Mengapa Kulkas Dingin tapi Tidak Beku? Mungkin ini Penyebabnya!

Kerusakan perangkat elektronik sekecil apa pun di rumah tentu menimbulkan kecemasan karena hal tersebut bisa mengganggu aktivitas Anda. Salah satu gangguan elektronik yang patut segera mendapatkan perhatian khusus adalah penyebab kulkas dingin tapi tidak beku.

Biasanya masalah ini baru menjadi penyebab kenapa air tidak beku di freezer sewaktu Anda ingin membuat es batu.

Jangan biarkan masalah kulkas ini terjadi berlarut-larut sampai menyebabkan gangguan yang lebih parah. Kenali berbagai penyebab kulkas dingin tapi tidak beku secara cermat supaya Anda bisa lekas mengatasinya.

Berbagai Penyebab Kulkas Dingin tapi Tidak Beku

Gangguan suhu pada kulkas kerap kali baru disadari ketika Anda membuka freezer karena bagian chiller tidak terdampak secara signifikan. Beberapa penyebab yang membuat kulkas dingin tapi tidak beku, antara lain:

1. Coil evaporator tertutup bunga es

sistem pemanas (defrost) kulkas akan menyala beberapa kali sehari untuk mencairkan tumpukan bunga es pada coil evaporator. Bila sistem tersebut gagal berfungsi dengan baik, maka bunga es akan terus-menerus menumpuk di coil evaporator hingga membuat proses pendinginan kulkas terganggu, khususnya bagian freezer.

2. Motor kipas evaporator bermasalah

motor kipas berfungsi mengalirkan udara dingin dari bagian atas coil evaporator supaya beredar pada seluruh bagian dalam freezer. Kipas tersebut akan berhenti secara otomatis ketika pintu freezer dibuka lalu kembali berputar saat pintu freezer tertutup. Namun, motor yang rusak akan membuat kipas mati total sehingga freezer kulkas tidak beku.

3. Kipas kondensor tidak berfungsi

komponen ini berputar untuk menarik udara melalui kondensor. Jika kipas atau motor kipas kondensor rusak, maka udara gagal ditarik dan kulkas dingin tapi tidak bisa membekukan. Pada umumnya, kerusakan ini terjadi akibat bantalan motor kipas mengalami air sehingga harus segera diganti.

4. Coil kondensor kotor

biang keladi kenapa air tidak bisa beku di freezer berikutnya adalah kondisi coil kondensor yang kotor. Setiap merek dan tipe kulkas memposisikan coil kondensor pada tempat yang berbeda-beda, misalnya di dalam, belakang, atau bawah freezer.

Coil kondensor yang berada di dalam freezer biasanya cukup terlindungi dan tak mudah kotor. Sebaliknya, coil yang posisinya ada di belakang atau bawah freezer lebih rentan kotor sehingga wajib dibersihkan setiap 6 bulan sekali.

5. Bunga es menumpuk di freezer

masalah kulkas dingin tapi tidak beku rupanya tak selalu disebabkan kerusakan komponen, melainkan bisa juga terjadi akibat penumpukan bunga es di freezer. Akumulasi bunga es yang banyak dan tebal menghalangi sirkulasi udara dingin sehingga kemampuan freezer kulkas dalam hal membekukan jadi terganggu.

6. Thermostat kulkas rusak

komponen thermostat memiliki fungsi vital untuk mengukur dan mempertahankan suhu freezer. Bila thermostat rusak, maka kulkas gagal mengatur suhu freezer hingga membuat kondisi dinginnya kurang maksimal.

7. Pengaturan suhu freezer yang terlalu tinggi

cobalah memeriksa pengaturan suhu freezer ketika kondisinya dingin tapi tidak beku. Suhu freezer yang terlalu tinggi juga dapat membuat aliran udara dingin berkurang bahkan sampai menyebabkan bahan makanan jadi mencair.

Cara Mengatasi Masalah Kulkas Dingin tapi Tidak Beku

Jangan terlalu resah jika sedang mengalami masalah kulkas dingin tapi tidak beku. Atasi pertanyaan tentang kenapa air tidak beku di freezer dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Bersihkan freezer secara rutin

setiap komponen freezer harus dibersihkan secara berkala, seperti coil evaporator, coil kondensor, dan bagian dalam yang rentan tertutup bunga es.

2. Perbaiki atau ganti komponen freezer yang rusak

kerusakan motor kipas evaporator, kipas kondensor, dan thermostat wajib segera diatasi supaya masalah kulkas tidak berkepanjangan. Bila beberapa komponen tersebut rusak dan tidak bisa diperbaiki, maka bergegaslah menggantinya dengan yang baru.

3. Periksa pengaturan suhu kulkas secara berkala

satu lagi hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Anda ketika mengatasi kulkas dingin tapi tidak beku adalah memeriksa pengaturan suhu kulkas. Ingatlah bahwa suhu ideal freezer berkisar di angka -170 C supaya bisa membekukan bahan makanan dan minuman secara maksimal.

Jika Anda sudah kewalahan menghadapi berbagai masalah kulkas, barangkali ini saatnya untuk membeli kulkas baru yang berkualitas. AQUA Elektronik menyediakan Kulkas AQR-695IM dengan berbagai fitur canggih sesuai kebutuhan masyarakat modern. Beberapa keistimewaan yang terdapat pada lemari pendingin berkonsep side by side ini adalah sebagai berikut:

  • New Sterilization Technique: H-Deo menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Revolutionizing Technology: Inovasi HCS-Plus meningkatkan sifat antioksidan, menjaga kesegaran lebih lama dengan teknik kontrol oksigen, dan 90% lebih efektif menjaga kelembapan buah serta sayuran.
  • Antibacterial Panel Odor: mencegah penyebaran bakteri hingga 99,9% dengan menghindari kontaminasi silang dari luar ke dalam sehingga menciptakan lingkungan makanan yang aman dan bersih.
  • Twin Inverter Technology: mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan sehingga kulkas lebih cepat dingin sekaligus mendukung penghematan listrik secara stabil.
  • Vacuum Foaming: busa padat AQUA Vacuum Foam yang meningkatkan efisiensi pendinginan dengan mengurangi risiko kehilangan udara dingin.
  • Precise Multi Flow: proses pembekuan lebih cepat dan rasa lebih segar dengan sistem aliran multi flow yang mempertahankan nutrisi serta tekstur makanan dalam freezer.
  • TOP LED: pencahayaan sejuk yang tidak menghasilkan panas di dalam lemari es sehingga memberikan tampilan terang sekaligus mengurangi hilangnya udara dingin.
  • Flexible Shelves: ketinggian rak dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan yang berbeda. Mudah diatur, dibongkar, dan dibersihkan.
  • 950 Anti-Tipping Bottle Holder: dirancang untuk menyimpan botol dengan aman di tempatnya bahkan saat Anda membuka pintu. Tak ada lagi tumpahan air atau botol yang miring di dalam kulkas.

Sekarang, tentu tak ada alasan lagi untuk enggan memiliki Kulkas AQR-695IM yang disertai banyak keunggulan.Jadi, yuk dapatkan sekarang!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003