Apakah Mesin Cuci Baru Bisa Langsung Dipakai? Ini Jawabannya!

Senang sekali rasanya jika berkesempatan memiliki mesin cuci baru. Berbagai masalah menjengkelkan pada mesin cuci lama tentu tak akan terulang lagi pada perangkat yang baru. Kegembiraan menyambut mesin cuci baru harus diimbangi dengan penggunaan dan perawatan secara optimal. Selain memilih produk terbaik sesuai kebutuhann, ketahui dulu apakah mesin cuci baru bisa langsung dipakai atau tidak sebelum bergegas menggunakannya.

Anda tentu tak ingin kan mesin cuci baru lekas rusak akibat proses penggunaan yang keliru?

Lengkapi wawasan Anda seputar pemakaian mesin cuci baru agar perangkat elektronik tersebut tahan lama dan kinerjanya maksimal.

Tips Memilih Mesin Cuci Baru

Memilih produk sesuai bujet maupun kebutuhan adalah langkah awal yang mesti Anda lakukan untuk mendapatkan mesin cuci terbaik. Pastikan bahwa Anda telah memperhatikan beberapa hal penting ini ketika memilih mesin cuci baru:

  • Tentukan bujet terlebih dahulu: harga mesin cuci di pasaran kini semakin bervariasi. Mesin cuci dua tabung dipasarkan mulai dari dua jutaan rupiah, sedangkan mesin cuci satu tabung dibanderol dengan harga berkisar antara tiga jutaan hingga puluhan juta rupiah. Mulailah menentukan bujet terlebih dahulu supaya lebih mudah menentukan pilihan mesin cuci.
  • Pilih kapasitas sesuai kebutuhan: kapasitas juga patut jadi pertimbangan utama ketika memilih mesin cuci. Jika Anda tidak memiliki banyak anggota keluarga, kapasitas mesin cuci kisaran 7 hingga 9 kg sudah cukup untuk kebutuhan rumah tangga. Sementara itu, keluarga yang terdiri dari banyak orang atau kebutuhan bisnis laundry tentu butuh mesin cuci berkapasitas besar, minimal 10 kg atau lebih.
  • Pertimbangkan suplai air dan daya listrik di rumah: jangan lupa kalau penggunaan mesin cuci juga berkaitan dengan suplai air dan daya listrik di rumah. Jika daya listrik di rumah terbilang kecil dan suplai air terbatas, maka sebaiknya Anda memilih mesin cuci dua tabung.

Jenis mesin cuci tersebut beroperasi dengan daya listrik relatif kecil dan suplai airnya dapat diatur secara manual. Sebaliknya, Anda leluasa memilih mesin cuci satu tabung bila memiliki suplai air melimpah serta daya listrik besar di rumah.

  • Sesuaikan dimensi produk dengan kapasitas ruangan: ternyata masih banyak orang kurang memperhatikan hubungan antara dimensi mesin cuci dan kapasitas ruangan di rumah. Alangkah lebih baik bila Anda memilih mesin cuci berukuran mungil bila kapasitas ruangan terbatas.

Ingatlah bahwa mesin cuci berukuran besar membutuhkan tempat yang besar. Saat ini, masyarakat modern menggemari mesin cuci satu tabung bukaan depan karena sangat hemat tempat bahkan bisa diletakkan di lokasi agak sempit, misalnya di bawah rak gantung atau sudut ruangan.

Ukuran mesin cuci yang minimalis serta bukaan di bagian depan membuat mesin cuci tersebut jadi solusi terbaik untuk rumah mungil.

  • Cermati masa garansi: mesin cuci berkualitas biasanya disertai garansi resmi dalam waktu cukup lama. Oleh sebab itu, Anda juga patut mencermati masa garansi ketika sedang memilih perangkat elektronik tersebut. Nantinya, Anda tak akan kesulitan mengatasi kerusakan mesin cuci ketika masih berada dalam masa garansi.
  • Beli di gerai resmi: Anda akan memperoleh jaminan orisinalitas dan garansi produk bila membeli mesin cuci di gerai resmi. Jangan sampai Anda membeli mesin cuci di sembarang tempat hanya karena tergiur dengan harga yang sangat murah.

Banyak oknum pedagang nakal yang melakukan rekondisi mesin cuci rusak kemudian menjualnya kembali seperti unit baru.

  • Hindari produk display: pertanyaan tentang apakah mesin cuci baru bisa langsung dipakai rupanya membuat sebagian orang memutuskan membeli produk display. Alasannya tentu saja karena produk tersebut sudah siap pakai, tak seperti produk baru yang masih tersegel dalam kemasan.

Padahal, produk baru lebih terjamin kualitasnya karena belum dibuka atau diuji coba sama sekali. Sebaliknya, produk display kerap kali dipindah-pindahkan, dibuka, atau dipegang banyak orang sehingga risiko kerusakannya lebih besar sejak pertama kali Anda gunakan.

Apakah Mesin Cuci Baru Bisa Langsung Dipakai?

Anda patut melakukan proses instalasi secara teliti ketika membeli mesin cuci baru dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Lepaskan baut atau penjepit plastik di belakang bodi mesin cuci: setiap mesin cuci baru pasti dibungkus dengan plastik untuk mengurangi dampak buruk goresan atau benturan. Ada bungkusan mesin cuci yang dipasang dengan baut atau penjepit supaya tidak mudah lepas, tetapi ada pula yang tidak.

Anda harus memeriksa bagian belakang mesin cuci dengan teliti bila plastik pembungkusnya tidak dapat dilepas dengan mudah. Lepaskan baut atau penjepit plastik dengan hati-hati lalu letakkan kembali di dalam dus sebab kemungkinan besar Anda aka membutuhkannya ketika pindah rumah.

  • Lepaskan selang yang masih menempel dengan mesin cuci: langkah berikutnya adalah melepaskan selang yang menempel mesin cuci. Pada umumnya, selang tersebut akan dipasang dengan baut atau penjepit (ratcher) supaya melekat kuat di bodi mesin cuci. Lepaskan selang secara perlahan-lahan supaya selang bisa langsung digunakan ketika mesin cuci beroperasi.
  • Pasangkan komponen pelengkap lainnya pada mesin cuci: produk mesin cuci memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda satu sama lain. Ada mesin cuci yang sebagian kecil komponennya diletakkan terpisah sehingga harus dipasang terlebih dahulu ketika tiba di rumah.

Jadi, Anda harus teliti mengamati keberadaan berbagai komponen kemudian segera melakukan proses pemasangan sebelum mulai mengoperasikan mesin cuci.

  • Sambungkan mesin cuci dengan sumber listrk dan sumber air: kalau semua komponen sudah terpasang sempurna, maka proses berikutnya adalah menyambungkan mesin cuci dengan sumber listrik dan sumber air.

Hal ini jelas sangat penting untuk menjawab pertanyaan apakah mesin cuci baru bisa langsung dipakai. Jika Anda membeli mesin cuci satu tabung, pasangkan selang airnya ke sumber air khusus yang telah disiapkan untuk mesin cuci.

Sementara itu, mesin cuci dua tabung hanya perlu disambungkan ke keran menggunakan selang biasa. Jangan lupa pula memasukkan kabel mesin cuci ke stopkontak sebelum menghidupkannya.

  • Gunakan mesin cuci dalam keadaan kosong: mengoperasikan mesin cuci yang kosong bertujuan memeriksa kinerja mesin cuci sekaligus membilas bagian dalamnya sebelum digunakan.

Amati setiap fitur yang terdapat pada mesin cuci dan lakukan uji coba supaya Anda lekas mahir menggunakannya. Jangan ragu menggunakan fitur pemanas air (jika ada) untuk mencari tahu suhu air yang nantinya dapat diandalkan untuk membersihkan pakaian. Anda juga bisa membaca buku manual jika ada hal-hal terkait penggunaan mesin cuci yang belum Anda pahami.

  • Daftarkan garansi resmi mesin cuci: biasanya gerai resmi akan membantu Anda mendaftarkan garansi sejak proses pembelian berlangsung. Namun, ada pula gerai yang tidak memfasilitasi hal tersebut.

Cobalah mengamati ketentuan garansi resmi mesin cuci dan segera lakukan pendaftaran untuk memastikan perangkat elektronik Anda mendapatkan jaminan proteksi tersebut. Kalau seluruh tahapan tersebut sudah Anda lakukan, maka mesin cuci baru pun segera siap digunakan.

Cara Merawat Mesin Cuci Baru

Mencari tahu apakah mesin cuci baru bisa langsung dipakai memang penting supaya Anda menggunakannya dengan cara yang tepat. Selain hal tersebut, Anda juga harus memahami cara merawat mesin cuci baru agar performanya prima dan tak lekas rusak. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk menjaga kualitas mesin cuci baru Anda di rumah:

  • Membersihkan mesin cuci secara rutin: saat ini, mesin cuci satu tabung berteknologi modern telah dilengkapi fitur pencucian otomatis yang wajib Anda gunakan minimal satu bulan sekali.

Bila mesin cuci Anda tidak memiliki fitur tersebut, usahakan untuk tetap membersihkan bagian dalamnya dengan jeda waktu yang sama. Periksa juga bagian filter dan ventilasi serat pengeringnya supaya bisa lekas menyingkirkan tumpukan kotoran yang dapat mengganggu siklus pencucian.

  • Mengangkat pakaian yang sudah dicuci: jangan membiarkan pakaian basah berada terlalu lama di dalam mesin cuci sebab hal tersebut memicu kemunculan bakteri dan jamur. Berusahalah untuk segera mengangkat pakaian yang sudah bersih setiap kali satu siklus pencucian rampung.
  • Menggunakan detergen khusus mesin cuci: tidak semua detergen dapat digunakan pada mesin cuci. Alangkah lebih baik kalau Anda senantiasa menggunakan detergen khusus mesin cuci yang diformulasikan dengan kandungan minim busa sehingga tidak rentan merusak mesin cuci kesayangan. Pemakaian detergen mesin cuci akan membuat pakaian bersih maksimal dan mesin cuci pun selalu awet.
  • Memeriksa saku pakaian dengan teliti sebelum mencuci: tak dapat dipungkiri bahwa benda-benda pada saku pakaian kerap terbawa dan ikut tercuci di mesin. Padahal, ada berbagai benda yang sebaiknya tidak masuk ke mesin cuci, misalnya koin, benda-benda tajam, permen karet, dan kunci logam. Keberadaan benda-benda tersebut berisiko merusak bagian dalam mesin cuci karena teksturnya yang esktra keras.
  • Mencermati bahan yang boleh dan tidak boleh dicuci dengan mesin: ternyata tidak semua bahan boleh dicuci dengan mesin. Beberapa bahan yang sebaiknya dicuci secara manual adalah benda yang terbuat dari karet atau kain yang dipenuhi bulu binatang. Uap panas yang dihasilkan mesin cuci satu tabung berisiko membuat karet meleleh. Sementara itu, bulu-bulu binatang yang menempel pada kain bisa tersangkut di filter bahkan membuat mesin cuci gagal berputar sempurna.

Bila mesin cuci lama Anda rusak akibat kelalaian selama pemakaian, tentu saja Anda tak boleh membiarkan hal tersebut terjadi lagi. Cari tahu apakah mesin cuci baru bisa langsung dipakai dan lakukan perawatan secara teliti sejak hari pertama pemakaian. Nantinya, mesin cuci baru pun akan bertahan lama dan tidak mudah rusak meskipun usia pakainya terus bertambah.

Membahas soal mesin cuci baru yang canggih dan berkualitas tentu tak lengkap bila tidak menyebut MESIN CUCI FQW-1580BS dari AQUA Elektronik. Mesin cuci satu tabung bukaan depan ini terbilang istimewa karena kapasitasnya 15 kg dan dilengkapi berbagai fitur canggih, yaitu:

601 Drum: diameter drum yang besar (601 mm) dengan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi ini memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Proses mencuci pakaian yang lama dan menyebalkan tak akan terjadi lagi bila Anda menggunakan MESIN CUCI FQW-1580BS. Segera miliki mesin cuci persembahan AQUA Elektronik ini agar Anda merasakan pengalaman mencuci lebih cepat dan lebih bersih secara menyenangkan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003