Apa yang Menyebabkan Pengering Mesin Cuci Front Load Tidak Bekerja?

mesin cuci front load

Masalah cucian basah yang tidak kunjung kering karena keterbatasan sinar matahari memang mengkhawatirkan. Baju yang berada dalam kondisi basah berhari-hari rentan ditumbuhi jamur dan baunya jadi tak sedap. Namun, Anda tak perlu resah karena masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan pengering mesin cuci.

Fungsi pengeringan yang disertakan pada mesin cuci membuat kadar air pada pakaian berkurang drastis usai dicuci. Hal ini membuat baju jadi lekas kering ketika dijemur meskipun tidak terkena sinar matahari. Sebaiknya Anda mengetahui cara kerja pengering mesin cuci dan penyebab pengering mesin cuci tidak berputar agar bisa mengatasinya dengan tepat saat mengalami kendala tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Pengering Mesin Cuci?

Pengering mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu mengandalkan gaya sentrifugal untuk memisahkan air dari pakaian. Ketika pakaian sudah bersih dari busa dan sisa deterjen, mesin cuci 1 tabung akan langsung memulai proses pengeringan secara otomatis.

Drum pada mesin cuci akan berputar secara kencang sehingga menghasilkan gaya sentrifugal yang memisahkan air dan pakaian. Air akan berpindah dari sisi dalam drum lalu mengalir ke saluran pembuangan sehingga kadar air pada pakaian berkurang. Jika proses pengeringan sudah selesai, Anda bisa langsung mengangkat pakaian dari mesin cuci lalu menjemurnya hingga kering sempurna.

Selain gaya sentrifugal, ada pula pengering yang menggunakan energi termal. Jenis pengering ini bukanlah komponen mesin cuci 1 tabung melainkan mesin pengering khusus yang biasanya digunakan di laundry profesional. Drum berisi pakaian basah akan diisi uap bersuhu 1200 hingga 1550 C dengan tekanan tinggi sehingga pakaian tidak hanya lekas kering tetapi juga jadi lebih higienis.

Berbagai Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Penggunaan mesin cuci bukaan depan (front load) memang sangat praktis karena proses pengeringan dilakukan secara otomatis saat pencucian selesai. Namun, bukan berarti penggunaan mesin cuci jenis ini selalu mulus tanpa kendala. Ada beberapa penyebab pengering mesin cuci tidak berputar yang rentan terjadi dan patut Anda waspadai, antara lain:

1. Pintu mesin cuci tidak tertutup sempurna

masalah kecil yang satu ini ternyata juga bisa membuat pengering mesin cuci tidak berputar. Sebab ada beberapa tipe mesin cuci yang baru dapat dioperasikan jika pintunya tertutup sempurna. Oleh sebab itu, Anda harus merawat pintu mesin cuci secara seksama. Jangan sampai ada debu atau kotoran lain yang menempel pada pintu hingga menghambat kinerja mesin cuci.

2. Jumlah pakaian terlalu banyak

kapasitas muatan mesin cuci tak boleh diabaikan karena dapat mempengaruhi kinerja mesin cuci, termasuk proses pengeringan. Salah satu penyebab pengering mesin cuci tidak berputar yang paling sering terjadi adalah jumlah pakaian melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Jadi, usahakan untuk tidak mencuci pakaian dengan jumlah berlebihan supaya proses pengeringan berlangsung lancar.

3. Kerusakan tali rem pengering

komponen rem pengering berperan penting agar dinamo yang berputar dapat berhenti secara konstan. Tali rem yang putus akan membuat dinamo tidak bisa berputar sehingga fungsi pengeringan pada mesin cuci jadi terganggu.

4. Dinamo mesin rusak

selain kerusakan tali rem pengering, kondisi dinamo mesin yang rusak juga turut membuat pengering tidak berfungsi.

5. Tenaga kapasitor melemah

jika tenaga kapasitor sudah melemah, maka kinerja pengering mesin cuci akan terhambat hingga akhirnya tidak bisa berputar sama sekali. Masalah yang sama juga bisa terjadi jika kapasitor terbakar.

6. Timer pengering rusak

kerusakan timer pengering dapat terjadi karena mesin cuci sudah digunakan sejak lama sehingga komponen pegasnya menjadi getas. Di samping itu, risiko timer pengering rusak juga semakin besar bila komponen dalam mesin cuci kerap diganggu semut dan kecoa.

Cara Mengatasi Kerusakan Pengering Mesin Cuci

Jangan panik dulu bila pengering mesin cuci Anda sedang rusak. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar pengering kembali berfungsi seperti sedia kala:

  • Membersihkan pintu mesin cuci secara cermat. Pastikan kalau tidak ada kotoran, debu, atau kain yang tersangkut pada pintu mesin cuci sebab hal tersebut bisa menghambat kinerja pengering.
  • Mengurangi jumlah pakaian yang akan dikeringkan. Angkatlah sebagian pakaian kemudian lanjutkan proses pengeringan seperti biasa. Kalau pengering kembali berfungsi dengan normal setelah sebagian pakaian diangkat, berarti penyebab pengering mesin cuci tidak berputar adalah kelebihan muatan.
  • Mengganti komponen mesin cuci yang rusak, seperti tali rem, kapasitor, dinamo, atau timer supaya pengering kembali berfungsi dengan lancar.

Kalau Anda berniat mengganti mesin cuci dengan yang baru karena mesin cuci lama sering rusak, maka kamu harus menentukan pilihan dengan cermat. Salah satu pilihan mesin cuci yang bisa jadi andalanmu adalah mesin cuci Aqua Japan Front Load FQW-120876QD 12kg Super Wash Series. Tipe mesin cuci Aqua Japan ini dilengkapi beberapa fitur istimewa yang membuat proses pencucian berlangsung maksimal, yaitu:

  • 525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan pakaian dalam jumlah banyak. Sehingga pakaian tidak kusut karena terlilit dan jadi bersih sempurna.
  • Direct Motion Motor: menghemat energi hingga 50% dengan teknologi motor yang tidak berisik dan stabil.
  • UV Protect: mampu membunuh 99,9% bakteri.
  • Dual Spray: menghilangkan residu deterjen pada karet gasket sehingga ruang mesin cuci selalu bersih.
  • I-time: memberikan pilihan untuk memilih waktu pencucian hanya dengan satu tombol.

Keistimewaan mesin cuci Aqua Japan Front Load FQW-120876QD 12kg Super Wash Series akan membuat proses mencuci dan mengeringkan pakaian berlangsung praktis. Kapasitasnya yang super besar juga membuat Anda lebih hemat waktu ketika mencuci pakaian. Mari memilih varian mesin cuci Aqua Japan yang satu ini dan melakukan perawatan yang tepat supaya awet dan performanya senantiasa prima.

Referensi:

  • artikel.rumah123.com/cara-memperbaiki-pengering-mesin-cuci-tidak-berputar-jangan-lupa-cari-tahu-penyebabnya-98860
  • 99.co/blog/indonesia/cara-memperbaiki-pengering-mesin-cuci/
  • kompas.com/homey/read/2021/05/04/154000276/ragam-penyebab-pengering-mesin-cuci-tidak-mau-berputar?page=all
  • hipwee.com/tips/cara-memperbaki-pengering-mesin-cuci/

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003