Berapa Tinggi TV Dinding Kamar Tidur yang Ideal?

perempuan di depan tv

Keberadaan TV di rumah sangat penting sebagai sarana hiburan yang bermanfaat bagi keluarga. Apalagi saat ini siaran digital membuat variasi tayangan TV semakin beragam untuk semua kalangan usia.

Pemasangan TV di kamar tidur adalah solusi terbaik yang membuat fasilitas kamar tidur makin lengkap dan menyenangkan. Salah satu pertimbangan yang tak boleh luput dari perhatian Anda ketika hendak melakukan hal tersebut adalah tinggi TV dinding kamar tidur yang tepat.

Jangan sampai Anda keliru menentukan tinggi TV dinding yang ideal di kamar tidur sehingga kenikmatan menonton tayangan favorit jadi berkurang. Mari cari tahu tinggi TV dinding kamar tidur yang tepat sebelum melakukan pemasangan.

Mengapa Menentukan Tinggi TV Dinding yang Ideal Sangat Penting?

Tinggi TV dinding kamar tidur berkaitan erat dengan kesehatan dan kenyamanan tubuh Anda selama menggunakannya. Posisi TV yang kurang tepat dapat membuat Anda rentan mengalami nyeri leher dan bahu serta kelelahan mata (asthenopia) sewaktu menonton.

Beberapa gangguan kesehatan tahap awal yang terjadi akibat tinggi TV dinding yang kurang tepat di kamar tidur, antara lain, mata berair dan pandangan kabur serta otot leher, bahu, dan punggung menjadi tegang. Dampak buruk tersebut bahkan bisa semakin parah jika terjadi terus-menerus selama Anda berada di kamar tidur.

Berapa Tinggi TV Dinding Kamar Tidur yang Tepat untuk Anda?

Cara menentukan tinggi TV dinding yang ideal di kamar tidur sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu meletakannya sejajar dengan pandangan mata. Bila Anda lebih sering menonton TV sambil duduk, maka tempatkan TV pada posisi yang sejajar dengan mata ketika duduk.

Ukurlah posisi mata Anda secara akurat supaya dapat menempatkan TV pada lokasi yang tepat. Misalnya, jika posisi mata Anda berada di ketinggian 1,5 meter dari permukaan lantai saat duduk di ranjang, berarti jarak TV dinding dengan permukaan lantai pun harus berkisar di angka tersebut. Hal yang sama juga berlaku kalau Anda lebih suka menonton TV sambil berbaring.

Apa Hal Penting Lainnya saat Memasang TV di Kamar Tidur?

Bukan cuma tinggi TV dinding kamar tidur yang patut jadi perhatian Anda sewaktu melakukan pemasangan. Beberapa hal krusial berikut ini juga wajib dipertimbangkan secara matang:

1. Ukuran layar TV yang tepat

Penggunaan TV dengan layar besar tidak selalu lebih nyaman, terutama jika Anda meletakannya di kamar tidur yang mungil. Society of Motion Picture and Television Engineers (SMPTE) menyatakan bahwa Anda harus menentukan ukuran TV berdasarkan jarak pandang dengan rumus 0,625 dikalikan jarak pandang (dalam inci).

Contohnya, jika Anda memiliki jarak pandang sejauh 160 cm atau 64 inci dari ranjang ke dinding kamar tidur, maka ukuran layar TV yang tepat untuk Anda adalah: 64 x 0,625= 40 inci. Semakin besar jarak pandang yang Anda miliki, maka semakin besar pula ukuran layar TV yang dapat Anda gunakan.

2. Jauhkan TV dari sinar matahari

jangan mengabaikan pancaran sinar matahari yang mengenai TV dinding kamar tidur. Pantulan sinar matahari di layar TV akan menimbulkan kesan silau sehingga momen menonton jadi kurang nyaman.

Jika Anda terpaksa meletakkan TV di dinding kamar yang langsung terkena sinar matahari, pasanglah gorden tebal pada jendela kamar untuk menghalau sinar matahari tersebut.

3. Atur kabel agar tampak rapi

Penampilan TV dinding kamar tidur biasanya terlihat berantakan akibat banyak kabel yang menjuntai di sekelilingnya. Anda harus menyiasati gangguan ini dengan menata kabel secara seksama.

Rapikan dan ikat kabel menjadi satu lalu tempelkan pada dinding menggunakan klem. Cara efektif lainnya untuk mengatasi masalah kabel berantakan adalah memasang sebuah panel tambahan pada dinding. Dengan demikian, Anda dapat menyembunyikan kabel TV dan antena secara leluasa supaya tidak mengganggu interior kamar tidur.

4. Dukungan sistem pencahayaan yang memadai

Bukan hanya sinar matahari yang membuat layar TV terkesan silau, melainkan juga pemilihan jenis lampu kamar tidur yang kurang tepat. Alangkah lebih baik bila Anda memilih lampu kamar dengan fitur dimmer sehingga tingkat kecerahannya dapat diatur secara mandiri. Ketika sedang menonton TV, Anda bisa menyetel lampu dengan mode warmlight supaya mata merasa nyaman.

Setelah menyimak ulasan ini, Anda tentu tak lagi kesulitan menentukan tinggi TV dinding kamar tidur yang tepat. Sekarang, Anda tinggal memilih TV berkualitas untuk menyempurnakan fasilitas hiburan di kamar tidur. Salah satu rekomendasi TV yang sayang untuk dilewatkan adalah TELEVISI AQT55S900UX dari AQUA Elektronik.

  • Android Smart TV dengan layar berukuran 55 inci ini memiliki resolusi 3840x2160 pixel dengan sejumlah fitur canggih sebagai berikut:
  • QLED: teknologi layar yang menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrolnya secara tepat.
  • Google TV: memungkinkan Anda mengunduh semua aplikasi dan permainan favorit dari Google Play untuk ditampilkan secara leluasa di layar utama Google TV.
  • MEMC 120 Hz: meningkatkan kejernihan gambar, mengurangi blur di setiap gerakan, dan mengantisipasi gambar berbayang.
  • Dolby Atmos: memadukan tayangan favorit dengan realisme suara bergerak menakjubkan seperti pengalaman menonton film di bioskop.
  • Dolby Vision: meningkatkan akurasi warna sehingga gambar terlihat lebih hidup.
  • Hands-free Voice Control: mode perintah suara yang dapat dikendalikan jarak jauh hanya dengan mengatakan ‘OK Google” untuk memulai.

Kini, tentu tak ada keraguan lagi untuk memasang TV di kamar tidur demi mendapatkan hiburan berkualitas yang Anda impikan. TELEVISI AQT55S900UX persembahan AQUA Elektronik siap menyajikan pengalaman menonton luar biasa untuk Anda sekeluarga.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003