tersebut, sehingga bisa keluar lagi menjadi air yang segar dan sehat.

Cara Meletakkan Kulkas yang Benar

1. Ketahui dimensi kulkas Anda

Untuk menentukan lokasi yang tepat, Anda wajib mengetahui dimensi atau ukuran kulkas yang Anda gunakan. Sebab ini artinya, lokasi penempatan kulkas minimal harus sama dengan dimensi kulkas tersebut. Misalnya, dimensi AQR-565IM adalah 905x726x1775 millimeter, maka ukuran tempat untuk menaruh kulkas ini minimal juga lebarnya 91 cm, panjang 72,6 cm dan tinggi 177,5 cm agar muat.

Anda juga bisa menanyakan hal-hal terkait teknis pemasangan kulkas kepada teknisi atau pramuniaga yang bertugas melayani Anda untuk berjaga-jaga jika ada hal-hal khusus yang harus dilakukan saat proses pemasangan maupun setelah pemasangan alat elektronik ini berlangsung.

2. Pilih lokasi yang tepat

Selain ukuran kulkas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas, yaitu pastikan lokasi kulkas datar dan kuat, jauh dari alat elektronik yang menghantarkan panas lainnya, jauh dari paparan sinar matahari langsung. Dalam desain dapur modern, umumnya kulkas diletakkan di lokasi yang berseberangan dengan kompor. Jadi, letak tempat mencuci piring di tengah, sementara kompor dan kulkas di ujung yang berlawanan atau berhadapan untuk mencegah panas dari kompor menghambat sirkulasi kulkas.

Dengan desain seperti ini, Anda dapat mengakses bahan makanan dari kulkas dan membersihkannya dengan mudah dengan tanpa merusak mesin kulkas tersebut akibat paparan panas dari kompor atau microwave.

3. Pasang kulkas di dekat sumber air dan listrik

Seperti yang telah disebutkan di atas, kulkas, khususnya yang memiliki fitur dispenser sebaiknya dipasang di area dekat sumber air dan sumber listrik utama untuk memastikan kelancaran kinerja alat elektronik ini. Kulkas memang bisa dipasang menggunakan steker T maupun stop kontak, namun demikian akan lebih baik jika alat ini dipasang ke steker yang langsung menempel ke tembok untuk meminimalisir risiko korsleting.

Jika listrik rumah Anda relatif tidak stabil pada pemasangan awal alat ini, maka sebaiknya Anda memiliki stabilizer alat elektronik untuk memastikan stabilitas kinerja alat tersebut.

4. Buat jarak antara kulkas, tembok dan pembatas lainnya

Agar sirkulasi panas dari dalam kulkas bisa keluar maksimal, Anda harus memastikan kalau jarak kulkas dengan pembatas, entah itu tembok atau almari berkisar 10-30 cm. Dengan demikian, panas dari dalam alat ini tidak akan kembali ke dalam kulkas dan menghambat kinerja pendinginan.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja mesin, jarak 10-30 cm antara kulkas dan tembok juga bermanfaat jika sewaktu-waktu Anda perlu memindahkan alat tersebut entah karena menggantinya dengan yang baru atau membersihkannya. Seperti yang telah disebutkan di atas, tambahkan tatakan kayu berongga di bagian bawah kulkas untuk mempermudah proses pemindahan ini.

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang paling banyak membutuhkan energi listrik. Agar bisa berhemat, Anda bisa menggunakan AQR-695IM, AQR-605IG, AQR-565IM atau AQR-IG685AMT dari Aqua Elektronik.

Dilengkapi dengan teknologi twin inverter dan digital temperature control, produk-produk Aqua Elektronik ini cocok untuk Anda, ibu rumah tangga modern yang ingin mendapatkan kulkas dengan desain modern, kapasitas besar dan hemat energi baik untuk dijadikan kado pernikahan atau digunakan sendiri. Dapatkan produk ini sekarang juga untuk desain dapur yang cantik dan ciamik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003