Intip Fakta Seputar TV Pertama di Dunia!

Keberadaan televisi (TV) sebagai sarana hiburan andalan di tanah air telah populer sejak dekade 80-an. Meskipun kini banyak sarana lainnya seperti bermacam-macam gadget, TV tetap menjadi favorit bagi sebagian orang. Penemuan TV pertama di dunia jelas menjadi sebuah sejarah besar yang mempengaruhi perkembangan dunia hiburan modern.

Mau tahu lebih banyak info seputar proses penemuan TV pertama di dunia hingga berevolusi menjadi TV digital yang saat ini kita kenal? Inilah ulasan selengkapnya!

Awal Penemuan TV Pertama di Dunia

Cikal bakal TV pertama kali diperkenalkan oleh seorang penemu asal Skotlandia bernama John Logie Baird pada tahun 1926. Pria kelahiran 14 Agustus 1888 tersebut pernah mengenyam pendidikan di Universitas Glasgow kemudian tidak berpartisipasi dalam Perang Dunia Pertama (PD I) akibat riwayat medis yang kurang baik. Setelah bekerja di perusahaan listrik, akhirnya Baird memutuskan membangun laboratorium untuk mendukung eksperimen TV mekanik tahun 1923.

Pada percobaan pertama, teknologi temuan Baird bisa mentransmisikan gambar berkedip dalam jarak 3 meter. Perkembangan terus berlanjut hingga inovasi Baird menghasilkan transmisi cahaya dan bayangan di tahun berikutnya.

Realisasi transmisi TV transatlantik pertama antara London dan New York berhasil dilakukan tahun 1928. Selain memperkenalkan teknologi TV pada tahap awal, Baird juga tercatat sebagai orang pertama yang melakukan demonstrasi TV dua warna.

Bukan hanya John Logie Baird yang memiliki peran penting soal penemuan TV. Peneliti Jerman bernama Paul Nipkow juga turut andil mengembangkan sistem yang telah diciptakan Braid. Nipkow telah mematenkan ide sistem televisi dengan gambar melalui kabel di tahun 1984. Inovasi yang diciptakan Nipkow lantas disempurnakan oleh pasangan fisikawan Rusia dan insinyur Skotlandia bernama Boris Rosing dan Alan Archibald Campbell pada tahun 1900-an.

Setelah melalui serangkaian tahap penyempurnaan, Stasiun Radio WGY di New York berhasil menayangkan drama TV untuk pertama kalinya di tanggal 11 September 1928. Satu tahun berselang, seorang fisikawan Rusia bernama Vladimir Zworykin mampu meningkatkan kualitas siaran pada TV sehingga gambar yang dihasilkan semakin baik.

British Broadcasting Corporation (BBC) turut mewarnai perkembangan TV pertama di dunia dengan menghadirkan siaran publik tahun 1936. Siaran TV berwarna mulai ditayangkan secara permanen untuk pertama kalinya di tahun 1954.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengadakan forum TV dunia pertama pada tanggal 21 dan 22 November 1996. Momen tersebut mempertemukan tokoh-tokoh media terkemuka untuk membahas tentang pentingnya pengembangan TV secara global.

Acara berskala dunia itu membuat Majelis Umum PPB berinisiatif menetapkan tanggal 21 November setiap tahun diperingati sebagai Hari Televisi Sedunia.

Perkembangan TV di Indonesia

Meskipun TV pertama di dunia sudah hadir sejak tahun 1920-an, perkembangan TV di tanah air baru terjadi beberapa dekade kemudian. Kehadiran TV di Indonesia diawali kelahiran saluran Televisi Republik Indonesia (TVRI) tanggal 24 Agustus 1962 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Penerangan RI No. 29/SK/VII/61.

TVRI merupakan stasiun TV tertua di tanah air sekaligus yang pertama kali mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Pendirian TVRI juga berkaitan erat dengan siaran perdana Asian Games ke-4 yang diadakan di Stasiun Utama Gelanggang Olahraga Bung Karno, Jakarta.

Hampir tiga dekade setelah kehadiran TVRI, akhirnya Pemerintah RI mulai membuka izin tayang bagi saluran TV swasta di tahun 1989. TV swasta pertama yang saat itu disiarkan untuk lingkup Jabodetabek adalah RCTI.

Dua saluran TV swasta lainnya pun mulai bermunculan dan turut meramaikan dunia hiburan tanah air, yaitu SCTV (1990), TPI (1991). Siaran RCTI dan SCTV resmi ditayangkan secara nasional pada tahun 1993. Sejak saat itu hingga sekarang, dunia pertelevisian Indonesia terus diramaikan kemunculan saluran TV swasta baru dengan jenis program yang sangat beragam.

Sejarah TV Digital Pertama di Dunia

Kehadiran TV digital pertama di dunia ternyata berawal dari sistem High Definition TV (HDTV) yang dikembangkan di Jepang. Sistem serupa juga dikembangkan Amerika Serikat di bawah naungan perusahaan General Instrument Corporation (GI) pada tahun 1990-an.

Sistem besutan GI tersebut mampu menampilkan gambar berwarna yang terdiri dari 1.080 garis. Sosok penting di balik terciptanya inovasi TV digital adalah seorang insinyur Korea bernama Paik Woo Hyun. Itulah sebabnya pria kelahiran 6 November 1948 tersebut dinobatkan sebagai Bapak HDTV karena kontribusinya yang besar terhadap perkembangan teknologi TV.

Apakah TV kesayangan Anda di rumah masih berfungsi dengan baik?

Setelah menyimak ulasan ini, tentu saja Anda tergugah untuk menikmati sarana hiburan terbaik dengan dukungan TV berkualitas. Kalau Anda sedang mencari TV digital baru, jangan lewatkan rekomendasi TELEVISI AQT75P750UX persembahan AQUA Elektronik. TV digital berukuran 50 inci ini menyuguhkan pengalaman menikmati tontonan yang berbeda karena dilengkapi beberapa fitur canggih, yaitu:

Google TV: Unduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play dan nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda.

HQLED: Teknologi TV LCD meningkatkan warna yang presisi dan menghadirkan lebih banyak level warna. Kontrol kecerahan tinggi menciptakan tingkat warna yang halus. Abadikan semua detailnya, melihat gambar yang lebih jernih, menampilkan kedalaman warna.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup.

Dolby Vision: membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat.

Dolby Atmos: membenamkan Anda dalam hiburan favorit melalui suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV jadi makin sempurna dengan Dolby Atmos.

Hands-free Voice Control: jangan biarkan jarak jauh menghalangi. Anda akan dimudahkan dengan fitur voice control untuk mengatur TV. Cukup katakan “OK Google” untuk memulai.

Tak ada alasan lagi untuk menolak kecanggihan TELEVISI AQT75P750UX karena setiap detailnya didesain khusus sesuai kebutuhan masyarakat modern. AQUA Elektronik senantiasa siap menyajikan pengalaman hiburan istimewa bagi Anda sekeluarga.

Dapatkan TV seri ini dengan harga terbaik hanya di official store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003