Ingin Beli AC Baru? Ketahui Berapa PK AC yang Anda Butuhkan

Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan Air Conditioner (AC) telah menjelma menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern. AC dianggap sebagai solusi untuk mengatasi cuaca yang panas sekaligus membantu mengurangi risiko penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit di dalam ruangan. Ada banyak hal yang patut jadi pertimbangan ketika Anda hendak membeli AC baru. Selain mempertimbangkan anggaran, hal penting lainnya yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah ukuran PK AC.

Jika Anda belum terlalu memahami jenis-jenis PK AC yang beredar di pasaran, ulasan berikut ini akan menambah wawasan Anda tentang hal tersebut agar Anda bisa memilih AC sesuai kebutuhan.

Apa Itu PK AC?

PK AC adalah satuan untuk mengukur tenaga AC yang dibutuhkan untuk mendinginkan suatu ruangan. Kata PK merupakan akronim kosa kata Bahasa Belanda, yaitu Paard Kracht atau sering juga disebut Horsepower (HP) dalam Bahasa Inggris. Penentuan besaran PK biasanya mengandalkan British Thermal Unit (BTU) sebagai acuan. Standar besaran PK bila dibandingkan dengan batas maksimal BTU-nya adalah sebagai berikut:

  • ½ PK= 5.000 BTU
  • ¾ PK= 7.000 BTU
  • 1 PK= 9.000 BTU
  • 1 ½ PK = 12.000 BTU
  • 2 PK= 18.000 BTU

Nilai BTU bisa diperoleh dengan mengalikan panjang dan lebar ruangan dalam satuan meter dengan besaran baku BTU senilai 500. Misalnya, ruangan berukuran 3x6 meter memiliki nilai BTU sebagai berikut:

3 x 6 x 500 BTU = 9.000 BTU

Artinya, ruangan berukuran 3x6 meter membutuhkan 1 PK AC agar suhu dinginnya terasa maksimal. Penggunaan AC ½ PK atau ¾ PK belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ruangan tersebut. Sementara itu, penggunaan AC di atas 1 PK akan membuat ruangan tersebut terasa sangat dingin.

Mengapa Ukuran PK AC Berbeda-beda?

Perbedaan PK AC dibuat untuk memfasilitasi kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, ruangan berukuran kecil tidak membutuhkan PK AC yang terlalu besar agar kondisinya sejuk tanpa menyebabkan penggunaan listrik secara boros. Sebaliknya, ruangan berukuran besar membutuhkan PK AC yang besar pula supaya manfaat AC semakin terasa maksimal.

Semakin besar ukuran PK AC, maka semakin mahal pula harga jualnya. Memilih PK AC kecil untuk ruangan mungil di rumah membuat Anda tetap hemat ketika menyiapkan anggaran untuk membeli AC baru sekaligus ketika membayar tagihan listrik. Itulah mengapa, Anda perlu mengetahui PK AC supaya sesuai kebutuhan ruangan Anda.

Mengenal Macam-Macam PK AC

Jenis PK AC serta ukuran ruangan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • AC ½ PK= untuk ruangan berukuran maksimal 10 meter persegi, misalnya ruangan kantor kecil.
  • AC ¾ PK= untuk ruangan berukuran maksimal 14 meter persegi, misalnya kamar tidur kecil.
  • AC 1 PK= untuk ruangan berukuran maksimal 18 meter persegi, misalnya kamar tidur sedang.
  • AC 1 ½ PK = untuk ruangan berukuran maksimal 24 meter persegi, misalnya kamar tidur besar, ruang tamu, dan ruang keluarga.
  • AC 2 PK= untuk ruangan berukuran maksimal 36 meter persegi, misalnya ruang ibadah kecil (musala), ruang serbaguna, ruangan kantor, dan kafe kecil.

Hal Penting Lainnya yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli AC

Selain mencermati jenis-jenis PK AC dan menghitung ukuran ruangan, Anda juga wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli AC.

  • Daya listrik yang dibutuhkan AC: rata-rata AC 1 PK membutuhkan daya listrik kurang lebih 800 watt, tergantung merek dan fitur yang terdapat di dalamnya. Jadi, pastikan bahwa daya listrik di rumah Anda bisa mencukupi kebutuhan daya listrik AC.
  • Menggunakan satu AC untuk dua ruangan: penggunaan satu AC untuk dua ruangan sekaligus bisa dilakukan bila Anda memilih PK AC besar dan letak ruangan tersebut bersebelahan. Unit indoor AC dapat diletakkan di antara dua ruangan sehingga masing-masing ruangan tersebut bisa mendapatkan hawa sejuk yang dihasilkan oleh AC.
  • Fitur hemat energi: alangkah lebih baik bila Anda cermat memilih AC yang memiliki fitur hemat energi sehingga risiko tagihan listrik yang membengkak dapat diminimalkan.
  • Fitur pendukung kesehatan: selain fitur hemat energi, fitur lainnya yang mendukung kesehatan juga penting. AC yang mampu menyaring udara kotor dan mencegah penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit akan membuat kesehatan Anda dan terjamin.

Sekarang, Anda tak perlu bingung lagi memilih AC karena Aqua Japan memiliki berbagai tipe AC untuk memenuhi kebutuhan Anda. Salah satu tipe AC favorit yang diminati banyak orang adalah AC Aqua Japan seri AQA-KCRV10WP. Keistimewaan AC Aqua Japan ini terletak pada beberapa fitur unggulan sebagai berikut:

  • Eco Mode: 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160 watt untuk ½ pk.
  • Aqua Fresh: teknologi yang mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Tenaga ekspansi dan hembusan kipas akan membuat kotoran hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih bebas virus dan bakteri.
  • Inverter Plus: dapat mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan listrik hingga 63%.
  • Anti Corrosion: tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor yang dapat mencegah timbulnya karat pada unit indoor maupun outdoor.
  • Hyper PCB: Papan sirkuit lolos uji ketahanan yang berat dan terbukti andal, mampu bertahan hingga 10 tahun dengan pemakaian normal.
  • Big Blade: desain kipas blower lebih Panjang dan besar sehingga mampu menghembuskan udara hingga 12 meter.

AC berkualitas dengan ukuran PK sesuai kebutuhan akan mendinginkan ruangan secara maksimal sekaligus menjaga kehigienisannya tanpa membuat tagihan listrik meroket. Jadikan AC Aqua Japan seri AQA-KCRV10WP sebagai salah satu fasilitas pendukung kenyamanan Anda sekeluarga di rumah.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003