Waspada, Selang Pembuangan Mesin Cuci yang Bermasalah Bisa Sebabkan Kebocoran

mesin cuci dan selangnya

Aktivitas membereskan rumah setiap hari kini semakin mudah dengan dukungan peralatan elektronik berteknologi canggih, salah satunya yaitu mesin cuci. Jika sudah memiliki mesin cuci, Anda tentu tak akan kerepotan mengurus cucian kotor yang menumpuk. Tinggal memasukkan pakaian ke mesin cuci dan melakukan pengaturan pengoperasian, maka proses pencucian akan dimulai. Mulai sekarang, Anda harus cermat merawat mesin cuci kesayangan agar tidak mudah rusak. Jangan lalai memperhatikan kualitas setiap komponen mesin cuci, termasuk selang mesin cuci.

Apa itu Selang Mesin Cuci?

Selang mesin cuci adalah komponen yang berfungsi sebagai saluran pembuangan sehingga air kotor dari hasil pencucian bisa langsung dialirkan ke luar sebelum digantikan dengan air bersih. Fungsi tersebut membuat komponen ini juga dikenal dengan sebutan selang pembuangan mesin cuci. Keberadaan selang mesin cuci sangat penting untuk mendukung aktivitas pencucian secara keseluruhan. Oleh sebab itu, kualitas selang mesin cuci harus terjaga dengan baik supaya proses pencucian dapat berlangsung lancar.

Kerusakan Selang: Salah Satu Biang Keladi Kebocoran Mesin Cuci

Kebocoran merupakan masalah yang paling sering dialami pengguna mesin cuci. Jika mesin cuci bocor, proses pencucian tentu tidak bisa berlangsung maksimal bahkan berisiko membuat mesin cuci mati total atau memicu korsleting listrik. Salah satu penyebab utama kebocoran tersebut adalah kerusakan selang mesin cuci. Kebocoran pada selang mengakibatkan proses pembuangan air terhambat bahkan hingga tumpah ke bagian luar mesin cuci. Selain gangguan pada selang mesin cuci, kebocoran juga bisa dipicu faktor lainnya, seperti peletakan mesin cuci pada posisi miring, kerusakan karet pada gear box, atau pintu mesin cuci bukaan depan tidak ditutup rapat saat memulai proses pencucian.

Berbagai Penyebab Kerusakan Selang Pembuangan Mesin Cuci

Beberapa hal yang rentan menyebabkan kerusakan pada selang mesin cuci adalah sebagai berikut:

1. Selang tidak terpasang dengan benar

penyebab ini kerap dialami ketika mengganti selang mesin cuci dengan yang baru. Bila selang pembuangan tidak terpasang dengan benar, air akan bocor dan tidak mengalir dengan benar ke tempat yang sudah disiapkan.

2. Gangguan hama

kemunculan hama berupa tikus kerap menjadi penyebab selang pembuangan mesin cuci bocor. Hal ini bisa terjadi karena tikus menggigit bagian-bagian tertentu pada selang sehingga selang yang bolong tidak dapat berfungsi maksimal hingga berujung pada kebocoran.

3. Usia mesin cuci

semakin panjang usia mesin cuci, maka semakin rentan pula kerusakan yang terjadi pada setiap komponennya. Penggunaan mesin cuci selama bertahun-tahun bisa membuat selang atau katupnya jadi rapuh bahkan pecah hingga tidak bisa digunakan lagi.

4. Katup selang mesin cuci sudah kotor

kondisi katup (seal drain valve) mesin cuci yang kotor juga berisiko membuat air terus-menerus keluar meski knop pembuangan sudah ditutup. Kotoran yang menumpuk pada katup membuatnya tidak dapat tertutup rapat sehingga air mengalir tanpa henti.

Cara Mengatasi Kebocoran Selang Pembuangan Mesin Cuci

Masalah kebocoran selang mesin cuci tak boleh dibiarkan berlarut-larut karena mengganggu proses pencucian dan membuat mesin cuci lebih cepat rusak. Namun, Anda tak perlu panik jika selang mesin cuci menunjukkan tanda-tanda kebocoran. Lakukan beberapa hal ini supaya selang pembuangan tersebut tidak bocor lagi:

1. Memasang selang baru

masalah kebocoran selang mesin cuci akibat usia atau gangguan hama dapat diatasi dengan memasang selang baru. Anda wajib membeli selang baru yang sesuai dengan tipe mesin cuci. Kemudian, lakukan proses pemasangan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa tidak ada bagian selang yang bocor ketika dialiri air.

2. Membersihkan katup selang mesin cuci

jika kebocoran disebabkan katup selang mesin cuci tersumbat kotoran, Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan katup tersebut. Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan knop pembuangan sudah berada dalam posisi tertutup. Kemudian, bukalah tutup di bagian belakang mesin cuci menggunakan obeng. Buka tali pengait lalu buka tutup drain valve. Jika tutupnya sulit dibuka, Anda dapat menggunakan kunci pas atau tang dengan memutarnya ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam). Tutup drain valve yang sudah dibuka membuat Anda bisa melihat kotoran yang menumpuk pada komponen tersebut. Bersihkan seluruh kotoran sampai tuntas supaya kebocoran tidak terulang lagi. Kalau proses pembersihan sudah selesai, pasang kembali drain valve pada posisi yang benar lalu tutup bagian belakang mesin cuci agar kembali rapat.

3. Mengganti katup yang rusak

selain disebabkan katup tersumbat kotoran, kondisi katup yang sudah rusak (getas atau sobek) juga memicu kebocoran mesin cuci. Bila Anda menemukan kondisi katup yang mulai rusak, sebaiknya Anda lekas menggantinya dengan yang baru untuk mengembalikan kondisi mesin cuci seperti semula.

Kebocoran selang mesin cuci memang masih bisa diatasi supaya tidak mengganggu proses pencucian. Namun, masalah lainnya yang lebih parah biasanya membutuhkan biaya besar dan proses perbaikan yang lebih rumit. Alangkah lebih baik jika Anda memutuskan membeli mesin cuci baru yang berteknologi canggih untuk menggantikan mesin cuci lama yang mulai rusak.

Salah satu produk unggulan Aqua Japan yang cocok untuk Anda adalah Mesin Cuci Aqua Japan Front Load seri FQW-1050BF 10.5kg Super Wash Series. Mesin cuci terbaik di kelasnya ini dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti diameter drum yang lebih luas (525 mm), teknologi eco inverter yang membuat suaranya lebih halus, dual spray pada akhir proses pencucian untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal, perawatan Anti Bakteri Eksklusif (ABE) yang telah lolos uji VDE serta teknologi steam yang menghasilkan uap disinfektan super penghilang 99,9% bakteri.

Kapasitas Mesin Cuci Front Load FQW-1050BF mencapai 10,5 kg sehingga membuat pencucian berlangsung efisien dalam satu kali proses. Rasakan pengalaman mencuci yang lebih praktis dengan hasil efisien bersama mesin cuci Aqua Japan yang satu ini.

Referensi:

  • artikel.rumah123.com/cara-memperbaiki-mesin-cuci-bocor-bisa-dilakukan-dari-rumah-dengan-mudah-104502
  • kompas.com/homey/read/2021/01/15/212200476/kenapa-mesin-cuci-bocor-ini-penyebabnya?page=all
  • republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/19/08/27/pwvgmc19000-tips-memperbaiki-mesin-cuci-yang-tidak-bisa-mengeluarkan-air

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003