Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin? Mungkin Ini Penyebabnya!

kulkas

Menikmati makanan dan minuman dingin selagi cuaca panas memang sangat menyegarkan. Sayangnya, keinginan sederhana tersebut bisa pupus jika bagian bawah kulkas 2 pintu tidak dingin.

Bila hal itu terjadi, maka Anda harus lekas mencari tahu penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin supaya bisa segera mengatasinya. Jangan sampai kerusakan kulkas membuat kesegaran bahan makanan dan minuman terganggu.

Apa Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin?

Masalah bagian bawah kulkas 2 pintu tidak dingin biasanya jarang disadari hingga kondisinya benar-benar parah. Oleh sebab itu, Anda wajib lebih cermat selama menggunakan kulkas sehingga bisa segera mendeteksi kerusakan sekecil apa pun.

Pada umumnya, penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan suhu tidak sesuai kebutuhan

Biang keladi utama penyebab bagian bawah kulkas tidak dingin kerap berasal dari pengaturan suhu yang tidak sesuai kebutuhan. Jika suhu terlalu besar, kemungkinan besar kulkas tersebut tidak dapat mendinginkan secara maksimal. Semakin banyak isi suatu kulkas, maka suhu yang dibutuhkan untuk mendinginkan akan semkain kecil.

2. Karet pintu kulkas kotor

Jangan menganggap remeh kebersihan karet pintu kulkas Anda. Karet pintu kulkas yang benar-benar kotor membuat pintu tersebut tidak bisa tertutup rapat secara sempurna. Akibatnya, hawa dingin dari bagian dalam akan mengalir ke luar sehingga isi kulkas jadi kurang dingin.

3. Terlalu sering buka tutup kulkas

Penyebab bagian bawah kulkas tidak dingin yang satu ini sering terjadi akibat perilaku anak-anak. Kebiasaan buka tutup kulkas yang dilakukan terlalu sering akan membuat kulkas jadi tidak dingin karena udara dari dalam kulkas mengalir keluar. Akibatnya, kompresor kulkas patut bekerja tanpa henti untuk mengembalikan suhu kulkas sesuai pengaturan.

4. Kumparan kondensor terlalu kotor

Kondensor adalah komponen kulkas yang berfungsi mengubah gas refrigerant (freon) menjadi cairan untuk mencapai suhu dingin sesuai pengaturan. Kondisi kumparan kondensor yang terlalu kotor akan menghambat kinerjanya sehingga kulkas jadi tidak dingin.

5. Kerusakan kipas kondensor

Selain kumparan kotor, masalah lain pada kondensor yang menyebabkan kulkas tidak dingin adalah kerusakan kipas. Penyebab ini akan membuat suhu bagian dalam kulkas meningkat dari hari ke hari bila tidak lekas ditangani.

6. Evaporator rusak

Evaporator merupakan komponen inti kulkas yang berperan memindahkan suhu panas dari dalam ke luar kulkas. Kerusakan evaporator tentu membuat bagian bawah kulkas jadi tidak dingin karena sirkulasi udaranya kurang lancar.

7. Makanan atau minuman menghalangi sistem ventilasi udara

Keberadaan sistem ventilasi penting untuk mendukung sirkulasi udara pada bagian dalam kulkas. Kalau sistem ventilasi tersebut terhalang oleh makanan atau minuman yang diletakkan sembarangan, maka udara dingin tidak dapat mengalir sempurna ke seluruh bagian dalam kulkas.

8. Freon kulkas habis

Freon adalah zat pendingin kulkas yang bekerja dalam sistem tertutup. Artinya, freon tersebut tidak akan habis bila tidak terjadi kebocoran pada evaporator kulkas. Saat evaporator mengalami kebocoran, maka freon akan mengalir ke luar hingga menyebabkan kulkas jadi tidak dingin.

Bagaimana Cara Mengatasi Bagian Bawah Kulkas Tidak Dingin?

Jangan terlalu panik ketika menghadapi masalah kulkas bagian bawah tidak dingin. Jika Anda sudah mengetahui penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, berarti Anda tinggal melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya:

  • Memeriksa knop pengaturan suhu untuk memastikan bahwa suhu kulkas sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Mengupayakan agar isi kulkas tidak terlalu penuh. Isilah kulkas sesuai kapasitas supaya dinginnya tetap maksimal.
  • Menata isi kulkas secara teliti supaya tidak mengganggu sistem ventilasi udara pada bagian dalam kulkas.
  • Menjaga kebersihan seluruh komponen kulkas, terutama karet pintu dan kondensor. Usahakan untuk membersihkan komponen kulkas tersebut secara rutin untuk menjaga fungsi kulkas.
  • Memeriksa tekanan freon untuk mengidentifikasi kebocoran sejak dini. Idealnya, tekanan freon R134a yang dibutuhkan kulkas 2 pintu berkisar di angka 12 psi. Kalau tekanan freon ternyata lebih rendah daripada 12 psi, kemungkinan besar freon kulkas sedang mengalami kebocoran. Selain mengisi freon agar kulkas kembali dingin, kebocoran juga harus diatasi dengan memperbaiki komponen yang rusak.
  • Mengganti komponen kulkas yang rusak, misalnya kipas kondensor dan evaporator.

Kemampuan kulkas 2 pintu untuk mendinginkan memang akan menurun seiring berjalannya waktu. Selain itu, fitur-fitur di dalamnya juga tertinggal jauh dibandingkan produk teranyar di pasaran.

Bila Anda mengalami masalah kulkas 2 pintu tidak dingin dan berniat menggantinya dengan yang baru, ada seri Kulkas AQR-415IM dari AQUA Elektronik yang bisa jadi pilihan Anda.

Kulkas 2 pintu berkapasitas 357 liter ini dilengkapi kapasitas freezer dan vegetable box 10% lebih besar karena pintunya lebih tipis sehingga ruang interiornya bertambah tanpa mengganggu dimensi eksternal.

Keberadaan teknologi Twin Inverter pada Kulkas AQR-415IM tak hanya mengurangi kebisingan, tetapi juga hemat energi bintang 5 dengan 2x lipat efisiensi kinerja.

Sistem pendingin Multi Air Flow-nya mampu mendistribusikan aliran udara secara konsisten ke setiap sudut sehingga udara sejuk bersirkulasi secara menyeluruh pada seluruh bagian lemari es. Fungsi AQUA Fast Cooling membuat pendinginan terjadi lebih cepat hanya dengan menekan satu tombol.

Anda bisa mengawetkan ikan, daging, dan makanan dingin lainnya pada suhu -10 C dengan memanfaatkan Chiller Box pada kulkas AQUA Elektronik ini. Sehingga nantinya Anda dapat langsung mengambil makanan dari Chiller Box lalu mengolahnya tanpa proses pencairan terlebih dahulu.

Teknologi DEO Fresh yang disertakan di dalamnya menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan bakteri dan mengurangi bau tak sedap dengan mengintegrasikan karbon aktif, jaring paladium, dan agen antimikroba.

Rasakan proses pembuatan ea secara praktis dengan mengandalkan Movable Twist Ice Maker, pembuat es portable yang bisa dikeluarkan atau dipindahkan saat Anda butuh ruang freezer lebih besar.

Penempatan Flexible Shelves yang mudah diatur, dibongkar, dan dibersihkan membuat Anda bebas meletakkan makanan apa pun dalam posisi berbeda.

Ulasan lengkap tentang Kulkas AQR-415IM tentu membuat Anda makin mantap memilihnya bukan? Selain cermat mengenal penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, pastikan bahwa Anda juga selalu melakukan proses perawatan secara telaten pada kulkas baru agar performanya terjaga dan tidak rentan rusak.

Tertarik untuk membeli Kulkas AQR-415IM dari AQUA Elektronik? Anda bisa mendapatkan produk terbaiknya di official store AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003