Simak Cara Benar Mencuci Bantal di Mesin Cuci

Bantal adalah salah satu perlengkapan tidur yang kebersihannya sering luput dari perhatian. Banyak orang beranggapan bahwa mencuci sarung bantal secara teratur sudah cukup untuk menjaga kebersihan bantal. Padahal, bantal juga wajib dicuci secara rutin agar kebersihannya terjaga. Anda patut memahami cara mencuci bantal di mesin cuci dengan benar sehingga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Sebenarnya, cara cuci bantal dengan mesin cuci sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan proses mencuci pakaian. Jika Anda ingin mempelajari cara mencuci bantal boneka di mesin cuci atau jenis bantal lainnya, mari simak dulu ulasan berikut ini!

Seberapa Sering Bantal Harus Dicuci?

Sama seperti seprai dan selimut, bantal juga harus dicuci secara rutin supaya selalu bersih. Meskipun sudah dilapisi sarung bantal pada bagian luar, tetap saja bantal bisa kotor karena terkena debu, keringat, air liur, sel-sel kulit mati, ketombe, dan kotoran lainnya. Jadi, sebaiknya Anda mencuci bantal minimal 4 kali setahun atau lebih sering lagi bila bantal sudah terlihat kotor.

Apakah Semua Jenis Bantal Bisa Dicuci di Mesin Cuci?

Berbagai jenis material bantal seperti kapuk, kapas, serat sintetis, dan bulu angsa bisa dicuci di mesin cuci. Proses pencucian sebaiknya dilakukan dengan mode lembut dan menggunakan air hangat supaya bantal kembali bersih maksimal tanpa merusak teksturnya. Di samping itu, Anda hanya perlu menyiapkan sepertiga takaran detergen saja untuk membersihkan bantal sampai tuntas.

Sebelum melakukan cara mencuci bantal di mesin cuci, Anda patut memperhatikan label petunjuk perawatan pada bantal. Sebab, sebagian material bantal lainnya seperti lateks dan memory foam tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Proses pembersihan dua material bantal tersebut sebaiknya dilakukan dengan teknik kering (mengandalkan vacuum cleaner) atau mengelapnya dengan kain yang sudah dicelupkan dalam larutan air sabun ringan.

Bagaimana Cara Mencuci Bantal di Mesin Cuci yang Benar?

Cara cuci bantal dengan mesin cuci yang benar bisa dipraktikkan melalui beberapa langkah berikut ini:

  • Lepaskan sarung bantal dari bantal. Tahap pertama ini tetap harus dilakukan meskipun Anda ingin mencuci bantal dan sarungnya secara bersamaan. Karena sarung yang melapisi bantal akan membuat proses pencucian terhambat sehingga bantal kurang bersih.
  • Masukkan sepertiga takaran detergen dari takaran normal yang biasa Anda gunakan saat mencuci pakaian. Jika memungkinkan, gunakan detergen cair yang membersihkan secara efektif tanpa meninggalkan residu pada permukaan bantal.
  • Pilihlah siklus pencucian lembut dan penggunaan air hangat (bila ada). Air hangat sangat ampuh membersihkan bantal hingga ke bagian terdalam.
  • Bila kondisi bantal sangat kotor dan air hasil bilasannya masih keruh, sebaiknya Anda mengulangi pencucian dengan siklus lembut sekali lagi. Pencucian ulang sangat penting untuk menyingkirkan kotoran pada bantal secara maksimal.
  • Jika memungkinkan, pilih siklus pembilasan kedua untuk memastikan bahwa bantal benar-benar bersih dari sisa sabun. Namun, Anda bisa menunggu hingga proses pencucian selesai sebelum mengulangi pembilasan bila mesin cuci Anda tidak dilengkapi fitur pembilasan kedua.
  • Keringkan bantal hingga kondisinya menjadi lembap tanpa disertai tetesan air.
  • Kalau bantal sudah benar-benar kering, Anda bisa menepuk-nepuknya agar teksturnya kembali seperti semula lalu menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pancaran sinar matahari akan mengeringkan bantal sekaligus membuatnya jadi higienis.

Kapan Bantal Harus Diganti?

Proses pencucian bantal tidak selalu berhasil membuatnya kembali bersih bila bantal sudah terlalu lama digunakan. Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa bantal Anda harus lekas diganti adalah sebagai berikut:

  • Tampilan bantal sangat kusam dan dipenuhi noda.
  • Bantal mengeluarkan bau aneh meskipun sudah dicuci sampai benar-benar bersih.
  • Elastisitasnya menurun drastis sehingga bentuknya tidak bisa kembali ketika ditekuk.
  • Tekstur bantal sangat kempes dan tipis.
  • Anda sering mengalami gangguan kesehatan ketika menggunakan bantal tersebut, misalnya sakit kepala, bangun dengan leher yang kaku, bersin dan hidung tersumbat.

Bantal yang digunakan terlalu lama dan sangat jarang dicuci akan menjadi sarang tungau debu dan tempat perkembangbiakan jamur. Itulah sebabnya penggunaan bantal yang kotor bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

Jika kondisi bantal Anda sudah benar-benar tidak layak dipakai lagi, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru. Kemudian, pelajari cuci bantal dengan mesin cuci supaya Anda bisa melakukannya secara teratur di rumah. Mesin cuci kesayangan yang dilengkapi fitur-fitur canggih akan membantu Anda mencuci bantal secara praktis dan cepat.

Kini, AQUA Elektronik Indonesia telah menyiapkan mesin cuci front load tipe FQW-120876QD untuk mendukung aktivitas mencuci Anda di rumah. Seri mesin cuci berkapasitas 12 kg ini dilengkapi berbagai fitur canggih, antara lain:

525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian tak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.

Direct Motion Motor: hemat energi hingga 50% dengan motor yang stabil dan tidak berisik.

UV Protect: membunuh bakteri hingga 99,9% sehingga ampuh menjaga pakaian Anda dari bakteri berbahaya.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.

Pillow Drum: drum kreatif berbentuk bantal yang dapat merawat kain dan menghindari risiko keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal berfungsi mengurangi abrasi dan mendukung perawatan pakaian paling lembut.

Drum Light: lampu interior drum yang membuat Anda leluasa mengeluarkan cucian dengan mudah tanpa meninggalkan apa pun di dalam drum.

I-time: memungkinkan Anda memilih waktu pencucian hanya dengan satu tombol.

Kehadiran mesin cuci AQUA Elektronik Indonesia front load tipe FQW-120876QD di rumah akan mempermudah rutinitas mencuci Anda. Proses mencuci bantal, pakaian, atau perlengkapan lainnya jadi makin mudah jika Anda mengandalkan mesin cuci AQUA Elektronik Indonesia. Yuk, kunjungi official store AQUA Elektronik Indonesia untuk tahu lebih lanjut seputar mesin cuci terbaik ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003