Mau Beli AC? Simak Dulu Cara Hitung Kebutuhan AC

Tidak sedikit orang yang masih belum memahami cara menghitung kebutuhan AC atau pendingin ruangan. Kebutuhan AC sendiri dihitung berdasarkan satuan PK. Perhitungan PK dianggap penting supaya AC dapat bekerja secara optimal di suatu ruangan.

Selain itu, menghitung PK AC juga memudahkan pengguna menentukan kebutuhan daya listrik, menghindari risiko kerusakan, dan masa pemakaian AC. Sebaliknya, jika PK AC tidak sesuai akan berdampak pada suhu ruangan dan kinerja AC secara keseluruhan.

Untungnya sudah ada kalkulator PK AC yang akan menjadi panduan dasar dalam memilih AC sesuai kebutuhan.

Apa itu PK AC?

Sebelum membahas kalkulator PK AC, Anda perlu memahami dulu pengertiannya. PK atau Paard Kracht merupakan satuan daya kuda (horse power). Dengan adanya perhitungan PK terhadap suatu ruangan, Anda dapat menentukan kebutuhan AC tanpa mengurangi kinerjanya.

Jenis-jenis AC tentu memiliki nilai PK yang beragam. Sebagai gambaran, standar nilai PK AC terdiri dari:

  • AC ½ PK = +/- 5000 BTU/h.
  • AC ¾ PK = +/- 7000 BTU/h.
  • AC 1 PK = +/- 9000 BTU/h.
  • AC 1 ½ PK = +/- 12000 BTU/h.
  • AC 2 PK = +/- 18000 BTU/h

BTU/h (British Thermal Unit Per Hour) adalah satuan unit untuk menentukan daya dan kapasitas AC untuk mendinginkan ruangan dalam waktu 1 jam dengan kondisi dan luas ruangan tertentu.

Sebenarnya menghitung PK AC bisa menggunakan rumus tertentu. Tetapi, untuk mempermudah perhitungan, Anda juga bisa mengandalkan kalkulator PK AC. Lalu bagaimana tepatnya cara menghitung kebutuhan AC?

Cara Menghitung Kebutuhan AC agar Pemasangannya Lebih Maksimal

Untuk menghitung kebutuhan AC di ruangan, perhatikan cara berikut:

  • Menghitung Luas Bangunan

Pertama, menghitung kebutuhan AC berdasarkan luas bangunan dapat membantu Anda menentukan besar BTU atau daya pendingin AC, daya listrik, dan PK kompresor AC.

Sebagai contoh, ada ruangan mezzanine dua lantai dengan luas 4 x 5 meter persegi. Kebutuhan BTU-nya adalah 500 per jam untuk setiap satu meter persegi. Maka perhitungannya adalah:

BTU = 4 x 5 x 2 x 500

= 20.000 BTU

Berdasarkan angka BTU tersebut, maka sebaiknya AC yang digunakan memiliki 2 – 2,5 PK. Kesimpulan ini mengacu pada perhitungan koefisien PK ke BTU/h, yakni 2 PK sama dengan 18.000 BTU/h.

  • Menghitung Kebutuhan PK AC

Cara menghitung kebutuhan PK AC terbilang mudah asalkan Anda memahami rumusnya. Nah, untuk rumus kebutuhan PK AC dalam BTU adalah:

Kebutuhan PK AC = (P x T x l x L x E) : 60

Keterangan:

  • P: panjang ruangan (dalam satuan feet atau kaki)
  • T: tinggi ruangan (dalam satuan feet atau kaki)
  • l: 10 bagi ruangan berinsulasi (berada di lantai bawah atau terhimpit ruangan lain), 18 bagi ruangan tidak berinsulasi (ruangan di lantai atas)
  • L: lebar ruangan (dalam satuan feet atau kaki)
  • E: nilai yang mengacu pada hadap dinding terpanjang, 16 (hadap utara), 17 (hadap timur), 18 (hadap selatan), dan 20 (hadap timur)

Contohnya Anda akan memasang AC di ruangan dengan panjang 20 kaki (6 meter), lebar 10 kaki (3 meter), tinggi 10 kaki (3 meter), tidak berinsulasi dan dinding paling panjang menghadap ke selatan.

Maka cara menghitung PK AC yaitu:

PK AC = (P x T x l x L x E) : 60

= (20 x 10 x 18 x 10 x 18) : 60

= 648.000 : 60

= 10.800 BTU/h (AC 1 PK)

Kesimpulannya, ruangan dengan kriteria di atas sebaiknya menggunakan AC 1 PK. Untuk perhitungan yang lebih akurat, Anda bisa menanyakan pada teknisi atau orang berpengalaman di bidang instalasi AC.

Mengapa Perlu Memperhitungkan BTU dengan Tepat?

Melalui BTU, Anda bisa mengetahui kemampuan AC dalam mengurangi panas atau mendinginkan suatu ruangan dalam waktu satu jam.

Semakin tinggi nilai BTU/h, maka AC akan lebih cepat mendinginkan ruangan. Tetapi kondisi ini perlu disesuaikan dengan daya listrik agar tidak boros.

Nilai BTU/h juga akan mengonversi kapasitas AC yang diperlukan dalam ruangan. Jadi Anda dapat menentukan kebutuhan PK AC dengan tepat berdasarkan BTU.

Untuk kebutuhan AC di ruangan Anda percayakan pada AC AQA – KCR5AHQ dari AQUA Elektronik. AC ½ PK ini memiliki fitur Turbo Cooling yang mampu menyejukkan ruangan di level suhu yang Anda inginkan kurang dari 5 menit saja atau 47% lebih cepat dari jenis lain.

AC AQA – KCR5AHQ terbuat dari tembaga murni yang dilapisi oleh blue fin. Sehingga unit indoor dan outdoor akan terbebas dari karat. Dalam mengalirkan udara, AC ini bekerja lebih cepat, lebih kuat, dan lebih jauh untuk membuat ruangan semakin sejuk.

Kinerjanya juga tetap stabil dan optimal pada rentan voltase yang lebar (160V – 242V). Ditambah lagi dengan desain istimewa dan menawan, AC AQA – KCR5AHQ merupakan pilihan tepat untuk melengkapi hunian Anda. Segera beli produk terbaiknya hanya di Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003