Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Mencuci Tas di Mesin Cuci

Tas merupakan salah satu benda pribadi yang paling jarang dicuci. Padahal, tas justru termasuk benda yang paling mudah kotor karena selalu dibawa bepergian bahkan ketika Anda beraktivitas di luar rumah. Jangan biarkan tas Anda jadi kusam hingga mengganggu penampilan. Kalau tak ingin repot mencucinya secara manual, Anda bisa mencuci tas di mesin cuci agar lebih praktis.

Jadi, Anda ingin bergegas mencuci tas di mesin cuci dalam waktu dekat?

Kenali dulu bahan tas Anda secara teliti dan pelajari cara mencuci yang benar supaya tas tidak rentan rusak.

Bahan Tas yang Bisa Dicuci di Mesin Cuci

Hampir semua bahan tas dapat dicuci di mesin cuci, kecuali kulit asli, manik-manik, atau tas dengan ornamen renda. Bahan kulit asli tidak boleh terpapar air secara berlebihan karena warna dan teksturnya jadi rentan rusak.

Sementara itu, elemen tas berenda atau berbahan dasar manik-manik rentan lepas akibat putaran mesin cuci yang cukup kencang sehingga lebih baik dicuci menggunakan tangan.

Selain ketiga bahan tersebut, sebaiknya Anda juga patut mencermati warna ketika hendak mencuci tas di mesin cuci. Jangan mencampurkan tas yang mudah luntur dengan tas atau pakaian lain saat proses pencucian berlangsung. Cucilah tas yang gampang luntur secara terpisah supaya tidak menodai tas atau pakaian lain.

Tips Mencuci Tas di Mesin Cuci

Proses mencuci tas di mesin cuci bisa dilakukan secara mudah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Keluarkan seluruh isi tas terlebih dahulu: hal pertama yang mesti Anda lakukan ketika ingin mencuci tas adalah mengeluarkan seluruh isinya terlebih dahulu. Pastikan kalau tidak ada satu barang pun yang tertinggal di dalam tas.

Bila ada debu, remah-remah makanan, atau kotoran lain di dalam tas, usahakan untuk membersihkannya dengan penyedot debu. Jangan sampai kotoran berukuran agak besar menyumbat filter mesin cuci sewaktu Anda membersihkan tas.

Singkirkan pula benang di sekitar ritsleting supaya tidak tersangkut dan menyebabkan tas sobek selama pencucian berlangsung.

  • Periksa label instruksi perawatan pada tas: kalau sudah mengeluarkan semua isi tas, tahapan selanjutnya adalah memeriksa label instruksi perawatan. Cermati label tersebut untuk mencari tahu proses pencucian tas yang direkomendasikan. Bila label menunjukkan bahwa tas dapat dicuci dengan mesin cuci, maka Anda bisa melanjutkan tahap berikutnya.
  • Siapkan detergen cair khusus mesin cuci: proses mencuci tas di mesin cuci juga membutuhkan detergen cair khusus. Bila dibandingkan dengan detergen bubuk, detergen cair tentu lebih unggul karena cepat meresap ke serat-serat kain dan sisa residunya jauh lebih sedikit.

Di samping itu, detergen cair khusus mesin cuci mengandung formula minim busa yang terbukti aman bagi mesin cuci. Anda bisa membersihkan tas sampai tuntas tanpa khawatir mesin cuci rusak jika menggunakan detergen cair khusus mesin cuci.

  • Cuci tas dan jangan ragu mengulangi proses pembilasan: kalau semua persiapan sudah selesai, Anda bisa segera mencuci tas di mesin cuci. Lakukan proses pencucian seperti biasa dan jangan ragu mengulangi proses pembilasan untuk membersihkan sisa-sisa detergen sampai tuntas.
  • Jemur tas di tempat yang teduh: tas yang sudah selesai dicuci harus lekas dijemur di tempat yang teduh. Proses mengangin-anginkan tas akan membuatnya kering meskipun tidak langsung terkena sinar matahari. Pastikan bahwa tas benar-benar kering sempurna sebelum Anda menyimpannya sebab kondisi tas yang lembap tentu rentan ditumbuhi jamur.
  • Simpan tas di tempat kering: tas yang sudah benar-benar kering bisa langsung disimpan bila tidak digunakan dalam waktu dekat. Siapkan beberapa bungkus silica gel untuk disertakan bersama tas. Kemudian, letakkan tas dan silica gel pada kotaknya atau kemasan kain khusus supaya permukaannya tidak kotor selama disimpan.

Biang Keladi Penyebab Tas Mudah Rusak meski Sering Dicuci

Sering mencuci tas di mesin cuci saja ternyata belum maksimal untuk menjaga daya tahan tas. Anda juga patut menghindari beberapa hal ini karena berisiko membuat tas rentan rusak meski sering dicuci:

  • Menggunakan tas di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama sampai warna tas jadi memudar.
  • Membiarkan residu detergen tertinggal pada tas sehingga lambat laun mengakibatkan perubahan warna.
  • Mengabaikan komponen tas yang mulai rusak (ritsleting, kancing, atau jahitan lepas) hingga membuat kerusakan bertambah parah ketika tas dicuci.
  • Mengeringkan tas secara terburu-buru sehingga tas tetap lembap bahkan berjamur.
  • Menyimpan tas yang lembap dalam waktu lama sehingga tas dipenuhi jamur dan berbau apek.

Mencuci tas dengan cara yang benar bukan sekadar butuh teknik dan produk detergen cair berkualitas, melainkan juga mesin cuci yang fiturnya canggih. Keberadaan mesin cuci akan membuat aktivitas mencuci di rumah terasa lebih praktis dan menyenangkan.

Jika Anda sedang berencana membeli mesin cuci baru, tentu saja MESIN CUCI FQW-1580BS dari AQUA Elektronik menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Mesin cuci bukaan depan berkapasitas 15 kg tersebut dilengkapi sederet fitur canggih dengan rincian sebagai berikut:

601 Drum: diameter drum yang besar (601 mm) dengan bodi lebih ramping memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi ini memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.

Refresh: selain memanaskan air mencapai 500C hingga 650, fitur Refresh juga mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Steam: fitur canggih ini memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Proses mencuci pakaian, tas, maupun perlengkapan rumah tangga lainnya pasti terasa lebih mudah dengan kehadiran MESIN CUCI FQW-1580BS. Kapasitasnya yang super besar membuat Anda lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengulang siklus pencucian berkali-kali. Kini, tak ada alasan lagi untuk enggan menghadirkan kecanggihan mesin cuci AQUA Elektronik di rumah.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003