Bingung Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci Front Load? Ini Tekniknya!

mencuci baju di mesin cuci

Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan mesin cuci bukaan depan (front load) semakin populer di tanah air. Jenis mesin cuci tersebut tidak lagi identik dengan harga selangit. Selain harga yang kian bersahabat dan dilengkapi banyak fitur canggih, cara mencuci baju dengan mesin cuci bukan depan pada dasarnya sama dengan penggunaan jenis lainnya.

Apakah Anda berencana beralih ke tipe front load dalam waktu dekat tetapi masih ragu dengan cara menggunakannya? Tak perlu bingung jika ingin menggunakannya. Mari kenali kelebihan dan proses pencucian dengan mesin cuci bukaan depan melalui ulasan lengkap berikut ini!

Kelebihan Mesin Cuci Front Load

Beberapa kelebihan mesin cuci front load ini kemungkinan besar membuat Anda akan tergugah menggunakannya.

1. Hemat air dan energi

Jenis mesin cuci bukaan depan tidak memiliki komponen agitator eksternal untuk mengaduk pakaian yang sedang dicuci, sehingga akan lebih hemat energi. Kemudian dari sisi penggunaan air, juga dapat menghemat hingga setengah jumlah total air dibandingkan mesin cuci bukaan atas (top load).

2. Pemakaian detergen lebih irit

Sama seperti penggunaan air dan energi, penggunaan detergennya rata-rata hanya setengah dari jenis top load. Sebab, membutuhkan detergen khusus yang formulanya hemat busa tetapi efisiensinya lebih tinggi daripada detergen biasa.

3. Tidak menyita kapasitas ruangan secara berlebihan

Berbeda dengan mesin cuci bukaan atas yang membutuhkan kapasitas ruangan lebih besar, Anda bisa menempatkan tipe front load di tempat yang lebih sempit, bahkan di bawah rak gantung. Mencuci baju pun terbilang praktis karena komponen pintunya terletak di bagian depan.

4. Teknik pencucian lebih halus

Satu lagi kelebihan yang dimiliki adalah teknik pencucian yang lebih halus karena drum berputar secara vertikal. Kelebihan ini tentu cocok untuk membersihkan pakaian berbahan lembut agar tidak mudah rusak.

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci Bukaan Depan

Beberapa langkah yang patut Anda lakukan jika hendak mencuci baju dengan mesin cuci bukaan depan adalah sebagai berikut:

1. Letakkan di tempat yang tepat

Meletakkannya di tempat yang tepat, yaitu posisi datar bertujuan agar saluran pembuangan airnya tidak menggenangi bagian bawah mesin. Apabila terendam air atau ditempatkan pada posisi miring, dikhawatirkan lebih gampang rusak pada bagian bawahnya.

Meskipun terkesan sepele, hal detail dalam proses instalasi ini penting untuk mendukung kinerja mesin cuci sekaligus membuatnya lebih tahan lama.

2. Siapkan saluran air dan detergen khusus

Mesin cuci satu tabung (termasuk front load) membutuhkan saluran air khusus karena pengaturannya berlangsung secara otomatis. Jadi, Anda wajib memastikannya telah terhubung dengan saluran air khusus. Jangan lupa pula menyiapkan detergen khusus tipe front load yang efektif membersihkan baju sampai tuntas tanpa menghasilkan busa berlebihan.

3. Perhatikan kapasitas

Jangan mengabaikan kapasitas mesin cuci ketika hendak menggunakannya. Usahakan untuk tidak memasukkan pakaian melebihi kapasitas sebab hal tersebut berisiko membuat hasil pencucian kurang bersih dan mesin rentan rusak.

4. Pisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenis

Pengelompokkan pakaian berdasarkan warna dan jenis penting untuk mengurangi risiko rusak atau luntur. Misalnya, Anda memisahkan pakaian menjadi beberapa kelompok, seperti pakaian batik, pakaian putih, dan pakaian berwarna cerah atau pakaian sutra.

Dengan demikian, Anda dapat menentukan mode pencucian yang tepat agar hasilnya bersih maksimal.

5. Lakukan proses pencucian sampai selesai

Kalau semua persiapan sudah rampung, maka Anda tinggal memilih mode pencucian dan menunggu proses tersebut sampai selesai. Anda juga bisa memanfaatkan mode perendaman otomatis bila pakaian yang akan dicuci terbilang sangat kotor. Pastikan bahwa pintunya sudah tertutup sempurna supaya tidak mengganggu tahapan pencucian.

Seluruh rangkaian proses pencucian hingga pengeringan harus berlangsung sempurna hingga mesin berhenti secara otomatis. Usahakan untuk tidak membuka dan menutup pintunya secara sembarangan selama proses pencucian berlangsung.

Gunakan Mesin Cuci Terbaik dari AQUA Elektronik!

Kalau Anda semakin yakin ingin menggunakan mesin cuci front load setelah mengetahui kelebihan dan cara menggunakannya, Anda bisa memilih produk mesin cuci unggulan dari AQUA Elektronik.

Merek elektronik terpercaya tersebut menghadirkan MESIN CUCI FQW-1050BF Super Wash Series dengan kapasitas besar mencapai 10,5 kg. Seri mesin cuci front load berkualitas tersebut memiliki beberapa fitur canggih seperti berikut ini.

  • 525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian tak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.
  • Inverter Motor: teknologi eco inverter yang menghasilkan suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.
  • Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.
  • Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.
  • Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Spesifikasi MESIN CUCI FQW-1050BF yang canggih tentu membuat Anda tak ragu lagi mengandalkannya untuk memudahkan aktivitas mencuci pakaian.

Yuk, pesan sekarang supaya mencuci jadi lebih praktis dengan hasil maksimal! Anda bisa mendapatkan produknya di official store dari AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003