Apakah Tubuh Anda Alami Alergi Cuaca? Waspadai Ciri-cirinya!

Kondisi alergi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya cuaca. Terdapat sebagian orang yang alergi terhadap cuaca tertentu, seperti misalnya udara dingin. Apakah ciri-ciri alergi cuaca sama dengan kondisi alergi yang lain?

Alergi cuaca bisa terjadi saat seseorang terpapar oleh udara dingin atau bisa juga karena angin. Kenapa angin? Karena pada angin biasanya terdapat debu yang kemudian memicu timbulnya gejala alergi.

Anda mungkin sudah tahu beberapa gejala alergi yang cukup umum, seperti gatal-gatal, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Nah, ternyata ciri-ciri alergi cuaca berbeda dengan gejala alergi yang umum tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas seperti apa ciri-ciri alergi cuaca, simak penjelasannya berikut!

Timbul Urtikaria

Urtikaria atau bercak merah bisa timbul saat orang yang alergi cuaca atau udara dingin terpapar alergen tersebut. Awalnya, bercak ini muncul di bagian tertentu tubuh, namun bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Ciri-ciri alergi cuaca ini biasanya disertai rasa gatal yang menyebar.

Mengalami Angioedema

Angioedema adalah kondisi bengkak pada jaringan dalam tubuh. Kadang diikuti dengan rasa terbakar atau nyeri. Jika kondisi bengkak disertai penurunan tekanan darah, Anda patut waspada karena bisa memicu pusing atau gejala lanjutan yang lebih serius.

Penyempitan Pembuluh Darah

Sebagian orang merasakan reaksi ini ketika mengalami alergi cuaca. Gejala ini ditandai dengan penyempitan pembuluh darah yang berat pada tangan dan kaki. Akibatnya, kadar oksigen di tubuh menurun sehingga bagian kulit tersebut menjadi putih dan terasa nyeri.

Asma

Ciri-ciri alergi cuaca yang lain adalah asma. Gejala awalnya ditandai dengan rasa sesak dan penyempitan saluran napas. Reaksi ini bisa muncul saat Anda menghirup udara dingin atau terpapar angin dingin.

Demam dan Hidung Berair

Demam merupakan reaksi alamiah tubuh yang menandakan sedang terjadi peradangan akibat pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu berbagai gejala alergi. Gejala ini biasanya muncul sekitar 30 menit setelah Anda terpapar suhu dingin. Sementara, kondisi hidung berair ditandai dengan bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Tips Lindungi Diri dari Alergi Cuaca

Saat alergi menyerang, Anda tentu jadi tidak bisa mengerjakan aktivitas dengan nyaman. Kabar baiknya, alergi dapat dicegah. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari alergi cuaca.

Hindari kontak dengan penyebab alergi

Faktor yang memicu alergi disebut alergen. Cara utama untuk mencegah timbulnya reaksi alergi adalah dengan menghindari alergen atau penyebabnya.

Misalnya, Anda termasuk alergi cuaca dingin. Maka, sebaiknya Anda mengkondisikan diri supaya tidak kedinginan atau terpapar udara dingin. Caranya bisa dengan mengenakan baju hangat serta tidak menyalakan AC atau kipas angin. Atau, Anda bisa tetap menyalakan AC, tapi ikuti cara agar AC tidak terlalu dingin.

Lakukan Pengobatan

Bila reaksi alergi cuaca sudah muncul, Anda dapat mengonsumsi obat antialergi untuk menghilangkan ciri-ciri alergi cuaca secara cepat. Umumnya, obat untuk mengatasi gejala alergi adalah obat antialergi golongan antihistamin H-1. Sementara, untuk reaksi alergi yang lebih berat, bisa jadi perlu konsumsi obat antialergi golongan kortikosteroid.

Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui obat mana yang cocok untuk mengatasi reaksi alergi yang Anda rasakan. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya efek samping yang tak diinginkan akibat konsumsi obat yang tidak tepat.

Ganti AC

Alergi cuaca juga bisa disebabkan oleh udara yang diembuskan AC. Hal ini bisa terjadi bila AC sudah lama tidak dibersihkan sehingga terdapat banyak debu pada udara yang dikeluarkan. Supaya reaksi alergi tidak timbul lagi, sebaiknya Anda mengganti AC dengan unit yang memiliki fitur elektrostatik yang dapat mengumpulkan debu mikroskopis yang berbahaya. Dengan begitu, kualitas udara yang diembuskan oleh AC pun lebih bersih.

AC Inverter AQA-KCRV10WXW Hadirkan Udara Bersih, Sehat, dan Bebas Virus

AC modern tak hanya menghasilkan udara sejuk. Kini ada AC yang dilengkapi fitur khusus untuk menghasilkan udara yang sejuk sekaligus bersih dan bebas dari virus maupun bakteri.

Contohnya AC Inverter AQA-KCRV10WXW persembahan dari AQUA Elektronik. AC dengan teknologi Inverter ini memiliki keunggulan tersendiri karena dilengkapi fitur UVC Sterilization yang membuat udara bersih dan sehat bebas virus dan bakteri. Dengan menggunakan AC ini, Anda dan keluarga dapat lebih tenang menikmati kesejukan di rumah karena fitur UVC Sterilization memberikan perlindungan dari COVID-19.

Anda juga tak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati kesejukan yang diembuskan AC Inverter dengan sertifikat tingkat hemat bintang 5 (tertinggi) ini. Sebab ada fitur Turbo Cooling yang dapat menghasilkan level suhu yang Anda pilih hanya dalam waktu 5 menit saja. Penggunaan energi pada AC ini pun dapat Anda atur sesuai keinginan berkat fitur Eco Mode, yaitu 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160W untuk 1/2 pk.


Nah, tunggu apa lagi? Segera dapatkan AC Inverter yang hemat daya ini! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003