Intip Apa Saja Perbedaan TV Plasma dan LED!

Saat ini adalah eranya televisi layar datar. TV plasma dan TV LED sama-sama berlayar datar dengan resolusi tinggi, serta memiliki kualitas gambar dan suara yang bagus. Lalu apa perbedaan TV plasma dan LED? Apakah TV plasma sudah digital?

TV plasma menggunakan lampu fluorescent sebagai dasar pencahayaannya. Ketika dialiri arus listrik, jutaan sel plasma pada lampu fluorescent akan menguap dan berpencar sehingga membentuk plasma. Warna pada TV plasma dihasilkan dari fosfor yang terdapat pada sel plasma. Setiap fosfor memiliki 3 warna utama yaitu RGB (Red, Green, Blue). Selain itu, nilai voltase TV berperan untuk memberikan kombinasi warna yang berbeda.

Secara umum, TV plasma memiliki beberapa kelebihan:

  • Menghasilkan warna hitam yang lebih baik dalam
  • Memiliki rasio yang tinggi
  • Harga lebih ekonomis
  • Sudut pandang lebih lebih lebar dibandingkan TV lain
  • Memiliki refresh rate dan response time yang cepat sehingga dapat meminimalisir tampilan gambar kabur.

Sementara, TV LED menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) sebagai penerangan di belakang panel layar. TV LED adalah hasil pengembangan TV LCD (yang menggunakan lampu Fluorescent). Ada dua jenis TV LED di pasaran yaitu RGB LED dan EDGE-LED. Pada tipe RGB LED, lampu LED-nya terdapat di belakang panel layar, sedangkan pada tipe EDGE-LED, lampu LED-nya terdapat di sekeliling layar.

Secara umum, TV LED memiliki beberapa kelebihan:

  • Lebih hemat listrik
  • Lebih ramah lingkungan karena penggunaan listriknya lebih hemat
  • Memiliki tingkatan kontras yang lebih tinggi
  • Ukuran TV cukup tipis, seperti 2,5 cm
  • Beberapa produsen TV LED menawarkan fitur pemrosesan gambar digital, fitur Digital TV Tuner, dan fitur canggih lainnnya yang tidak terdapat di jenis TV lain.

Perbedaan TV Plasma dan LED

Sebelum menentukan pilihan, yuk, lihat lebih dalam perbedaan TV plasma dan LED.

  • Dari segi kualitas gambar

TV plasma memiliki kemampuan menampilkan warna hitam yang lebih dalam dan kontras yang lebih tinggi dibandingkan TV jenis lain. Hal ini membuat gambar terlihat lebih tajam dan detail. Sementara, dari segi kualitas gambar, TV LED memiliki kecerahan yang lebih tinggi.

  • Dari segi daya listrik

TV plasma memiliki tingkat konsumsi energi yang lebih tinggi dibandingkan TV LED. TV plasma menggunakan lebih banyak energi untuk menghasilkan cahaya, sementara TV LED lebih efisien dalam penggunaan energi.

  • Dari segi ketahanan

TV plasma memiliki umur pemakaian yang lebih pendek dibandingkan TV LED. TV plasma memiliki kemampuan untuk mempertahankan kecerahan dan kualitas gambar yang baik dalam waktu tertentu sebelum mengalami penurunan kualitas. Sementara, umur pemakaian TV LED umumnya lebih lama dan dapat bertahan hingga puluhan ribu jam pemakaian.

  • Dari segi desain

Meski sama-sama berlayar datar, namun, ketebalan TV plasma umumnya lebih besar dibandingkan TV LED. Sebab TV plasma membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan komponen plasma. Desain TV LED umumnya lebih tipis dan lebih ramping dibandingkan TV plasma. Oleh karena itu, TV LED dapat dipasang di dinding atau diletakkan di ruangan dengan ukuran yang terbatas.

  • Dari segi harga

Secara umum, TV plasma memiliki harga yang lebih murah dibandingkan TV LED, walaupun ukuran dan kualitas gambar keduanya sebanding. Namun, harga TV LED telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir sehingga perbedaan harga antara keduanya kini tidak terlalu jauh.

Nonton Lebih Nyaman dengan Televisi AQT43P750UX yang Dilengkapi Layar HQLED

Ada tiga faktor utama yang membuat pengalaman menonton TV terasa berbeda. Kejernihan gambar, kedahsyatan suara, dan kenyamanan memilih tontonan. Ketiga keunggulan tersebut akan Anda temukan di televisi AQT43P750UX persembahan dari AQUA Elektronik.

Televisi berukuran 50 inci ini menggunakan teknologi TV LCD yang meningkatkan warna yang presisi sehingga menghadirkan lebih banyak level warna. Sementara, Kontrol Kecerahan Tinggi menciptakan tingkat warna yang halus. Abadikan semua detailnya, melihat gambar yang lebih jernih, menampilkan kedalaman warna.

Kenyamanan menonton makin maksimal berkat fitur 4K HDR yang membuat resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup. Ditambah lagi dengan Dolby Vision yang membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat. Anda akan puas menyaksikan kejernihan gambar pada televisi AQT43P750UX.

Fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Anda juga dapat menikmati Google TV melalui televisi ini. Cukup unduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play, lalu nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda. Fitur Hands-free Voice Control akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan tayangan. Jangan biarkan jarak jauh menghalangi. Katakan saja, dana Anda akan melihatnya. Cukup ucapkan "Hai Google" ("OK Google") untuk memulai.

Ayo, segera miliki televisi AQT43P750UX dan rasakan kenyamanan menonton TV di rumah bersama keluarga! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan promosi dan hadiah menarik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003