Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Bahan Alami

Sedang mencari cara membersihkan mesin cuci yang aman? Bahan kimia memang efisien untuk membersihkan mesin cuci, namun dalam jangka panjang dapat merusak mesin. Untuk itu, Anda sebaiknya mulai membersihkan mesin cuci dengan bahan alami. Membersihkan mesin cuci dengan bahan alami bukan hanya aman tetapi juga mampu merawat mesin cuci.

Lalu bagaimana langkah-langkah membersihkan mesin cuci secara mudah dengan bahan alami? Anda dapat menyimak penjelasan tentang cara membersihkan mesin cuci dengan bahan alami dalam ulasan berikut ini.

Membersihkan bagian luar mesin cuci

Untuk membersihkan bagian luar mesin cuci sebenarnya cukup mudah. Anda cukup menggunakan kain lap bersih. Pastikan untuk menggunakan kain lap berbahan microfiber. Agar kotoran bisa terangkat sempurna, kamu sebaiknya merendam kain lap dalam rendaman air cuka. Membuat rendaman air cuka pun mudah. Cukup campurkan dua cangkir air cuka putih dengan air bersih. Larutan ini efektif mengangkat kotoran yang menempel pada mesin cuci.

Saat mengelap bagian luar mesin cuci, usahakan agar kain lap tidak terlalu basah. Kain lap yang terlalu basah hanya akan menimbulkan jejak air yang nantinya susah dibersihkan. Pastikan juga untuk selalu memeras kain setelah merendamnya dalam larutan cuka putih. Setelah selesai, seka dengan kain yang telah dibasahi air bersih agar cuka tidak mengendap. Cara membersihkan ini bisa diterapkan pada mesin cuci bukaan atas dan depan.

Membersihkan tabung mesin cuci

Tabung mesin cuci adalah ruang tempat kamu memasukkan pakaian yang akan dicuci. Bagian ini sangat rentan kotor karena bersinggungan langsung dengan pakaian kotor yang dimasukkan ke dalam mesin cuci. Untuk itu, Anda harus rutin merawatnya. Cara merawat tabung mesin cuci yang paling mudah adalah dengan membersihkannya.

Untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci dengan benar harus melihat model mesin cucinya terlebih dulu. Ini karena cara membersihkan mesin cuci bukaan atas dan depan akan berbeda. Berikut cara membersihkan tabung mesin cuci bukaan atas.

Baca juga: Begini Cara Memilih AC Low Watt 1 PK yang Tepat

Mesin cuci bukaan atas (top loading)

Pertama-tama, buka pintu mesin cuci. Anda bisa menyiapkan air hangat sesuai dengan kapasitas maksimal mesin cuci.

Setelah itu, tambahkan 4 cangkir cuka putih. Putar mesin cuci hingga air hangat dan cuka tercampur rata. Biarkan mesin cuci berputar agar sisa-sisa sabun dan residu lain benar-benar terangkat dari tabung mesin cuci.

Biarkan larutan cuka keluar melalui selang mesin cuci agar sisa-sisa kotoran yang menempel pun terangkat. Jika aroma cuka masih tercium, bilas mesin dengan air bersih.

Mesin cuci bukaan depan (front loading)

Untuk membersihkan tabung mesin cuci bukaan depan, Anda juga membutuhkan air hangat dan cuka putih. Namun takaran cukanya lebih sedikit, yaitu ¾ cangkir saja. Anda juga bisa menambahkan cairan pemutih tanpa klorin. Setelah semua bahan pembersih siap, buka pintu mesin cuci dan masukkan larutan tersebut.

Putar mesin cuci hingga satu siklus putaran selesai. Biarkan larutan keluar melalui selang mesin cuci untuk membersihkan saluran di antara tabung mesin cuci dan selang. Aroma cuka masih tercium? Bilaslah dengan air bersih kemudian seka dengan air bersih. Meski simpel, cara membersihkan mesin cuci ini sangat ampuh mengangkat kotoran.

Mesin Cuci Yang Mampu Membersihkan Sendiri

Untuk kamu yang cukup sibuk, memilih mesin cuci yang dapat membersihkan dirinya sendiri kini bukan hal yang mustahil. Ya, karena mesin cuci AQUA Elektronik FQW-105728QD memiliki fitur Smart Dual Spray. Fitur ini mampu membersihkan mesin cuci, membilas gasket dan pintu dengan menyemprotkan air. Selain mampu membersihkan kotoran, fitur ini juga mampu membersihkan sisa gelembung dan memastikan mesin cuci selalu dalam kondisi higienis.

Mesin cuci AQUA Elektronik FQW-105728QD sangat cocok untuk kamu yang sibuk karena mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur Night Wash. apabila Anda ingin menjemur pakaian di pagi hari Anda dapat mengaktifkan fungsi ini. . Ketika fungsi Night Wash diaktifkan maka tabung mesin cuci akan terus berputar dengan kecepatan rendah untuk mencegah pakaian terlilit dan menjadi apek. fungsi ini dapat bekerja maksimal selama 12 jam Dengan mode ini Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga setelah pulang bekerja . Pakaian bersih, waktu bersama keluarga juga tidak terbuang.

Itulah cara membersihkan mesin cuci dengan bahan alami. Plus tips untuk menghemat waktu kamu dalam mencuci baju. Pastikan Anda melakukannya secara rutin untuk menghindari kerusakan mesin. Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan mesin cuci dengan benar. Anda bisa menyimak tips menggunakan mesin cuci otomatis dengan benar ini. Rawat mesin cuci Aqua Japan Anda agar tetap awet ya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003