Punya Mesin Cuci Bukaan Depan? Ini Tips Merawatnya!

Salah satu tipe mesin cuci yang banyak diminati adalah mesin cuci bukaan depan (front loading). Tipe mesin cuci ini dianggap lebih praktis bagi mereka yang tinggal di hunian dengan luas terbatas. Sebab bagian atas mesin cuci bukaan depan dapat dimanfaatkan untuk menaruh beragam produk pembersih pakaian.

Perbedaan mesin cuci bukaan depan dan atas adalah pada pintu tabungnya. Pada mesin cuci bukaan depan, pintu tabungnya terletak di bagian depan dan jumlah tabungnya hanya satu. Sementara, mesin cuci bukaan atas pintu tabungnya terletak di atas, dan ada yang terdiri dari satu tabung dan dua tabung.

Tips Merawat Mesin Cuci Bukaan Depan

Nah, Anda tentu ingin mesin cuci di rumah awet meski sering digunakan. Maka, Anda perlu tahu bagaimana merawat mesin cuci bukaan depan. Yuk, simak infonya!

  • Buka pintu dengan hati-hati

Pastikan Anda selalu berhati-hati saat membuka dan menutup pintu mesin cuci. Jika Anda membuka atau menutup pintu mesin cuci terlalu kencang, ada kemungkinan pintu jadi cepat rusak. Jadi, cukup buka pintu dengan hati-hati dan hindari membanting atau mendorongnya terlalu keras saat ditutup.

  • Seka bagian kaca dan pintu karet setelah mencuci

Dalam merawat mesin cuci, Anda juga harus memerhatikan bagian kaca dan karet pintu. Keduanya perlu dibersihkan secara berkala agar tidak berjamur. Caranya mudah: setiap selesai mencuci pakaian, seka bagian kaca dan pintu karet dengan kain lap kering.

  • Lakukan proses pembersihan

Setiap selesai mencuci dan membilas pakaian, Anda lakukan proses pembersihan mesin cuci. Isi tabung dengan air dan tablet cuci tabung atau pemutih, lalu nyalakan mesin cuci untuk membersihkan tabung. Tak lupa, lap juga bagian luar mesin cuci agar tidak kotor dan berdebu.

  • Bersihkan laci detergen

Kadang sisa detergen tertinggal di laci penyimpanan. Oleh karena itu, laci juga perlu dibersihkan secara rutin. Caranya: lepaskan laci detergen, lalu sikat dengan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa detergen dan serat kain. Kemudian bilas laci, dan keringkan.

  • Periksa saluran pembuangan air

Cek saluran pembuangan air mesin cuci untuk memastikan tidak ada sumbatan. Selain itu, setiap hendak melakukan pencucian, cek isi kantung baju dan celana dan keluarkan isinya. Pastikan tidak ada benda-benda kecil yang berpotensi menyumbat saluran pembuangan air mesin cuci.

Cara Membersihkan Karet Pintu Mesin Cuci Bukaan Depan

Seperti sudah disebutkan, Anda perlu membersihkan karet pintu mesin cuci agar tidak berjamur. Bagaimana caranya? Simak tipsnya!

Alat-alat yang perlu disiapkan:

  • Kapas
  • Sikat gigi bekas
  • Baskom atau mangkuk
  • Pemutih pakaian

Cara membersihkan:

  • 1.Tuang pemutih sekitar 50 ml ke dalam baskom atau mangkuk.
  • 2.Rendam banyak kapas ke dalam pemutih di dalam wadah. Pastikan kapas terendam hingga basah.
  • 3.Tempelkan kapas yang sudah direndam ke seluruh permukaan karet yang kotor atau berjamur. Periksa juga bagian bawah karet dengan cara ditarik. Jika terlihat ada kotoran atau jamur, tempelkan kapas di bagian tersebut. Biarkan kapas menempel pada permukaan karet pintu mesin cuci semalam.
  • 4.Keesokan paginya, lepas kapas dari karet mesin cuci. Kotoran dan jamur biasanya akan terangkat dengan sendirinya.
  • 5.Bersihkan kembali karet pintu mesin cuci dari sisa-sisa kapas dengan sikat gigi bekas.

Dengan Mesin Cuci FQW-1580BS, Mencuci Jadi Lebih Cepat dan Lebih Bersih

Beda tipe, beda pula kemampuan mencucinya. Anda tentu ingin memiliki mesin cuci yang dapat membuat kegiatan mencuci baju jadi lebih cepat dan hasil cucian pun lebih bersih. Tak diragukan lagi, mesin cuci FQW-1580BS persembahan AQUA Elektronik adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Mesin cuci ini memiliki kapasitas besar 15 kg dan teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda.

Cucian bersih lebih cepat hingga 55%. Didukung pula dengan fitur Anti-Bakteri Eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari, memastikan siklus cucian yang lebih higienis.

Selain itu, fitur Refresh akan menghilangkan bau dan kerutan sehingga hasil cucian jadi bersih berkilau. Dengan fitur ini, air akan dipanaskan pada suhu 60-65 derajat Celcius selama 5 menit dan menjadi uap air kecil.

Mereka akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau. Kemudian aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga dapat meminimalkan kerutan dalam 15–30 menit.

Mesin cuci ini juga dilengkapi sistem pembersihan yang akan menjaga mesin tahan lama dan tidak cepat rusak walaupun sering digunakan. Dengan fitur Dual Spray, sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

Tunggu apa lagi? Segera miliki mesin cuci dengan tabung XXL superdrum ini, yang mencuci 55% lebih cepat lebih bersih. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003