Benarkah Kulkas 2 Pintu Boros Listrik?

mengecek kulkas dua pintu

Penggunaan peralatan elektronik di rumah tentu sangat penting untuk mempermudah rutinitas harian keluarga. Salah satu peralatan elektronik yang dimiliki mayoritas rumah tangga modern adalah kulkas 2 pintu. Faktanya, hingga saat ini pertanyaan tentang apakah kulkas 2 pintu boros listrik masih menjadi topik hangat yang terus dibicarakan, sebab hal tersebut dapat mengganggu upaya penghematan keluarga.

Jadi, apakah kulkas boros listrik sampai membuat tagihan listrik membengkak? Mari simak ulasan lengkap berikut ini!

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kulkas 2 Pintu

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan penggunaan kulkas 2 pintu yang baru untuk kebutuhan rumah tangga, maka ulasan seputar kelebihan dan kekurangan berikut ini patut jadi perhatian Anda.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Beberapa kelebihan yang membuat kulkas 2 pintu jadi populer di kalangan masyarakat modern adalah sebagai berikut:

  • Bebas bunga es: berbeda dengan kulkas 1 pintu, jenis kulkas ini mengandalkan sistem pemanas terpisah yang dapat mencegah pembentukan es pada kompartemen freezer. Di samping itu, kulkas 2 pintu juga menggunakan kipas otomatis untuk mengalirkan udara dingin di bagian dalamnya, sehingga Anda tak perlu repot membersihkan bunga es secara rutin bila menggunakan kulkas 2 pintu.
  • Kapasitas lebih besar: kelebihan lainnya yang ditawarkan kulkas 2 pintu adalah kapasitasnya yang lebih besar, yaitu berkisar antara 300 liter hingga 700 liter. Kapasitas tersebut membuat ruang penyimpanan kulkas lebih lega dan jumlah rak yang lebih banyak daripada kulkas 1 pintu. Anda tentu lebih leluasa menyimpan berbagai kebutuhan pangan bila menggunakan jenis kulkas ini.
  • Ukuran freezer lebih besar: kulkas 2 pintu mempunyai ukuran freezer lebih besar daripada kulkas 1 pintu. Keunggulan ini membuat Anda bisa menyimpan persediaan makanan beku dalam jumlah lebih banyak. Bahkan, Anda bisa mengelompokkan bagian dalam freezer untuk menyimpan bahan makanan (misalnya daging dan ikan) serta produk siap santap (misalnya es krim dan es batu). Akses freezer yang terpisah dengan kulkas membuat Anda tak perlu repot membuka pintu kulkas setiap kali ingin menyimpan atau mengambil bahan pangan di freezer.

Kekurangan Kulkas 2 Pintu

Selain memiliki banyak kelebihan, tentu saja kulkas 2 pintu juga mempunyai beberapa kekurangan yang patut dijadikan bahan pertimbangan, yaitu:

  • Butuh lebih banyak ruang. Ukuran kulkas 2 pintu yang besar membuatnya membutuhkan lebih banyak ruang di rumah dibandingkan dengan kulkas 1 pintu. Hal ini tentu rentan membuat rumah berukuran mungil jadi terkesan sempit.
  • Harga relatif lebih mahal. Hal lainnya yang patut dipertimbangkan adalah harga yang cukup mahal. Rata-rata kulkas 2 pintu dijual dengan kisaran harga antara 2 juta hingga 7 juta rupiah. Rentang harga kulkas 2 pintu tersebut rentan membebani Anda bila belum menyiapkan jumlah budget yang memadai untuk kulkas baru.
  • Lebih boros listrik: jika dibandingkan dengan kulkas 1 pintu, tentu saja penggunaan kulkas 2 pintu jauh lebih boros listrik. Anda tak hanya harus menyiapkan kapasitas daya yang cukup besar tetapi juga budget yang memadai untuk membayar biaya tagihan listrik setiap bulan.

Apakah Kulkas 2 Pintu Boros Listrik?

Jawaban tentang apakah kulkas boros listrik atau tidak memang sangat dipengaruhi kapasitas kulkas tersebut. Semakin besar kapasitas kulkas, maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Penggunaan listrik untuk kulkas 2 pintu memang lebih besar dibandingkan kulkas 1 pintu. Tetapi, hal tersebut sebanding dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jadi, kulkas 2 pintu tidak sepenuhnya boros listrik seperti anggapan yang diyakini sebagian khalayak ramai.

Informasi yang dilansir dari website Reduce Revolution menyatakan bahwa rata-rata kulkas 2 pintu modern membutuhkan daya listrik sebesar 130 watt. Kalau Anda berencana membeli kulkas 2 pintu yang hemat energi, maka Anda harus mencermati fitur-fiturnya serta informasi seputar kebutuhan listrik untuk kulkas tersebut.

Kebiasaan yang Membuat Kulkas Boros Listrik

Konsumsi listrik ternyata tidak hanya dipengaruhi kapasitas kulkas. Beberapa kebiasaan yang dilakukan saat menggunakan kulkas berikut ini juga menjadi penyebab konsumsi listrik semakin boros, misalnya:

1. Mengatur suhu kulkas terlalu dingin

Penyebab listrik boros saat menggunakan kulkas 2 pintu yang jarang disadari orang adalah mengatur suhu kulkas terlalu dingin. Pengaturan tersebut membuat kompresor harus bekerja ekstra keras untuk membuat bagian dalam kulkas jadi dingin.

Kinerja kompresor tersebut akan membuat penggunaan listrik semakin boros. Selain boros konsumsi listrik, pengaturan suhu kulkas yang terlalu dingin juga rentan meningkatkan risiko kerusakan kompresor karena bekerja keras terus-menerus.

2. Membiarkan lemari es kosong dalam kondisi menyala

Anggapan bahwa lemari es yang kosong atau terisi setengah penuh lebih hemat listrik ternyata sangat keliru. Faktanya, lemari es kosong justru menyebabkan penggunaan listrik lebih boros. Saat dibuka, udara dingin dari dalam kulkas akan keluar dan digantikan udara hangat dari luar kulkas.

Akibatnya, kompresor harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan suhu dingin di bagian dalam kulkas. Sehingga, kompresor membutuhkan banyak energi listrik demi menjaga kestabilan suhu tersebut.

Itulah sebabnya, Anda harus cermat mempertimbangkan kebutuhan ketika hendak membeli kulkas. Pilihlah kulkas yang kapasitasnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga tidak banyak ruang kosong yang tersisa ketika kulkas digunakan.

3. Meletakkan kulkas di dekat sumber panas

Posisi kulkas ternyata turut menentukan konsumsi listriknya. Meletakkan kulkas di dekat sumber panas seperti paparan sinar matahari langsung, kompor, microwave, atau rice cooker ternyata berisiko membuat konsumsi listrik kulkas makin boros. Hal tersebut dapat terjadi karena kulkas membutuhkan energi besar untuk menstabilkan suhu pada bagian dalamnya. Idealnya, kulkas diletakkan minimal 3 meter dari sumber panas agar kestabilan suhunya terjaga tanpa konsumsi listrik berlebihan.

4. Membiarkan kulkas menempel di dinding

Kulkas membutuhkan kapasitas ruangan yang memadai agar sirkulasi udaranya berlangsung lancar. Oleh sebab itu, kulkas tidak boleh dibiarkan menempel di dinding. Anda patut menyisakan ruang sebesar 15 hingga 20 cm di sekeliling kulkas sehingga pelepasan panas pada kulkas tidak terganggu. Sirkulasi udara kulkas yang lancar membuat konsumsi listrik berada dalam batas wajar.

5. Membuka pintu kulkas terlalu lama

Belum banyak orang yang menyadari kalau membuka pintu kulkas terlalu lama dapat menyebabkan konsumsi listrik semakin boros. Hal ini terjadi karena membuka pintu kulkas terlalu lama akan membuat hawa panas yang masuk ke bagian dalam kulkas jadi semakin banyak. Akibatnya, kompresor kulkas harus bekerja ekstra keras untuk kembali mendinginkan suhu kulkas. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan kalau membuka pintu kulkas terlalu lama dapat meningkatkan konsumsi listrik hingga 7%.

6. Membuka pintu kulkas terlalu sering

Apakah kulkas boros listrik meskipun Anda mengisinya secara wajar dan tidak membuka pintunya terlalu lama? Mungkin selama ini Anda sekeluarga masih sering melakukan kebiasaan buruk yang tidak disadari. Sama seperti kebiasaan membuka pintu kulkas terlalu lama, rupanya membuka pintu kulkas terlalu sering juga memicu pemborosan listrik. Kebiasaan membuka pintu kulkas terlalu sering membuat banyak hawa panas masuk ke kulkas. Akibatnya, komponen thermostat akan memaksa kompresor bekerja lebih keras kalau kulkas terlalu sering dibuka tutup hingga berujung pada pembengkakan konsumsi listrik.

7. Mengabaikan bunga es dalam freezer

Kemunculan bunga es pada freezer kulkas mengindikasikan bahwa sistem pendingin kulkas tersebut masih bekerja dengan baik. Namun, bunga es tidak boleh dibiarkan begitu saja karena rentan menutup jalur aliran udara dingin pada kulkas, sehingga konsumsi listrik jadi makin besar. Anda dapat memanfaatkan fitur defrost pada freezer atau membersihkan bunga es secara manual supaya aliran udara di dalam kulkas tetap lancar.

Tips Penggunaan Kulkas 2 Pintu agar Tidak Boros Listrik

Anda tak akan berurusan lagi dengan biaya listrik yang membengkak jika mengikuti beberapa tips berikut ini saat menggunakan kulkas 2 pintu:

1. Menetapkan suhu sesuai kebutuhan

Hal pertama yang patut Anda lakukan saat menggunakan kulkas 2 pintu adalah mengatur suhunya sesuai kebutuhan. Usahakan untuk tidak mengatur suhu kulkas terlalu dingin supaya kinerja kompresor tidak berlebihan hingga menyebabkan konsumsi listrik makin boros.

2. Mengatur isi kulkas secara cermat

Selanjutnya, Anda juga mesti lebih teliti mengatur isi kulkas 2 pintu. Kulkas 2 pintu boleh diisi penuh asalkan tidak melebihi kapasitas sampai pintunya sulit ditutup rapat. Alangkah lebih baik jika Anda mengelompokkan persediaan makanan dan minuman di kulkas berdasarkan jenis agar semakin rapi dan mudah dicari.

3. Menutup kulkas dengan rapat setelah membukanya

Salah satu kebiasaan baik yang harus dilakukan saat menggunakan kulkas 2 pintu adalah menutupnya dengan rapat. Jangan sampai pintu kulkas yang terbuka dalam waktu lama mengakibatkan peningkatan kinerja kompresor karena banyak udara panas masuk ke kulkas.

4. Menempatkan kulkas pada posisi yang tepat

Kulkas 2 pintu pasti awet dan performanya senantiasa maksimal jika Anda menempatkannya pada posisi yang tepat. Berikan ruang sebesar 15 cm hingga 20 cm di area sekeliling kulkas supaya tidak mengganggu proses sirkulasi udaranya. Di samping itu, Anda juga wajib menjauhkan kulkas dari sumber panas untuk menjaga kestabilan suhunya.

5. Tidak menyimpan makanan dan minuman yang masih panas

Makanan dan minuman panas sebaiknya tidak langsung disimpan dalam kulkas, sebab akan menyebabkan peningkatan kinerja kompresor. Kalau Anda sering menyimpan makanan dan minuman panas dalam kulkas, kemungkinan besar konsumsi listrik jadi semakin besar dan kulkas pun lebih cepat rusak. Diamkan makanan dan minuman panas beberapa saat di luar ruangan hingga uap panasnya hilang dan bisa disimpan di kulkas.

6. Membersihkan kulkas secara rutin

Proses membersihkan kulkas secara rutin tak hanya membantu menjaga kesegaran bahan pangan yang disimpan di dalamnya, tetapi juga meminimalkan konsumsi listrik berlebihan. Kondisi kulkas yang kotor berisiko menyumbat sistem aliran udara dingin sehingga kompresor harus bekerja keras mencapai suhu kulkas yang diinginkan. Idealnya, kulkas harus dibersihkan secara menyeluruh setiap 2 bulan sekali untuk menjaga performanya.

Gunakan Kulkas Multidoor AQR-IG745AM(GB) untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Anda!

Rasa penasaran Anda tentang apakah kulkas 2 pintu boros listrik atau tidak tentu kini sudah terjawab. Anda pun jadi tak ragu lagi mengandalkan kulkas 2 pintu untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Jika saat ini Anda berencana membeli kulkas yang kapasitasnya lebih besar, Aqua Japan dapat menjadi pilihan terbaik Anda.

Kulkas Multidoor AQR-IG745AM(GB) persembahan Aqua Japan siap memenuhi kebutuhan Anda. Beberapa keunggulan yang terdapat pada seri kulkas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.
  • T-Anti Bacteria: perlindungan maksimal dengan jaminan sertifikasi VDE yang terbukti 99% ampuh mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman berbahaya.
  • HCS – Humidity & Dry Zone: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol 90% kelembapan laci kulkas sehingga kelembapan alami sayuran buah-buahan tetap terjaga dan kesegarannya bertahan lebih lama. Sementara itu, Dry Zone memiliki saluran keluar udara independen yang dapat menghilangkan kelebihan uap air sehingga kelembapan terkontrol 45% lebih baik membuat penyimpanan makanan kering makin tahan lama.
  • Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.
  • Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan untuk keluarga hingga satu minggu.
  • Glass Door: bahan kaca berkualitas yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya bernuansa elegan.
  • Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.
  • 900 Auto Suspension: pintu lemari es dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang sehingga tangan bebas mengambil makanan.
  • Cold LED: penerangan dingin yang menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu saat menyala. Teknologi ini juga sangat efektif menerangi setiap sudut kulkas.
  • Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu sehingga Anda bisa menikmati minuman dingin sesering mungkin.

Anda tak akan kewalahan lagi menyimpan bahan pangan bila menggunakan kulkas multidoor AQR-IG745AM(GB) berkapasitas 658 liter dari Aqua Japan. Pertanyaan tentang apakah kulkas 2 pintu boros listrik jadi tak penting lagi, sebab Aqua Japan senantiasa menyiapkan teknologi terbaik yang membuat produknya jadi hemat listrik. Menyimpan dan menjaga kesegaran bahan makanan secara praktis di rumah tentu tak mustahil lagi.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003