Mengenal Cara Kerja Gearbox Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci terdiri dari berbagai komponen yang membuatnya mampu bekerja dengan baik. Salah satu komponen penting tersebut bernama gearbox. Apa fungsi utama gearbox mesin cuci?

Gearbox mesin cuci adalah komponen penting dalam mesin cuci yang terdiri dari roda dan tuas. Keduanya berfungsi sebagai penghubung antara motor dinamo dan pulsator.

Gearbox mesin cuci pada mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung fungsinya sama, hanya bentuknya yang berbeda. Secara umum, gearbox pada mesin cuci 1 tabung berfungsi menghubungkan motor dinamo dengan drum mesin cuci dan juga sebagai speed reducer untuk menggerakan pulsator agar membentuk pusaran air yang akan menggilas pakaian.

Lalu, bagaimana cara kerja gearbox mesin cuci? Gearbox menghubungkan motor dinamo dengan pulsator dengan bantuan vanbelt. Jika gearbox mengalami kerusakan, mesin cuci akan mengeluarkan suara bising saat digunakan karena putaran pulsator dan drum tidak seimbang atau tidak “balance”. Selain itu, mesin cuci juga akan berputar lambat.

Jika ada indikasi seperti itu, gearbox harus diperiksa untuk memastikan apakah terjadi kerusakan atau masih bisa diperbaiki. Jika masalah pada gearbox tidak terlalu berat, mungkin masih bisa diperbaiki. Anda harus mencari tahu dulu cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung. Namun, jika gearbox sudah rusak, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Ciri-ciri Gearbox Mesin Cuci Perlu Diganti

Anda mungkin bertanya-tanya, seperti apa tanda-tanda gearbox mesin cuci rusak dan perlu diganti. Simak infonya berikut, ya!

  • Mesin cuci mengeluarkan bunyi saat proses mencuci

Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa saat mesin cuci tengah dioperasikan, seperti ada benda yang terjatuh, hal ini bisa menandakan adanya masalah pada gearbox mesin cuci.

  • Timbul sengatan listrik saat menyentuh body mesin cuci

Pernahkah Anda merasa seperti kesetrum saat memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci yang telah terisi air? Jika iya, bisa jadi gearbox mesin cuci bermasalah sehingga menyebabkan air dari mesin cuci merembes ke dinamo dan menyebabkan listrik mengalir.

  • Mesin cuci bergetar saat proses mencuci

Mesin cuci yang bergetar secara tidak normal saat sedang dalam proses mencuci juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada gearbox. Jika Anda menemukan kejadian seperti ini, segera cek gearbox.

  • Mesin cuci berhenti tiba-tiba

Bila saat proses mencuci belum selesai, tapi mesin cuci mendadak berhenti, kemungkinan besar ada masalah pada komponen gearbox. Anda harus segera mengeceknya.

Penyebab Gearbox Mesin Cuci Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri gearbox mesin cuci yang rusak, Anda juga perlu memahami faktor-faktor yang bisa menyebabkan gearbox rusak. Ini contohnya.

  • Overload

Ada alasan kenapa kita harus mencuci pakaian sesuai kapasitas yang dianjurkan. Bila kita tidak mencuci pakaian lebih banyak dari kapasitas yang seharusnya, maka bisa terjadi overload. Hal ini akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada gearbox sehingga merusak roda gigi atau bagian lain dari gearbox.

  • Kualitas gearbox yang kurang baik

Bila gearbox mesin cuci terbuat dari bahan yang tidak berkualitas baik atau bahan yang ringkih, maka berisiko cepat rusak.

  • Kurang pelumasan

Pelumasan yang kurang atau tidak teratur pada gearbox dapat menyebabkan gesekan berlebihan antara roda gigi. Hal ini dapat merusak atau menggores permukaan gigi.

  • Pemakaian mesin cuci yang terlalu keras

Jika Anda sering menarik atau mendorong tabung mesin cuci terlalu kuat, gearbox bisa cepat rusak. Dampaknya adalah roda gigi pada casing gearbox cepat aus atau retak.

Cari Mesin Cuci Canggih dan Berkualitas? FQW-1580BS Jawabannya!

Setiap mesin cuci memiliki kemampuan mencuci yang berbeda-beda. Bila Anda mencari mesin cuci yang dapat mencuci lebih cepat dan memberikan hasil cucian lebih bersih, maka mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik adalah jawabannya.

Mesin cuci FQW-1580BS memiliki tabung XXL superdrum dan dapat mencuci 55% lebih cepat dan lebih bersih. Mesin cuci ini dilengkapi teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Selain menghemat waktu dalam mencuci, kegiatan mencuci dengan FQW-1580BS juga menjadi lebih nyaman. Sebab mesin cuci ini menggunakan teknologi Eco Inverter, suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci.

Mesin cuci ini memiliki sejumlah fitur canggih, salah satunya Refresh. Dengan fitur ini, air akan dipanaskan pada suhu 60-65 derajat Celcius selama 5 menit dan menjadi uap air kecil. Mereka akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau. Kemudian aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga dapat meminimalkan kerutan dalam 15-30 menit.

Selain itu, ada pula fitur Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk bisa memiliki mesin cuci yang akan membuat kegiatan mencuci pakaian jadi lebih nyaman!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003