Serasa Nonton Bioskop di Rumah, Ini Tipsnya!

Akhir pekan kerap dianggap sebagai momen terbaik untuk bersantai di rumah setelah lelah beraktivitas di hari kerja. Kalau Anda termasuk orang yang hobi menghabiskan waktu liburan tanpa bepergian, tentu saja Anda harus lebih cermat menyiapkan sarana hiburan menyenangkan di rumah.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menghadirkan suasana nonton bioskop di rumah supaya seluruh anggota keluarga merasa betah. Apalagi saat ini banyak sekali rekomendasi drama Netflix yang tidak kalah seru dibandingkan film-film baru di bioskop.

Beragam Manfaat Menonton Film yang Belum Diketahui Banyak Orang

Aktivitas menonton film ternyata bukan sekadar tentang hiburan yang menyenangkan. Lebih dari itu, nonton di rumah nyatanya dapat memberikan beragam manfaat berikut ini:

  • Membuat pikiran dan tubuh lebih rileks: manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan nonton bioskop di rumah adalah kondisi tubuh dan pikiran yang lebih rileks. Menonton film-film favorit bergenre ringan seperti komedi, fantasi, atau kartun akan membangkitkan emosi positif yang membuat Anda sekeluarga merasa lebih rileks.
  • Menjaga keharmonisan hubungan keluarga: nonton di rumah secara rutin juga bisa menjadi sarana perekat hubungan terbaik bila dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Jadi, tak ada salahnya Anda menetapkan jadwal menonton TV di rumah secara teratur dan memilih film yang cocok dinikmati seluruh kalangan usia.
  • Menjadi sarana pendidikan bagi seluruh anggota keluarga: pendidikan bukan cuma dibutuhkan anak-anak usia sekolah. Faktanya, setiap orang tak boleh malas belajar hal-hal baru agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Salah satu cara paling menyenangkan untuk belajar yaitu melalui kegiatan nonton bioskop di rumah bersama keluarga.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa: cara meningkatkan kemampuan berbahasa dapat dimulai dari hal-hal sederhana, salah satunya adalah menonton film. Anda sekeluarga bisa memelajari berbagai kosakata baru, aksen, dan detail berbahasa yang menarik lainnya dalam setiap film.

Tips Menciptakan Suasana Nonton Bioskop di Rumah

Kalau Anda ingin segera merasakan sensasi nonton di rumah seperti di bioskop, jangan ragu menghadirkannya dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Menyiapkan ruangan khusus: langkah pertama yang mesti dilakukan bila ingin menikmati suasana nonton bioskop di rumah adalah menyiapkan ruangan khusus. Fungsi ruangan ini sebaiknya tidak digabung untuk kebutuhan lainnya seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Dengan demikian, Anda lebih leluasa mengatur interior serta meletakkan perabot lainnya yang penting untuk mendukung aktivitas menonton film.
  • Memasang panel peredam suara: bila sudah menyiapkan ruangan khusus, maka selanjutnya Anda patut memasang panel peredam suara atau panel akustik pada ruangan tersebut. Jenis panel ini penting untuk mencegah suara terdengar di luar ruangan sekaligus meminimalkan gema. Selain mempertimbangkan ukuran ruangan yang hendak dipasangi panel, Anda juga harus teliti mengenal berbagai jenis panel serta kelebihan kekurangannya sebelum menentukan pilihan. Beberapa macam panel yang lazim digunakan untuk bioskop di rumah, antara lain diaphragmatic absorber, panel bass trap, dan linear diffuser.
  • Memilih TV berukuran besar: ruangan bioskop di rumah sebaiknya berukuran cukup besar supaya Anda bisa menghadirkan suasana secara maksimal dengan TV yang layarnya besar. Jangan lupa bahwa pemilihan ukuran TV juga harus mempertimbangkan ukuran ruangan. Idealnya, jarak layar TV dan tempat duduk kurang lebih sama dengan lima kali ukuran layar TV. Contohnya, Anda bisa memilih TV berukuran 50 inci (50 x 2,5 cm = 125 cm) kalau jarak antara layar TV dan tempat duduk kurang lebih 125 cm x 5= 625 cm atau 6,25 meter. Ukuran TV yang tepat akan membuat aktivitas menonton terasa nyaman dan mengurangi risiko gangguan kesehatan mata.
  • Menggunakan perangkat audio berkualitas: TV besar saja belum cukup untuk mewujudkan suasana nonton bioskop di rumah. Jadi, Anda juga patut menggunakan perangkat audio berkualitas. Perangkat tersebut membuat suara film terdengar lebih jernih dan setiap efek yang terdapat di dalamnya pun terasa lebih jelas. Jangan biarkan pengalaman nonton di rumah jadi kurang berkesan hanya karena kualitas audio di bawah rata-rata.
  • Memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi yang stabil: hobi menonton film sekarang terasa makin praktis dengan dukungan koneksi internet. Oleh sebab itu, Anda juga mesti menghadirkan koneksi internet berkecepatan tinggi yang stabil agar bisa mengakses rekomendasi drama Netflix maupun tayangan lainnya secara lancar. Fasilitas penting yang satu ini tentu membuat momen menonton film di rumah bersama keluarga jadi makin menyenangkan.
  • Menyempurnakan suasana dengan camilan favorit: jika semua persiapan nonton bioskop di rumah sudah rampung, hal terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah camilan favorit. Nonton di rumah memang terasa kurang lengkap tanpa kehadiran berbagai camilan kesukaan keluarga. Kendati demikian, usahakan agar camilan yang Anda siapkan tetap bergizi seimbang supaya tidak mengganggu kesehatan. Beberapa rekomendasi camilan istimewa yang cocok untuk bioskop mini di rumah, antara lain popcorn, kacang panggang atau rebus, dan buah-buahan segar.

Kini, Anda tak perlu bingung lagi menentukan perangkat elektronik terbaik untuk mendukung kelengkapan bioskop di rumah sebab AQUA Elektronik telah menghadirkan TELEVISI AQT55S900UX.

Android Smart TV berukuran 55 inci ini dilengkapi sistem operasi Google TV yang membuat Anda bebas mengunduh semua aplikasi dan permainan favorit dari Google Play. Layarnya berteknologi QLED yang menciptakan warna lebih luas, akurat, dan dapat dikontrol secara tepat.

TELEVISI AQT55S900UX juga dibekali teknologi Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC) 120 Hz yang meningkatkan kejernihan gambar, mengurangi blur di setiap gerakan serta gambar yang berbayang. Dolby Atmos yang disertakan pada seri TV AQUA Elektronik ini akan menghadirkan suara dengan realisme menakjubkan seperti pengalaman menonton bioskop.

Bahkan, TV pintar tersebut juga mempunyai fitur Dolby Vision yang membuat gambar makin hidup dan warna makin akurat. Teknologi Hands-Free Voice Control-nya merealisasikan kontrol TV yang praktis hanya dengan mengatakan kalimat pembuka “OK Google”.

Rencana menikmati sensasi nonton bioskop di rumah bersama keluarga akan berlangsung mulus dengan persiapan memadai yang Anda lakukan dari sekarang.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003