Saatnya Pakai Mesin Cuci dengan IoT, Ini Keunggulannya!

Manfaat mesin cuci untuk mempermudah rutinitas bersih-bersih tentu tak perlu diragukan lagi. Perkembangan mesin cuci dari segi fitur dan kapasitas bahkan tak hanya bermanfaat bagi rumah tangga, melainkan juga mendukung kesuksesan bisnis penatu (laundry). Kini, integrasi IoT pada mesin cuci membuat perangkat tersebut kian canggih dan semakin bermanfaat bagi masyarakat modern.

Prinsip IoT yang mulai disertakan pada berbagai perangkat elektronik rumah tangga seperti mesin cuci AI merupakan inovasi yang sayang untuk dilewatkan. Mari kenali berbagai keunggulan IoT pada mesin cuci agar keputusan untuk membelinya semakin mantap.

Apa Itu IoT?

Internet of Things (IoT) dapat didefinisikan sebagai suatu konsep yang menghubungkan berbagai perangkat elektronik dengan mengandalkan koneksi internet. Sekarang, internet tak hanya bisa digunakan pada perangkat tertentu seperti smartphone, tablet PC, dan laptop.

Banyak perangkat elektronik lainnya yang dapat dioperasikan dengan dukungan internet, salah satunya yaitu kehadiran IoT pada mesin cuci. Mesin cuci pintar atau smart washing machine bukan sekadar membantu proses pencucian, tetapi juga membantu mewujudkan gaya hidup modern yang makin praktis.

Beragam Fitur Canggih IoT pada Mesin Cuci

Teknologi mesin cuci satu tabung membuat pengaturan jumlah air dilakukan secara otomatis. Faktanya, hal canggih tersebut mulai tertinggal bila dibandingkan dengan mesin cuci AI. Konsep IoT pada mesin cuci mampu menghadirkan fitur-fitur canggih sebagai berikut:

  • Kontrol pintar dengan koneksi wifi: koneksi wifi pada smart washing machine membuat Anda dapat mengontrol program pencucian dari jarak jauh, bahkan ketika Anda sedang tidak berada di rumah.
  • Sistem penghitung detergen dan pelembut otomatis: kecanggihan lainnya yang terdapat pada mesin cuci pintar adalah sistem penghitung detergen dan pelembut otomatis. Perangkat elektronik tersebut akan menghitung detergen dan pelembut secara mandiri berdasarkan bobot cucian. Keunggulan ini tentu membuat penggunaan detergen, pelembut, dan air jadi lebih hemat.
  • Penghasil uap panas: bahan tertentu biasanya membutuhkan suhu air lebih panas dalam proses pencucian supaya bisa bersih maksimal. Kebutuhan ini dapat terpenuhi kalau Anda menggunakan mesin cuci AI. Salah satu fitur mesin cuci tersebut bisa menghasilkan uap panas yang meresap ke serat-serat bahan sehingga efektif menghilangkan bau dan kekusutan.

Manfaat Penggunaan Mesin Cuci AI

IoT pada mesin cuci akan memberikan beberapa manfaat istimewa berikut ini jika Anda menggunakannya dengan cara yang tepat:

  • Membuat proses pencucian berlangsung otomatis bahkan ketika Anda sedang tidak berada di rumah sebab pengontrolannya bisa dilakukan dari jarak jauh. Manfaat ini tentu sangat cocok bagi Anda yang kerap sibuk beraktivitas di luar rumah seharian.
  • Membantu menjaga kualitas bahan pakaian atau benda lainnya, seperti selimut, seprai, gorden, dan sebagainya. Pilihan mode pencucian yang beragam pada mesin cuci AI membuat Anda leluasa menyesuaikannya dengan jenis bahan yang akan dicuci.
  • Mendukung penghematan pengeluaran karena penggunaan air, detergen, dan pelembut lebih efisien. Lebih hebatnya lagi, teknologi inverter canggih pada smart washing machine juga memungkinkan Anda menghemat konsumsi daya listrik.
  • Mempermudah proses operasional bisnis laundry karena staf laundry bisa mencuci secara otomatis sambil melakukan aktivitas lainnya selama bekerja. Hasil pencucian pun bersih maksimal dan risiko kerusakan bahan lebih minim.
  • Menyempurnakan interior rumah karena mesin cuci pintar hadir dengan tampilan estetik dan ukuran cukup minimalis meskipun kapasitas pencuciannya tergolong besar. Itulah sebabnya mesin cuci pintar juga cocok bagi Anda yang mengalami keterbatasan lahan interior rumah.

Panduan Praktis Merawat Mesin Cuci Pintar

Inovasi IoT pada mesin cuci tidak membuat proses perawatannya lebih rumit daripada mesin cuci biasa. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar mesin cuci pintar kesayangan senantiasa awet:

  • Letakkan mesin cuci pada posisi terbaik, yaitu di tempat yang datar, kering, dan jauh dari gangguan hama (seperti tikus). Posisi yang tepat akan membuat mesin cuci selalu bekerja secara normal.
  • Perbarui aplikasi smartphone yang terhubung dengan mesin cuci AI secara berkala supaya pengoperasiannya senantiasa lancar.
  • Usahakan memasang perangkat stabilizer pada mesin cuci pintar agar aliran listriknya selalu stabil. Aliran listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan mesin cuci bahkan meningkatkan risiko korsleting.
  • Bersihkan bagian dalam mesin cuci secara teratur karena kotoran yang menumpuk dapat mengganggu proses pencucian bahkan membuat hasilnya jadi kurang bersih. Beberapa komponen mesin cuci yang harus dijaga kebersihannya, antara lain drum, filter, dan ventilasi serat pengering.
  • Lakukan proses pencucian tanpa melebihi kapasitas mesin cuci. Kebiasaan mencuci dengan kapasitas berlebihan berisiko merusak mesin cuci karena membuat setiap komponennya bekerja ekstra keras. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat mengakibatkan hasil pencucian kurang bersih.

Segala kecanggihan yang terdapat pada mesin cuci AI tentu membuat Anda tak sabar ingin segera menggunakannya di rumah. AQUA Elektronik punya referensi smart washing machine terbaik untuk Anda, yaitu MESIN CUCI FQW-1160DF . Seri mesin cuci bukaan depan (front load) berkapasitas 11 kg ini dilengkapi beberapa fitur canggih sebagai berikut:

Color Touch: layar sentuh yang indah dengan warna cerah. Proses pengoperasiannya mudah karena mengombinasikan keindahan seni dan teknologi.

WIFI Haismart: teknologi yang membuat mesin cuci bisa terhubung dengan smartphone sehingga Anda bisa memilih program pencucian, memeriksa waktu yang tersisa, dan memperoleh notifikasi tentang waktu ketika cucian selesai diproses.

Direct Drive (DD) Inverter: Aqua Direct Motors telah dirancang khusus agar tahan lama. Proses pengoperasiannya berlangsung tanpa sabuk karena motor dipasang langsung ke tabung sehingga bisa mengurangi kebisingan dan getaran secara signifikan. Teknologi ini juga meningkatkan daya tahan mesin cuci sekaligus mengurangi konsumsi energi dan air.

Smart Dosing: sistem yang mampu menghitung jumlah penggunaan detergen dan pelembut yang dibutuhkan berdasarkan berat cucian. Smart Dosing tentu membantu Anda menghemat air, detergen, dan pelembut setiap hari.

Refresh: uap hangat yang meresap ke dalam pakaian sehingga efektif menghilangkan bau, meminimalkan kusut, dan menjaga pakaian kesayangan seperti baru.

Momen mencuci pakaian yang terasa merepotkan tak akan terjadi lagi bila Anda memilih MESIN CUCI FQW-1160DF sebagai perangkat elektronik andalan di rumah. Rasakan pengalaman mencuci yang lebih menyenangkan dengan kehadiran mesin cuci AI berkonsep futuristik dari AQUA Elektronik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003