Apakah Hoodie Boleh Masuk di Mesin Cuci?

Hoodie kini tak lagi dianggap sebagai jenis pakaian yang hanya cocok bagi anak muda. Popularitas hoodie terus meningkat selama beberapa tahun terakhir karena nyaman saat digunakan dan cocok untuk menghadapi berbagai cuaca.

Mengenakan hoodie mampu melindungi tubuh dari hujan sekaligus memproteksi kulit dari sengatan sinar matahari. Kalau Anda atau anggota keluarga sering mengenakan hoodie, maka cari tahu dulu apakah hoodie boleh di mesin cuci atau tidak.

Mengenal Berbagai Jenis Hoodie

Istilah hoodie digunakan untuk menyebut pakaian lengan panjang yang dilengkapi tudung (penutup kepala). Sebelum mencari tahu apakah hoodie boleh dicuci di mesin cuci, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis hoodie berdasarkan bahan dan bentuknya berikut ini:

  • Hoodie pullover: jenis pakaian ini juga dikenal dengan sebutan hoodie jumper. Ciri khasnya adalah bagian depan tanpa ritsleting sehingga cara melepaskannya patut dilakukan dengan menarik ke arah atas.
  • Hoodie zipper: bagian depan hoodie zipper dilengkapi ritsleting seperti jaket.
  • Fur hoodie: tekstur permukaannya terasa berbulu dan lebih tebal sehingga cocok digunakan ketika cuaca dingin.
  • Training hoodie: dibuat khusus untuk aktivitas olahraga sehingga bahannya tipis dan bentuknya mengikuti lekuk tubuh (slim fit).
  • Rompi hoodie (sleeveless hoodie): bentuk hoodie persis seperti rompi tetapi dilengkapi penutup kepala.
  • Oversized hoodie: pola hoodie oversized identik dengan hoodie pullover tetapi ukurannya jauh lebih besar.
  • Combination hoodie: salah satu jenis combination hoodie paling banyak diminati adalah perpaduan antara kemeja flanel dengan penutup kepala yang menonjolkan kesan casual.
  • Knit hoodie: bahan rajutan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai material hoodie sehingga menghasilkan tekstur tebal dan efektif menjaga suhu tubuh.

Apakah Hoodie Boleh di Mesin Cuci?

Sama seperti bahan pakaian lainnya, mayoritas bahan hoodie dapat dibersihkan di mesin cuci. Kendati demikian, bukan berarti pertanyaan tentang apakah hoodie boleh di mesin cuci sudah terjawab begitu saja.

Anda tetap harus mencermati label berisi instruksi perawatan pada hoodie tersebut. Informasi pada label adalah petunjuk agar perawatan hoodie berlangsung efektif dan membuatnya tak lekas rusak.

Tips Mencuci Hoodie agar Tahan Lama dan Seperti Baru

Setelah mengetahui apakah hoodie boleh di mesin cuci atau tidak, maka Anda dapat mulai mencuci hoodie sembari memperhatikan beberapa tips penting ini:

  • Tak perlu terlalu sering mencuci hoodie: Anda tidak perlu terlalu sering mencuci hoodie, terutama bila pakaian tersebut lebih banyak digunakan di ruang ber-AC. Hoodie bisa dicuci setelah beberapa kali dipakai agar warna, tekstur, dan motifnya tidak mudah hilang.
  • Pisahkan hoodie berdasarkan warna: tak jarang hoodie luntur satu sama lain ketika dicuci sehingga warnanya jadi kusam. Anda bisa mencegah hal ini dengan memisahkan hoodie berdasarkan warna. Jangan mencuci hoodie warna gelap bersamaan dengan hoodie atau pakaian lainnya yang berwarna terang sehingga risiko luntur semakin kecil.
  • Balik hoodie ketika akan dicuci: salah satu cara ampuh untuk menjaga warna hoodie adalah membalikkannya sesaat sebelum dicuci. Dengan demikian, bagian luar hoodie tidak langsung terkena air dan detergen selama pencucian berlangsung.
  • Gunakan air dingin: penggunaan air panas sangat tidak disarankan untuk mencuci hoodie sebab suhu panas dapat merusak warna dan tekstur hoodie. Hasilnya, warna hoodie jadi pudar dan teksturnya melar.

Kalau kondisi hoodie Anda benar-benar kotor, rendamlah dalam campuran air dingin dan detergen selama kurang lebih 30 menit supaya bagian yang kotor lebih gampang dibersihkan.

Jangan menggosok bagian hoodie yang kotor dengan sikat, terutama bila hoodie terbuat dari bahan rajut. Kuceklah bagian bernoda secara perlahan-lahan sampai noda berangsur-angsur hilang.

  • Siapkan detergen cair khusus mesin cuci: detergen cair adalah bahan yang wajib ada bila Anda hendak mencuci dengan mesin cuci, termasuk saat membersihkan hoodie. Tak cuma aman bagi mesin cuci karena minim busa, detergen cair juga lebih efektif meresap ke serat-serat kain sehingga hoodie bersih maksimal setelah dicuci. Gunakan detergen dengan takaran secukupnya supaya tidak ada residu yang tertinggal pada hoodie setelah pembilasan selesai.
  • Gantungan baju tak boleh digunakan untuk bahan tertentu: hoodie berbahan rajut ternyata tidak boleh dijemur menggunakan gantungan sebab hal tersebut berisiko membuat teksturnya melar. Anda patut menyampirkan hoodie berbahan rajut di jemuran untuk menjaga keutuhan bentuknya.
  • Jemur di tempat teduh: alangkah lebih baik jika hoodie tidak dijemur di tempat yang terpapar sinar matahari langsung sehingga warnanya tidak lekas memudar. Angin-anginkan hoodie di tempat teduh sampai kering sempurna dan siap disetrika.

Anda tak perlu terlalu khawatir hoodie kesayangan jadi rusak bila dicuci di mesin cuci. Kini, mesin cuci modern dilengkapi fitur-fitur canggih yang membuat proses pencucian berlangsung lebih lembut. Salah satu rekomendasi produk mesin cuci istimewa yang cocok untuk mendukung kebutuhan Anda adalah MESIN CUCI FQW-1580BS .

Seri mesin cuci AQUA Elektronik ini tidak hanya unggul karena berkapasitas 15 kg, melainkan juga dilengkapi berbagai teknologi terbaru, seperti diameter drum yang besar (601 mm) dan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern. Soal urusan tenaga, MESIN CUCI FQW-1580BS dibekali eco inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Perawatan anti bakteri eksklusif pada mesin cuci bukaan depan ini mampu menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Kelebihan tersebut memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Saat Anda menemukan kotoran membandel pada pakaian, manfaatkan fitur Refresh yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Pada tahap akhir, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

MESIN CUCI FQW-1580BS bisa memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi yang berfungsi sebagai disinfektan super ampuh untuk menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit. Sistem pembersihan Dual Spray otomatis diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fungsinya untuk membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Mencuci hoodie maupun jenis pakaian lainnya jadi makin mudah kalau Anda sudah memiliki mesin cuci canggih di rumah. Jangan sampai mesin cuci lama yang rusak mengganggu kelancaran aktivitas Anda di rumah. Mari beralih ke produk AQUA Elektronik dan rasakan sendiri keistimewaannya.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003