Selang Mesin Cuci Kurang Panjang? Ini Solusinya!

Salah satu komponen mesin cuci yang tak boleh luput dari perhatian adalah selang mesin cuci. Saat baru membeli mesin cuci, pastikan Anda mengecek kondisi serta ukuran selang pembuangan mesin cuci. Hal ini agar proses mencuci nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Selang mesin cuci adalah komponen yang berfungsi sebagai saluran pembuangan sehingga air kotor dari hasil pencucian bisa langsung dialirkan ke luar sebelum digantikan dengan air bersih. Selang mesin cuci harus terhubung dengan sistem saluran pembuangan yang ada di rumah Anda.

Posisi Selang Pembuangan Mesin Cuci untuk Membuang Air

Saat menentukan penempatan mesin cuci, Anda juga harus memikirkan saluran pembuangan airnya. Jika ukuran selang pembuangan mesin cuci bawaan tidak sampai pada tempat pembuangan air yang ada di rumah, maka Anda perlu memanjangkannya.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa metode untuk membuang air limbah dari mesin cuci.

  • Kuras air ke wastafel

Beberapa produsen mesin cuci melengkapi unit mesin cucinya dengan selang pengait yang dapat dipasang di wastafel atau pada dinding bak mandi. Menguras air ke wastafel termasuk cara yang cukup simpel karena Anda tidak perlu repot memasang mesin dengan saluran pembuangan.

  • Sambungan sifon

Supaya aliran pembuangan dari tabung mesin cuci tetap stasioner, Anda mungkin perlu membeli sambungan ini. Saluran pembuangan harus berada di atas lutut sifon. Jika tidak, maka limbah mesin cuci akan tersedot ke alat cuci yang menyebabkan bau asing dan mengganggu.

  • Posisi selang mesin cuci terhubung dengan pipa pembuangan

Setiap model mesin cuci memiliki selang pembuangan dengan posisi yang berbeda. Anda dapat mengecek buku manual mesin cuci untuk mengetahui cara memasang selang yang benar dan menghubungkannya ke pipa pembuangan. Ketebalan ujung pipa harus 4cm atau 5cm. Selang pembuangan harus dimasukkan ke pipa agar tidak ada sentuhan dengan air limbah.

Cara Menyambung Selang Pembuangan Mesin Cuci

Jika selang mesin cuci bawaan terlalu pendek dan tidak dapat menjangkau tempat pembuangan air di rumah, Anda dapat mencoba memanjangkannya. Cara ini cukup sederhana dan hemat biaya. Berikut tipsnya.

  • Belilah selang pembuangan air mesin cuci yang sama dengan selang bawaan mesin cuci Anda di toko bangunan atau toko online.
  • Siapkan gunting, lakban, dan gelas plastik kemasan air mineral.
  • Pertemukan kedua ujung selang yang sama bentuknya, kemudian ukurlah panjangnya setelah disatukan cukup pada permukaannya yang rata saja (biasanya lebih kurang 5,6 cm). Ukur juga panjang lingkar ujung selangnya.
  • Potong kedua ujung gelas plastik hingga membentuk lembaran, lalu potong sesuai dengan ukuran dari panjang kedua ujung selang dan lingkarnya. Usahakan potongan gelas plastik dapat bertemu secara tepat ketika dilingkarkan pada kedua ujung selang agar tidak ada celah yang bisa menyebabkan bocor.
  • Sambung selang mesin cuci dengan mempertemukan kedua ujung selang, lalu bungkus menggunakan gelas plastik yang telah dipotong tadi. Rekatkan lakban pada permukaannya secara melingkar beberapa kali putaran agar sambungan kuat.

Mesin Cuci FQW-1580BS, Pilihan Terbaik untuk Mencuci dengan Cepat dan Bersih Maksimal

Bagi Anda yang membutuhkan mesin cuci dengan kapasitas besar, mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab mesin cuci ini memiliki tabung XXL superdrum, dengan diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Mesin cuci FQW-1580BS juga dilengkapi teknologi Eco Inverter yang sederhana, efisien, dan tahan lama. Suara motor mesin cuci jadi lebih halus sehingga membuat Anda nyaman saat mencuci.

Berbagai fitur canggihnya membuat hasil cucian menjadi bersih maksimal. Ada fitur Steam dengan suhu tinggi yang efektif untuk menghilangkan bakteri dan tungau pada pakaian Anda. Air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur Refresh yang akan menghilangkan bau pada pakaian serta menghilangkan kerutan sehingga membuat pakaian Anda bersih berkilau.

Sementara, fitur Dual Spray membantu menjaga keawetan mesin cuci. Ini adalah sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

Jangan sampai salah pilih mesin cuci. Miliki mesin cuci FQW-1580BS untuk mencuci dengan cepat dan bersih maksimal. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan berbagai promosi menarik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003