Intip Cara Kerja Microwave yang Praktis!

Aktivitas memasak di rumah kerap dianggap sebagai rutinitas yang melelahkan dan menyita waktu. Sebenarnya, stereotipe tersebut mulai bergeser seiring dengan berkembangnya kecanggihan teknologi.

Ada berbagai inovasi teknologi yang dapat mempermudah kegiatan memasak, salah satunya yaitu kehadiran microwave. Cara kerja microwave tergolong unik karena mengandalkan gelombang elektromagnetik berfrekuensi tinggi atau disebut juga gelombang mikro.

Penasaran dengan cara kerja gelombang mikro pada microwave serta berbagai fungsi alat elektronik dapur tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Microwave?

Secara sederhana, microwave dapat didefinisikan sebagai alat elektronik dapur yang mengubah aliran listrik menjadi gelombang mikro untuk merangsang molekul makanan. Kandungan air dalam makanan akan bergetar ketika terkena gelombang mikro sehingga menghasilkan gesekan dan peningkatan suhu (panas).

Jika dilihat sekilas, microwave memang mirip dengan oven karena berbentuk kotak dengan lebar kurang lebih 30 inci serta kedalaman 16 inci. Panel untuk mengatur suhu, durasi, dan hal-hal penting lainnya ketika menggunakan microwave terdapat tepat di sebelah pintunya. Kendati demikian, cara kerja gelombang mikro pada microwave tentu berbeda dengan oven.

Klasifikasi jenis microwave berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Microwave biasa: paling umum digunakan karena berfungsi menghangatkan makanan dingin atau beku.
  • Grill microwave: dimensi dan gelombang mikronya lebih besar daripada jenis microwave biasa sehingga membuat proses memasak jadi lebih leluasa, misalnya jika Anda ingin memanggang ayam utuh.
  • Convection microwave: dapat memasak dengan hasil serupa teknik menggoreng danmemanggang karena prinsip kerjanya mengemas bahan makanan dengan suhu tinggi secara konstan.

Sejarah penemuan microwave diawali oleh Percy Lebaron Spencer yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan setingkat SMP. Kala itu, Percy yang berasal dari kalangan ekonomi rendah tak lantas menyerah dengan keterbatasan hidupnya.

Ketika mengerjakan proyek pengembangan teknologi radar dengan tabung vakum penghasil gelombang mikro (magnetron) pada masa Perang Dunia II (PD II), Percy membawa sebungkus cokelat untuk camilan makan siang. Alangkah terkejutnya Percy menemukan cokelat di sakunya meleleh ketika dirinya hendak menguji kekuatan magnetron.

Kejadian tersebut membuat Percy yakin bahwa magnetron bisa dikembangkan sebagai alat pemanas makanan. Eksperimen Percy membuahkan hasil berupa hak paten untuk microwave pertama di dunia pada tahun 1945 dengan ukuran sebesar lemari es.

Selanjutnya, elektronik tersebut terus berevolusi hingga ukurannya menjadi lebih mungil seperti microwave modern sejak tahun 1967.

Bagaimana Cara Kerja Microwave?

Cara kerja gelombang mikro pada microwave didukung oleh komponen utama berupa magnetron, wave guide, dan microwave stirrer. Dari frekuensi gelombang mikro yang ada dihasilkan magnetron berkisar di angka 2.500 MHz atau 2,5 GHz.

Gelombang tersebut akan diserap lemak, gula, dan air dalam makanan sehingga molekul dalam makanan menghasilkan energi panas.

Proses pemanasan makanan menggunakan microwave terjadi dari dalam ke luar sehingga butuh waktu lebih singkat daripada memasak dengan kompor. Selanjutnya, gelombang mikro akan teruskan wave guide menuju ke microwave stirrer yang bentuknya menyerupai kipas.

Pada umumnya, microwave stirrer dikombinasikan dengan piringan yang bisa berputar supaya penyebaran gelombang mikro pada makanan semakin merata.

Apa Saja Fungsi Microwave?

Cara kerja microwave yang terbilang sederhana ternyata mampu menghasilkan beberapa fungsi berikut ini:

  • Menghangatkan makanan: Anda dapat menghangatkan makanan dalam waktu singkat dengan kisaran durasi 1 hingga 5 menit bila menggunakan microwave.
  • Mencairkan makanan beku: selain menghangatkan makanan dengan kondisi suhu ruang, microwave juga dapat dimanfaatkan untuk mencairkan makanan beku seperti daging dan hidangan laut (seafood).
  • Membuat tekstur makanan jadi lebih renyah: ternyata belum banyak orang yang tahu kalau microwave juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tekstur makanan jadi lebih renyah. Contohnya seperti keripik atau biskuit yang mulai alot karena faktor kelembapan udara tinggi.
  • Mengukus: penggunaan microwave untuk mengukus makanan bisa dilakukan seperti proses kukus biasa. Anda patut menyiapkan wadah bertingkat yang bagian bawahnya diisi air sedangkan bagian atasnya diisi makanan. Gelombang mikro akan memanaskan air hingga berubah menjadi uap yang mematangkan makanan.
  • Menumis: proses menumis dengan microwave sangat efisien karena hanya membutuhkan sedikit minyak dibandingkan menumis dengan kompor.
  • Menggoreng: sama seperti menumis, menggoreng makanan juga jadi lebih cepat tanpa minyak berlebihan bila menggunakan microwave.
  • Memanggang: satu lagi fungsi microwave yang menyerupai kompor adalah untuk memanggang.

Setelah memahami cara kerja gelombang mikro pada microwave serta berbagai fungsinya, tentu Anda semakin yakin membeli elektronik tersebut untuk mempermudah aktivitas memasak.

AQUA Elektronik punya rekomendasi menarik berupa Microwave AEM-S21. Produk unggulan AQUA Elektronik ini sangat praktis untuk memasak berbagai macam makanan karena dilengkapi 6 power level.

Tingkat suhu rendah ke suhu tinggi pada Microwave AEM-S21 bisa disesuaikan dengan jenis makanan serta proses pembuatannya.

Di samping itu, fitur Defrost Setting pada seri microwave ini memungkinkan makanan kembali ke suhu ruangan normal sehingga kandungan nutrisinya terjaga. Fitur lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah Auto Cook Menus yang merupakan program otomatis untuk menghemat tenaga dan waktu. Memasak aneka makanan dengan teknik rebus, kukus, tumis, dan goreng jadi lebih praktis hanya dengan menekan tombol.

Anda tak akan mengabaikan makanan begitu saja karena Microwave AEM-S21 juga memiliki fitur Cooking End Signal yang menghasilkan bunyi ketika makanan matang atau waktu memasak sudah selesai.

Segala keunggulan microwave AQUA Elektronik pasti membuat Anda makin gemar memasak. Menyajikan aneka hidangan bergizi untuk keluarga jadi makin praktis bila Anda menggunakan perlengkapan memasak berteknologi canggih.

Tunggu apalagi? Segera dapatkan produk terbaiknya di official store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003