Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mencuci Jaket Waterproof yang Benar!

Jaket waterproof merupakan salah satu jenis pakaian yang wajib dimiliki semua orang karena fungsinya penting untuk melindungi tubuh dari hujan. Anda tak perlu khawatir akan basah kuyup ketika hujan bila menggunakan jaket waterproof berkualitas. Kalau Anda sudah mempunyai pakaian luar tersebut, maka Anda juga mesti memahami cara mencuci jaket waterproof yang benar agar selalu awet dan nyaman dipakai.

Faktanya, cara cuci jaket waterproof tidak rumit asalkan Anda sudah terbiasa melakukannya secara cermat. Ulasan lengkap berikut ini akan menambah wawasan Anda tentang tips mencuci jaket waterproof yang efektif sekaligus praktis.

Cara Mencuci Jaket Waterproof dengan Tangan (Manual)

Proses pencucian jaket waterproof dapat dilakukan secara manual menggunakan tangan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mulailah dengan merendam jaket waterproof dalam air yang sudah ditambahkan sedikit detergen cair. Proses pertama ini penting untuk menghilangkan noda yang melekat pada jaket.
  • Selanjutnya, jangan lupa memeriksa seluruh bagian jaket untuk mengidentifikasi noda pada permukaannya. Tuangkan sedikit detergen cair pada bagian jaket yang bernoda lalu gosok secara perlahan-lahan dengan sikat berbulu halus.
  • Jika noda sudah hilang, rendam kembali jaket ke dalam campuran air dan detergen cair kemudian sikat seluruh bagiannya.
  • Siapkan ember lain berisi air bersih untuk membilas jaket sehingga sisa detergen lekas hilang. Proses pembilasan bisa dilakukan beberapa kali agar jaket waterproof benar-benar bersih.
  • Jemur jaket waterproof yang sudah selesai dicuci tanpa memerasnya terlebih dahulu. Letakkan jaket tersebut di tempat yang berangin tetapi tidak terkena matahari langsung. Paparan sinar matahari yang berlebihan dalam waktu lama berisiko merusak tekstur dan memudarkan warna jaket.

Cara Cuci Jaket Waterproof dengan Mesin Cuci

Beberapa langkah yang patut Anda lakukan bila ingin mencuci jaket waterproof dengan mesin cuci, yaitu:

  • Periksa terlebih dahulu label perawatan yang tertera pada jaket waterproof untuk memastikan bahwa jaket Anda dapat dicuci dengan mesin cuci.
  • Kalau jaket waterproof bisa dibersihkan dengan mesin cuci, Anda bisa lekas membasahi jaket tersebut dengan air sambil memeriksa bagian jaket yang bernoda. Tuangkan sedikit detergen cair pada bagian yang bernoda lalu gosok dengan sikat berbulu halus hingga nodanya hilang.
  • Masukkan jaket waterproof ke dalam mesin cuci lalu tuangkan detergen air. Jika menggunakan mesin cuci dua tabung, Anda harus memasukkan air secara manual. Sebaliknya, pengaturan level air bisa dilakukan secara otomatis pada mesin cuci satu tabung (bukaan atas maupun bukaan depan).
  • Pilihlah mode pencucian lembut jika Anda menggunakan mesin cuci satu tabung. Sementara itu, Anda bisa memilih durasi pencucian paling singkat (kurang lebih lima menit) jika menggunakan mesin cuci dua tabung. Mesin cuci satu tabung akan melakukan pengeringan jaket secara otomatis, sedangkan mesin cuci dua tabung mengharuskan Anda membilas jaket beberapa kali secara manual sebelum memindahkannya ke tabung pengering.
  • Tahap penjemuran jaket waterproof yang dicuci dengan mesin cuci sama seperti pencucian manual, jemurlah jaket di tempat yang berangin tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Tips Merawat Jaket Waterproof supaya Tahan Lama dan Terlihat Seperti Baru

Selain mempelajari cara mencuci jaket waterproof yang benar, Anda juga harus memahami beberapa tips perawatan yang tak kalah penting seperti berikut ini:

  • Usahakan untuk tidak menyimpan benda-benda tajam di saku jaket waterproof, seperti gunting, pisau, atau paku. Tekstur jaket waterproof lebih tipis dibandingkan jaket biasa sehingga rentan robek jika terkena benda-benda tajam. Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan cara memeriksa seluruh saku jaket secara teliti sebelum memulai proses pencucian.
  • Lepaskan seluruh ritsleting dan tali jaket supaya bagian dalam jaket bisa dicuci hingga bersih maksimal.
  • Gunakan selalu air dingin untuk mencuci jaket waterproof sebab suhu air yang terlalu panas berisiko merusak serat jaket dan membuat warnanya gampang pudar.
  • Prioritaskan penggunaan detergen cair ketika mencuci jaket waterproof. Sebab detergen bubuk rentan meninggalkan residu yang merusak serat jaket.
  • Hindari menyetrika jaket waterproof karena karakteristik bahan jaket tersebut berbeda dengan jaket biasa. Menyetrika jaket waterproof hanya akan membuat teksturnya berkerut dan menyusut.
  • Jangan menyemprotkan parfum pada jaket waterproof karena kandungan bahan kimia dalam parfum justru berisiko merusak jaket. Anda hanya perlu menjemur jaket sampai kering sempurna supaya wangi detergen cair melekat kuat dan tahan lama pada jaket tersebut.

Kalau saat ini Anda merasa kerepotan mencuci jaket waterproof dan pakaian lainnya secara manual, mungkin sudah waktunya Anda memiliki mesin cuci satu tabung. Kini, AQUA Elektronik Indonesia menyiapkan MESIN CUCI FRONT LOAD FQD-1050BF untuk mempermudah proses pencucian pakaian di rumah. Mesin cuci bukaan depan tersebut memiliki beragam fitur canggih sebagai berikut:

525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian tak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.

Pillow Drum: drum kreatif berbentuk bantal yang berfungsi merawat sekaligus menghindari keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal juga mengurangi abrasi dan efektif memberikan perawatan untuk tekstur pakaian paling lembut.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Sensor Dry: fitur yang dapat mengidentifikasi tingkat kelembapan dalam drum sehingga bisa menghentikan siklus pengeringan ketika tingkat kekeringan sudah tercapai secara optimal. Manfaat Sensor Dry akan mencegah pakaian Anda dari risiko kurang kering atau terlalu kering.

Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Jangan biarkan aktivitas mencuci pakaian menyita waktu dan tenaga Anda secara berlebihan. Mari gunakan MESIN CUCI FRONT LOAD FQD-1050BF persembahan AQUA Elektronik Indonesia supaya kegiatan mencuci makin praktis dan menyenangkan. Anda bisa mendapatkan produk terbaik AQUA hanya di official store AQUA Elektronik Indonesia.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003