Freezer Kulkas Bocor? Ini Penyebab hingga Cara Memperbaikinya!

Perangkat elektronik yang rusak parah memang terasa merepotkan, apalagi jika elektronik tersebut memiliki fungsi vital dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya Anda harus lebih peka mengidentifikasi kerusakan sekecil apa pun pada perangkat elektronik di rumah agar dapat mengatasinya sejak dini. Salah satu masalah serius yang kerap luput dari perhatian adalah kerusakan freezer kulkas.

Freezer adalah komponen yang selalu tersedia pada kulkas. Meskipun menyatu dengan kulkas, fungsi freezer tentu istimewa karena tidak sekadar mendinginkan seperti kulkas. Manfaat freezer sangat penting untuk memperpanjang usia bahan makanan mentah, mengawetkan makanan dan minuman, serta membuat es batu.

Kerusakan freezer pasti membuat Anda kewalahan karena bahan makanan dan minuman lebih mudah rusak. Kondisi freezer bocor tidak hanya mengacu pada penurunan kemampuan kulkas dalam membekukan bahan makanan, melainkan juga pada kerusakan komponen dalam freezer tersebut.

Mulai sekarang, sebaiknya Anda mengenali ciri-ciri, penyebab, dampak, dan cara memperbaiki kulkas bocor supaya bisa melakukan penanganan efektif sesegera mungkin.

Ciri-Ciri Freezer Kulkas Bocor

Beberapa ciri freezer bocor yang patut menjadi perhatian Anda adalah sebagai berikut:

  • Bahan makanan dan minuman tidak membeku sempurna: freezer yang berada dalam kondisi baik tentu dapat membekukan bahan makanan dan minuman dengan sempurna. Jadi, Anda patut lebih cermat bila menemukan ada makanan dan minuman yang terlihat mencair walaupun sudah lama disimpan di freezer.
  • Ada genangan air di freezer: tanda-tanda freezer bocor juga bisa terlihat dari genangan air di dalamnya. Ingatlah bahwa freezer punya kemampuan membekukan sehingga harusnya tidak ada genangan air sekecil apa pun di dalam bagian kulkas tersebut. Genangan air menunjukkan kalau ada es batu yang mencair atau air yang menetes dari bagian dalam dinding freezer.
  • Kemunculan bau tak sedap: ciri khas lainnya yang menunjukkan freezer bocor adalah kemunculan bau tak sedap. Masalah ini terjadi akibat bahan makanan yang disimpan di freezer tidak membeku sempurna, bahkan mencair. Bahan makanan yang mencair dalam kurun waktu tertentu akan membusuk hingga menimbulkan bau tidak sedap.
  • Freezer jadi tidak dingin: kerusakan freezer yang sudah lebih parah bukan cuma membuat makanan di dalamnya jadi mencair. Lebih dari itu, freezer juga akan terasa tidak dingin, bahkan suhunya bisa jadi lebih tinggi daripada kulkas.
  • Kipas atau dinamo kulkas berputar tanpa henti: freezer kulkas berfungsi dengan baik membuat kipas atau dinamo akan berhenti selama beberapa saat bila freezer tersebut sudah mencapai suhu yang diinginkan.
    Namun, tidak demikian halnya dengan freezer yang rusak. Kerusakan akan membuat freezer gagal mencapai suhu yang sudah Anda atur sehingga membuat kipas atau dinamo kulkas berputar tanpa henti. Gangguan ini bahkan rentan menimbulkan suara bising.
  • Kompresor kulkas rentan panas dan mati: kebocoran freezer menyebabkan kompresor bekerja ekstra keras. Akibatnya komponen overload atau relay PTC yang berfungsi melindungi kompresor dari peningkatan suhu berlebihan menjadi rentan putus.
  • Biaya tagihan listrik meningkat drastis: kinerja kompresor yang ekstra keras selama freezer rusak dapat berujung pada melonjaknya biaya tagihan listrik. Hal ini terjadi karena kompresor tidak berhenti bekerja sehingga daya listrik yang dikonsumsi kian meningkat.

Penyebab Freezer Bocor

Ada dua penyebab utama yang menjadi biang keladi kebocoran freezer kulkas, yaitu:

  • Kebocoran evaporator: penyebab paling umum yang membuat freezer tidak dingin adalah kebocoran evaporator. Kebocoran tersebut biasanya disebabkan kebiasaan mencungkil es batu pada dinding freezer menggunakan benda-benda tajam, seperti pisau atau garpu.
    Akibatnya, freon mengalir ke luar sehingga tekanannya berkurang dan gagal mendinginkan freezer dengan sempurna. Kerusakan evaporator yang tidak lekas ditangani dapat membuat air masuk dari sela-sela kebocoran hingga menyebabkan kerusakan fatal.
  • Gangguan oli kompresor dan filter kapiler: kompresor bertugas melakukan sirkulasi refrigerant (freon) pada sistem pendingin kulkas. Selanjutnya, refrigerant akan masuk ke kondensor untuk didinginkan lalu disaring filter.
    Refrigerant yang sudah disaring kemudian dialirkan dalam pipa kapiler menuju evaporator sebelum kembali lagi ke kompresor. Sirkulasi tersebut akan terus berlangsung selama tidak ada gangguan kebuntuan pada pipa kapiler.
    Kebuntuan berisiko terjadi akibat gumpalan kotoran yang menyumbat saluran kapiler. Di samping itu, oli kompresor yang bercampur dengan air juga bisa jadi biang keladi penyebab freezer bocor.

Dampak Freezer Kulkas Bocor

Masalah kebocoran freezer kulkas sebaiknya segera ditangani supaya tidak menimbulkan beberapa dampak buruk berikut ini:

  • Gas freon terhirup hingga mengganggu kesehatan: freon adalah gas tidak berbau dan tidak berwarna yang terdiri dari campuran karbon monoksida serta beberapa bahan kimia lain seperti klorin dan bromin.
    Meskipun manfaatnya penting untuk mendinginkan kulkas, rupanya freon yang bocor dan terhirup dapat berisiko buruk bagi kesehatan. Keracunan freon pada tingkat ringan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti sakit kepala, mual dan muntah, iritasi mata telinga, dan tenggorokan, radang dingin (frostbite) yang membuat kulit terasa keras, memerah, melepuh menyerupai luka bakar, dan mati rasa.
    Sementara itu, keracunan freon pada tingkat berat mengakibatkan rasa terbakar pada kerongkongan, detak jantung tidak teratur, kejang, sulit bernapas, penumpukan cairan dan pendarahan di paru-paru, hingga penurunan kesadaran.
  • Makanan dan minuman terkontaminasi bakteri: kebocoran freezer kulkas membuatnya gagal membekukan makanan dan minuman. Hal tersebut akan membuat makanan dan minuman mencair serta memicu perkembangbiakan bakteri.
    Mengonsumsi makanan dan minuman yang mencair di freezer rentan menimbulkan berbagai gejala keracunan. Itulah sebabnya Anda harus sigap mengeluarkan makanan dan minuman dari freezer yang rusak sebelum telanjur rusak dan tidak layak konsumsi.
    Alangkah lebih baik jika Anda bergegas meletakkan makanan dan minuman tersebut dalam wadah tertutup lalu memindahkannya ke freezer lain agar kualitasnya terjaga.
  • Korsleting Listrik: kebocoran freezer bukan cuma memicu keracunan freon, tetapi juga korsleting listrik. Korsleting berisiko terjadi jika air dari freezer mengalir ke bagian dalam mesin kulkas.
    Jadi, Anda patut mematikan aliran listrik pada kulkas bila menemukan kebocoran pada freezer. Jangan sampai korsleting listrik terjadi bahkan sampai mengakibatkan kebakaran.

Cara Memperbaiki Freezer Kulkas yang Bocor

Anda tak perlu terlalu khawatir saat menemukan masalah kebocoran pada freezer kulkas. Gangguan tersebut masih bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut:

  • Menambal evaporator: kebocoran evaporator yang tidak terlalu parah dapat diatasi dengan melakukan penambalan. Proses ini harus dilakukan teknisi agar penambalan berlangsung dengan akurat pada titik lubang yang tepat.
  • Mengganti evaporator: kerusakan evaporator yang telanjur parah membuatnya harus diganti dengan yang baru. Biasanya teknisi akan menyarankan penggantian evaporator jika menemukan kebocoran yang ukurannya melebihi 5 mm atau jika kerusakan freezer sudah lebih dari 1 bulan. Penggantian evaporator akan membuat fungsi freezer kembali maksimal seperti sedia kala.
  • Mengganti oli kompresor dan filter kapiler: cara lainnya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki freezer adalah mengganti oli kompresor dan filter kapiler. Jangan biarkan oli kompresor yang tercampur air menghambat kemampuan freezer untuk membekukan makanan dan minuman.
    Sementara itu, penggantian filter dan pipa kapiler wajib dilakukan bersamaan dengan pengisian freon sebab kerusakan pipa tentu mengakibatkan tekanan freon pada kulkas jadi berkurang.

Tips Merawat Freezer agar Tidak Mudah Rusak

Pemakaian freezer yang dibarengi dengan perawatan akan membuat komponen kulkas tersebut tidak mudah rusak. Sebenarnya merawat freezer kulkas tidak sulit karena Anda hanya perlu melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Membaca instruksi perawatan pada buku manual: Anda tak perlu bingung merawat freezer kulkas sebab petunjuk perawatan tercantum secara jelas pada buku manual. Nantinya, Anda tinggal mengikuti petunjuk tersebut saat menggunakan dan membersihkan freezer.
  • Menjaga kebersihan interior freezer: interior freezer yang kotor ternyata rentan memicu kerusakan. Kotoran pada freezer bisa menempel pada koil kondensor sehingga kinerjanya terhambat. Mulai sekarang, sebaiknya Anda rutin membersihkan interior freezer secara menyeluruh agar terhindar dari risiko kerusakan.
  • Menghindari penggunaan benda tajam: kemunculan bunga es pada freezer memang mengganggu dan harus segera dibersihkan. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan benda tajam seperti pisau atau garpu untuk membersihkan bunga es.
    Ujung benda tajam malah berisiko merusak freezer dan memicu kebocoran. Proses mencairkan bunga es sebaiknya dilakukan secara manual menggunakan air hangat agar freezer bersih maksimal tanpa memicu kerusakan.
  • Menurunkan suhu makanan dan minuman sebelum masuk freezer: kebocoran freezer dapat dipicu kebiasaan menyimpan makanan dan minuman panas. Suhu panas membuat kompresor bekerja ekstra keras demi mencapai pengaturan suhu yang Anda inginkan. Bila hal ini terjadi terus-menerus, maka kebocoan freezer tak dapat dihindari lagi.
  • Menutup pintu freezer rapat-rapat: perawatan freezer juga bisa dilakukan melalui hal-hal sederhana, seperti menutup pintu freezer rapat-rapat usai membukanya. Pintu freezer yang sering terbuka terlalu lama membuat suhu interiornya meningkat. Kondisi ini memicu kompresor bekerja terus-menerus untuk mendinginkan suhu freezer sehingga risiko kerusakan pun semakin besar.
  • Menyimpan makanan dan minuman sesuai kapasitas freezer: masih banyak orang belum menyadari kalau kapasitas freezer berlebihan dapat membebani kinerja kompresor.
    Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyimpan makanan dan minuman dengan jumlah sesuai kapasitas freezer. Selain memperkecil risiko kebocoran, hal ini juga membuat freezer mampu membekukan makanan dan minuman secara sempurna dalam waktu relatif singkat.
  • Membersihkan karet pintu freezer: satu lagi upaya merawat freezer yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah membersihkan karet pintu freezer. Pintu freezer yang dipenuhi kotoran membuat karet tidak melekat sempurna saat pintu ditutup.
    Padahal, menutup pintu freezer rapat-rapat sangat penting untuk menjaga kestabilan suhu freezer sehingga performanya maksimal dan tidak bocor.

Kalau saat ini Anda kewalahan mengatasi freezer kulkas bocor serta masalah lainnya, mungkin sudah waktunya Anda membeli kulkas baru. AQUA Elektronik sudah menyiapkan banyak produk kulkas unggulan yang dilengkapi teknologi canggih, salah satunya yaitu seri KULKAS AQR 4151-M. Kulkas dua pintu tersebut memiliki kapasitas sebesar 357 liter sehingga siap memenuhi kebutuhan dapur Anda di rumah.

KULKAS AQR 4151-M persembahan AQUA Elektronik mempunyai kapasitas freezer dan vegetable box 10% lebih besar karena pintunya lebih tipis sehingga ruang interiornya bertambah tanpa mengganggu dimensi eksternal.

Teknologi Twin Inverter pada kulkas ini tak cuma mengurangi kebisingan tetapi juga hemat energi bintang 5 dengan 2x lipat efisiensi kinerja. Keberadaan sistem pendingin Multi Air Flow dapat mendistribusikan aliran udara secara konsisten ke setiap sudut sehingga udara sejuk bersirkulasi secara menyeluruh pada seluruh bagian lemari es.

Seri kulkas 2 pintu ini juga mempunyai Chiller Box, yaitu zona ideal untuk mengawetkan ikan, daging, dan makanan dingin lainnya pada suhu -10 C. Anda bisa langsung mengambil makanan dari Chiller Box lalu mengolahnya tanpa proses pencairan terlebih dahulu.

Tak perlu khawatir dengan masalah bau tak sedap karena KULKAS AQR 4151-M mempunyai teknologi DEO Fresh yang ampuh menghilangkan bakteri dan mengurangi bau tak sedap dengan mengintegrasikan karbon aktif, jaring paladium, dan agen antimikroba.

Rasakan kemudahan mendinginkan makanan dan minuman dengan teknologi AQUA Fast Cooling yang mewujudkan fungsi pendinginan secara lebih cepat hanya dengan satu tombol. Fitur lainnya berupa Movable Twist Ice Maker untuk membuat es batu dan Flexible Shelves yang mudah diatur dan dibersihkan juga turut membuat fungsi kulkas makin sempurna.

Anda tak akan terganggu lagi dengan masalah freezer rusak yang merepotkan jika sudah punya kulkas baru dan merawatnya secara tepat. Segera dapatkan kulkas AQUA Elektronik yang berkapasitas besar ini untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga Anda.

Yuk, segera dapatkan produk kulkas yang satu ini hanya di official store AQUA Elektronik!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003