Cara Mencuci Hoodie dan Menjemurnya Agar Awet

mencuci di mesin cuci

Hoodie kini tak lagi dianggap sebagai jenis pakaian yang hanya cocok bagi anak muda. Popularitas hoodie terus meningkat selama beberapa tahun terakhir karena nyaman saat digunakan dan cocok untuk menghadapi berbagai cuaca.

Mengenakan hoodie mampu melindungi tubuh dari hujan sekaligus memproteksi kulit dari sengatan sinar matahari. Kalau Anda atau anggota keluarga sering mengenakan hoodie, maka cari tahu dulu apakah hoodie boleh di mesin cuci atau tidak.

Apakah Hoodie Boleh di Mesin Cuci?

Sama seperti bahan pakaian lainnya, mayoritas bahan hoodie dapat dibersihkan di mesin cuci. Kendati demikian, bukan berarti pertanyaan tentang apakah hoodie boleh di mesin cuci sudah terjawab begitu saja.

Anda tetap harus mencermati label berisi instruksi perawatan pada hoodie tersebut. Informasi pada label adalah petunjuk agar perawatan hoodie berlangsung efektif dan membuatnya tak lekas rusak.

Cara Mencuci Hoodie agar Tahan Lama dan Seperti Baru

Setelah mengetahui apakah hoodie boleh di mesin cuci atau tidak, maka Anda dapat mulai mencuci hoodie sembari memperhatikan beberapa tips penting ini:

1. Tak perlu terlalu sering mencuci hoodie

Anda tidak perlu terlalu sering mencuci hoodie, terutama bila pakaian tersebut lebih banyak digunakan di ruang ber-AC. Hoodie bisa dicuci setelah beberapa kali dipakai agar warna, tekstur, dan motifnya tidak mudah hilang.

2. Pisahkan hoodie berdasarkan warna

Tak jarang hoodie luntur satu sama lain ketika dicuci sehingga warnanya jadi kusam. Anda bisa mencegah hal ini dengan memisahkan hoodie berdasarkan warna. Jangan mencuci hoodie warna gelap bersamaan dengan hoodie atau pakaian lainnya yang berwarna terang sehingga risiko luntur semakin kecil.

3. Balik hoodie ketika akan dicuci

Salah satu cara ampuh untuk menjaga warna hoodie adalah membalikkannya sesaat sebelum dicuci. Dengan demikian, bagian luar hoodie tidak langsung terkena air dan detergen selama pencucian berlangsung.

4. Gunakan air dingin

Penggunaan air panas sangat tidak disarankan untuk mencuci hoodie sebab suhu panas dapat merusak warna dan tekstur hoodie. Hasilnya, warna hoodie jadi pudar dan teksturnya melar.

Kalau kondisi hoodie Anda benar-benar kotor, rendamlah dalam campuran air dingin dan detergen selama kurang lebih 30 menit supaya bagian yang kotor lebih gampang dibersihkan.

Jangan menggosok bagian hoodie yang kotor dengan sikat, terutama bila hoodie terbuat dari bahan rajut. Kuceklah bagian bernoda secara perlahan-lahan sampai noda berangsur-angsur hilang.

Cara Menjemur Hoodie Agar Tahan Lama

Selain mencuci, Ada juga tips menjemur hoodie yang bisa Anda lakukan agar tahan lama, di antaranya seperti:

1. Peras dengan Lembut

Setelah dicuci, peras hoodie dengan lembut untuk mengeluarkan kelebihan air. Jangan memerasnya terlalu keras karena bisa merusak serat kain.

2. Gantung Terbalik

Gantungkan hoodie dengan posisi terbalik (bagian bawah di atas) untuk menghindari bagian bahu menjadi melar. Gunakan hanger yang kuat agar hoodie tidak mudah jatuh.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Jemur hoodie di tempat yang teduh, terhindar dari sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terlalu kuat bisa menyebabkan warna hoodie cepat pudar.

4. Gunakan Hanger yang Sesuai

Pilih hanger yang sesuai dengan ukuran hoodie. Hanger yang terlalu kecil atau besar bisa menyebabkan bentuk hoodie berubah.

5. Jemur di Tempat yang Berventilasi Baik

Pastikan tempat menjemur memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini akan mempercepat proses pengeringan dan mencegah bau tidak sedap.

6. Cuci Sesuai Petunjuk

Sebelum menjemur, pastikan cuci hoodie sesuai dengan petunjuk pada label perawatan. Ini akan membantu menjaga kualitas kain dan warna.

Mengenal Berbagai Jenis Hoodie

Istilah hoodie digunakan untuk menyebut pakaian lengan panjang yang dilengkapi tudung (penutup kepala). Sebelum mencari tahu apakah hoodie termasuk baju yang boleh dicuci di mesin cuci, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis hoodie berdasarkan bahan dan bentuknya berikut ini:

1. Hoodie pullover

Jenis pakaian ini juga dikenal dengan sebutan hoodie jumper. Ciri khasnya adalah bagian depan tanpa ritsleting sehingga cara melepaskannya patut dilakukan dengan menarik ke arah atas.

2. Hoodie zipper

bagian depan hoodie zipper dilengkapi ritsleting seperti jaket.

3. Fur hoodie

tekstur permukaannya terasa berbulu dan lebih tebal sehingga cocok digunakan ketika cuaca dingin.

4. Training hoodie

Dibuat khusus untuk aktivitas olahraga sehingga bahannya tipis dan bentuknya mengikuti lekuk tubuh (slim fit).

5. Rompi hoodie (sleeveless hoodie)

Bentuk hoodie persis seperti rompi tetapi dilengkapi penutup kepala.

6. Oversized hoodie

Pola hoodie oversized identik dengan hoodie pullover tetapi ukurannya jauh lebih besar.

7. Combination hoodie

Salah satu jenis combination hoodie paling banyak diminati adalah perpaduan antara kemeja flanel dengan penutup kepala yang menonjolkan kesan casual.

8. Knit hoodie

Bahan rajutan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai material hoodie sehingga menghasilkan tekstur tebal dan efektif menjaga suhu tubuh.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003