Yuk, Kenali Manfaat dan Fungsi Televisi

menonton tv bersama

Tahukah Anda? Televisi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu gabungan dari kata “tele” yang berarti “jauh” dan “visi” yang berarti “gambar”. Pada intinya, fungsi televisi adalah untuk menampilkan visual dalam bentuk gambar dan suara, yang disiarkan dari jarak yang jauh.

Televisi merupakan media massa yang bersifat konvensional. Fungsi utama televisi saat ini adalah menyampaikan informasi ke khalayak luas. Salah satu karakteristik utama dari media massa ini adalah bersifat satu arah. Karena hanya bisa menghantarkan pesan, tanpa memberi feedback (umpan balik). Nah, selain fungsi utama di atas, ternyata televisi juga memiliki beberapa fungsi tambahan. Apa saja itu? yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Berbagai Fungsi Televisi

Fungsi utama televisi saat ini telah mengalami berbagai perkembangan. Berikut fungsi-fungsi televisi yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai media informasi dan pengawasan

Fungsi utama televisi adalah sebagai media penyampaian informasi. Hal ini karena televisi mampu mengolah dan memproses informasi yang berasal dari berbagai penjuru dunia, lalu menampilkannya dalam bentuk audio visual.

Di samping itu, televisi juga dapat berperan sebagai media pengawasan dengan memberikan informasi tentang peristiwa yang tidak menyenangkan, seperti wabah penyakit, bencana alam, dan sejenisnya kepada masyarakat secara luas.

2. Sebagai media hiburan

Fungsi ini mungkin yang paling populer selain sebagai media informasi. Banyak orang menyalakan televisi untuk mencari hiburan, baik dalam bentuk film, serial, program musik, pertunjukan, dan lain sebagainya.

3. Sebagai media edukasi

Selain menyajikan hiburan, televisi juga bisa menjadi media pendidikan. Melalui berbagai tayangan yang kaya akan informasi, edukatif, dan bernilai moral serta pengetahuan, televisi menyediakan sumber pembelajaran yang dapat diakses oleh khalayak luas di mana pun mereka berada.

4. Sebagai media pengendalian sosial

Fungsi televisi yang lain adalah sebagai media pengendalian sosial. Melalui berbagai informasi dari televisi, Anda dapat memperoleh pemahaman tentang kehidupan sosial di suatu negara dan membandingkan perbedaan kehidupan sosial yang ada di masyarakat dari berbagai negara.

5. Manfaat Televisi

Karena fungsi utama televisi saat ini telah berkembang sangat pesat, manfaat yang didapat dari televisi pun kian beragam. Berikut beberapa contohnya.

6. Sarana relaksasi

Banyak orang mengandalkan televisi sebagai sarana relaksasi. Ketika sedang lelah atau penat, Anda dapat menyalakan televisi untuk mengalihkan perhatian dari perasaan-perasaan negatif itu. Tayangan di televisi dapat mengubah suasana hati Anda hingga menjadi lebih tenang dan relaks.

7. Lebih update dengan informasi dan berita terkini

Informasi yang disiarkan melalui televisi memang sangat beragam, mulai dari berita politik, kejahatan, bencana alam, hingga kabar dan gosip artis. Bila Anda tidak ingin ketinggalan informasi terkini, maka Anda dapat mengandalkan televisi untuk selalu update dengan berita terkini.

8. Sarana hobi

Bagi Anda yang suka menonton dan bermain game, wajib hukumnya untuk memiliki televisi. Sebab perangkat elektronik ini dapat memaksimalkan pengalaman Anda dalam menekuni hobi tersebut.

9. Menambah pengetahuan

Banyak sekali informasi mengenai berbagai bidang yang bisa Anda dapatkan dari televisi. Itu sebabnya, televisi dapat menjadi referensi untuk menambah pengetahuan mengenai bidang tertentu ataupun fenomena menarik lainnya.

Nonton Lebih Seru dengan Televisi AQT55S900UX

Pengalaman menonton televisi bisa terasa lebih seru dan menyenangkan bila Anda menggunakan perangkat yang tentu saja canggih. Seperti televisi AQT55S900UX persembahan dari AQUA Elektronik ini, yang bukan sekadar televisi biasa.

Televisi AQT55S900UX adalah smart TV yang berukuran 55 inci. Televisi ini dilengkapi teknologi kecerdasan buatan yang mencakup QLED, Google TV, MEMC 120Hc mengintegrasikan segala keunggulan fitur ponsel pintar ke dalam layar televisi yang lebih besar.

Fitur Google TV memungkinkan Anda untuk bisa mengunduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play. Dan nikmati di layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda.

Pengalaman menonton dan bermain game jadi kian maksimal karena televisi ini dilengkapi fitur QLED yang menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol secara tepat setiap warna yang keluar. Ditambah lagi dengan MEMC 120Hz yang meningkatkan kejernihan gambar, mengurangi blur di setiap gerakan, dan gambar yang berbayang.

Lalu, fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Kenyamanan menonton makin maksimal karena televisi AQT55S900UX dilengkapi Hands-free Voice Control. Jangan biarkan jarak jauh menghalangi. Katakan saja, dan Anda akan melihatnya. Cukup ucapkan "Hai Google" ("Ok Google") untuk memulai.

Jadi, tunggu apa lagi? Rasakan pengalaman menonton yang seru dan menyenangkan dengan televisi AQT55S900UX! Kunjungi Official StoreAQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003