7 Tips Memilih Mesin Cuci untuk Usaha Laundry

Pertumbuhan bisnis laundry di tanah air berlangsung pesat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Rutinitas masyarakat modern yang super sibuk membuat bisnis tersebut jadi jalan keluar terbaik untuk mengatasi tumpukan baju kotor.

Jika Anda berniat merintis bisnis laundry dalam waktu dekat, berarti Anda harus melakukan perencanaan secara matang. Tips memilih mesin cuci untuk usaha laundry termasuk salah satu hal krusial yang tak boleh luput dari rencana bisnis Anda.

Memilih mesin cuci yang bagus untuk laundry tentu tak sama dengan mesin cuci untuk penggunaan skala rumah tangga. Ada berbagai faktor yang wajib dipertimbangkan agar mesin cuci pilihan Anda dapat mendukung kelancaran usaha laundry secara maksimal.

Tips Memilih Mesin Cuci untuk Usaha Laundry

Proses pemilihan mesin cuci yang bagus untuk laundry harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Sesuaikan dengan bujet bisnis: variasi mesin cuci untuk laundry sekarang memang makin beragam dan semakin canggih. Namun, jangan lupa kalau Anda juga harus mempertimbangkan bujet bisnis yang sudah disiapkan sewaktu hendak membeli mesin cuci.

Usahakan agar harga mesin cuci tidak melebihi bujet sehingga persiapan lain untuk bisnis laundry tidak terhambat hanya karena mesin cuci yang terlalu mahal.

  • Pilih produk berkapasitas besar: kapasitas merupakan hal penting lainnya yang wajib dicermati ketika mencari mesin cuci untuk laundry. Sebaiknya Anda memilih produk berkapasitas besar (10 kg atau lebih) sehingga Anda tak perlu repot memisahkan pakaian yang hendak dicuci hanya karena mesin cuci tidak muat. Dengan demikian, proses pencucian juga akan mendukung penghematan waktu, air, dan detergen.
  • Pertimbangkan daya listrik yang dibutuhkan: tips memilih mesin cuci untuk usaha laundry juga menitikberatkan daya listrik. Alangkah lebih baik jika Anda memilih mesin cuci yang kebutuhan daya listriknya terbilang hemat.

Hal ini akan membantu Anda memangkas biaya operasional bisnis laundry karena tidak terbebani tagihan listrik yang melonjak drastis.

  • Ukuran yang cocok dengan kapasitas ruangan: semakin besar kapasitas suatu mesin cuci, biasanya semakin besar pula dimensi produk elektronik tersebut. Bila Anda masih mengalami keterbatasan lahan usaha laundry, sebaiknya Anda tidak memilih mesin cuci yang ukurannya terlalu besar karena berisiko mengalangi ruang gerak di lokasi bisnis tersebut.
  • Jenis mesin cuci yang tepat: bisnis laundry membutuhkan dukungan mesin cuci satu tabung bukaan depan maupun bukaan atas sebagai komponen utama. Jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung, jenis mesin cuci satu tabung lebih unggul dari segi efisiensi waktu dan pilihan mode pencucian.

Anda tak perlu repot mengisi air dan melakukan pembilasan secara manual bila menggunakan mesin cuci satu tabung. Proses pencucian dan pengeringan akan berlangsung otomatis sehingga Anda bisa menyelesaikannya sambil melakukan aktivitas lain.

  • Mode pencucian yang bervariasi: pemilihan mesin cuci untuk usaha laundry bukan sekadar tentang kapasitas dan proses operasional secara otomatis. Pilihan mode pencucian juga patut diperhatikan supaya Anda bisa menyesuaikannya dengan bahan yang akan dicuci.

Utamakan mesin cuci canggih yang sudah dilengkapi banyak mode pencucian, mulai dari mode perendaman, tambahan air panas, hingga fitur untuk bahan bertekstur ekstra lembut.

  • Cermati garansi resmi: satu lagi pertimbangan yang harus Anda lakukan adalah mencermati garansi resmi. Pilihlah mesin cuci dari brand ternama yang memberikan garansi resmi untuk kerusakan tertentu. Dukungan layanan purnajual membuat Anda tak repot mengatasi mesin cuci yang rusak dalam masa garansi.

Cara Jitu Merawat Mesin Cuci untuk Usaha Laundry

Kondisi mesin cuci Anda akan tetap awet ketika digunakan untuk usaha laundry jikalau Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Letakkan mesin cuci di tempat yang tepat. Posisi mesin cuci harus berada di lokasi yang datar, tidak tergenang air, dan jauh dari perangkat elektronik lainnya.
  • Selalu gunakan detergen khusus sesuai jenis mesin cuci agar tidak menghasilkan banyak busa yang memicu kerusakan.
  • Bersihkan mesin cuci secara menyeluruh setiap kali siklus pencucian selesai, terutama setelah mencuci bahan yang sangat kotor.
  • Sebaiknya Anda menyiapkan lebih dari satu mesin cuci yang bisa digunakan bergantian selama bisnis laundry beroperasi. Hal ini membuat mesin cuci tidak rentan rusak akibat penggunaan berlebihan setiap hari.
  • Segera lakukan servis di gerai resmi bila terjadi kerusakan sekecil apa pun pada mesin cuci. Jangan biarkan kerusakan kecil tersebut berkembang menjadi lebih parah hingga mesin cuci mati total.

Sekarang, Anda tak perlu bingung lagi memilih mesin cuci untuk bisnis laundry karena ada solusi terbaik persembahan AQUA Elektronik. MESIN CUCI FQW-1580BS sangat cocok untuk kebutuhan laundry karena berkapasitas 15 kg dan dilengkapi berbagai fitur canggih, yaitu:

601 Drum: diameter drum yang besar (601 mm) dengan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi ini memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Merintis bisnis laundry jadi makin mudah bila Anda menggunakan MESIN CUCI FQW-1580BS . Pakaian pelanggan jadi bersih maksimal dalam waktu singkat dengan dukungan mesin cuci bukaan depan super canggih dari AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003