Kepanasan saat Tidur? Simak Tips Memilih AC untuk Kamar Tidur

Salah satu ruangan yang sering jadi prioritas untuk pemasangan AC di rumah adalah kamar tidur. Beristirahat di kamar dengan suasana yang nyaman dan udara yang sejuk tentu akan membuat waktu istirahat Anda tenang. Untuk itu, Anda perlu tahu tips memilih AC yang tepat untuk kamar tidur.

Bayangkan tidur di kamar yang panas. Alih-alih nyaman, rasa ngantuk mungkin akan hilang karena Anda sibuk kipas-kipas untuk mengusir rasa gerah. Jika tidur tidak nyenyak, aktivitas Anda sehari-hari bisa terganggu. Kualitas tidur yang kurang baik bisa membuat Anda susah berkonsentrasi dan mengurangi produktivitas.

Jika kamar tidur dipasangi AC, Anda dapat beristirahat dengan maksimal. Selain karena kesejukan AC, udara yang dihasilkan AC juga jadi bersih. Hal ini karena AC juga bisa berfungsi menjaga kebersihan udara di ruangan. Pada berbagai jenis AC, terdapat filter yang bisa menyaring kotoran dan debu sehingga udara dingin yang dikeluarkan oleh AC lebih bersih.

Tips Memilih AC untuk Kamar Tidur

Saat ini ada berbagai jenis AC yang tersedia untuk kamar tidur. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mengetahui dulu tips membeli AC untuk kamar tidur. Berikut tips memilih AC untuk kamar tidur.

Sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan

Dengan berbagai jenis AC yang tersedia, Anda perlu memperhatikan tips yang satu ini agar tidak salah beli. Tips membeli AC untuk kamar tidur yang pertama adalah menentukan ukuran Paardekracht (PK), yaitu besaran tenaga yang bisa dibuat oleh pendingin ruangan. Bila ukuran PK dengan luas kamar tidur sesuai, maka udara dingin yang dihasilkan AC bisa menyebar dengan rata ke seluruh penjuru ruangan.

Cara menentukan PK yang sesuai dengan kebutuhan Anda yaitu dengan menghitung menggunakan rumus khusus, lalu cocokkan hasilnya dengan panduan PK berikut ini

  • 5.000 BTU/h pakai AC ½ PK
  • 7.000 BTU/h pakai AC ¾ PK
  • 9.000 BTU/h pakai AC 1 PK
  • 12.000 BTU/h pakai AC 1½ PK
  • 18.000 BTU/h pakai AC 2 P1/2 PK

Selain rumus di atas, ada rumus lainnya untuk menghitung PK AC, dengan catatan tinggi ruang antara 2,5–3 meter (hasil perhitungan menggunakan satuan British Thermal Unit/BTU):

Panjang ruang (m) x lebar ruang (m) x 500

Misalnya, ukuran kamar tidur Anda 3 meter x 6 meter. PK AC yang tepat untuk kamar Anda adalah: 6 x 3 x 500 = 9.000 BTU. Berarti, kamar Anda perlu AC berukuran 1 PK.

Perhatikan aspek kesehatan

Tips membeli AC untuk kamar tidur yang tak kalah pentingnya adalah dengan memperhatikan aspek kesehatannya. Saat ini, sudah ada AC yang memiliki fitur untuk membunuh virus dan bakteri sehingga udara yang dihasilkan menjadi lebih bersih. Memiliki AC dengan fitur seperti ini tentu akan membuat Anda lebih tenang saat menikmati kesejukan AC.

Pilih AC yang hemat listrik

Tips memilih AC selanjutnya berkaitan dengan daya listrik. Pastikan AC yang Anda gunakan memiliki teknologi yang bisa menghemat daya listrik. Contohnya, AC inverter yang bisa mendinginkan ruangan dalam waktu cepat. Secara umum, penggunaan AC inverter dapat menghemat pemakaian listrik sekitar 30% dibandingkan AC lainnya.

Pilih merek AC yang terpercaya

Ada berbagai jenis AC dan merek AC yang tersedia di pasaran. Untuk tahu merek mana yang berkualitas, Anda perlu melihat-lihat dulu dan membandingkan merek yang satu dengan merek lainnya. Pastikan Anda memilih AC dari merek yang sudah terpercaya. Merek yang memiliki reputasi baik kemungkinan besar memproduksi produk AC yang memang berkualitas baik.

AC Inverter AQA-KCRV9WG Hadirkan Udara Sejuk Bebas Virus dan Bakteri

AC yang dipasang di kamar tidur biasanya akan dinyalakan semalaman setiap hari. Oleh karena itu, tips membeli AC untuk kamar tidur sebaiknya yang bisa hemat listrik, seperti AC Inverter AQA-KCRV9WG persembahan dari AQUA Elektronik. AC ini dilengkapi teknologi Inverter Plus yang mampu mengontrol perubahan suhu secara presisi sehingga dapat menghemat daya listrik hingga 63%. AC ini juga dilengkapi teknologi High EER yang membuat konsumsi listrik jadi hemat, dibuktikan dengan rasio efisiensi energi berlabel bintang 4. Anda pun tak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak walaupun setiap hari menyalakan AC ini selama berjam-jam.

Keunggulan lain dari AC Inverter AQA-KCRV9WG adalah fitur Aqua Fresh yang menghasilkan udara dingin bebas bakteri dan virus. Fitur ini mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel sehingga udara yang dikeluarkan oleh AC lebih bersih. Didukung dengan Big Blade, yaitu desain kipas blower yang lebih besar dan panjang, embusan udara dingin yang dihasilkan olah AC Inverter AQA-KCRV9WG dapat mencapai 12 meter sehingga memenuhi kamar secara maksimal.

Satu fitur lagi yang membuat Anda akan semakin tertarik pada AC Inverter AQA-KCRV9WG adalah Air Fragrance. Pada bagian filternya, terdapat tempat aroma pewangi udara yang bisa diisi dengan pewangi aroma kesukaan Anda. Anda pun bisa mendapatkan udara dingin yang segar dan wangi tanpa perlu menggantung pewangi ruangan. Nyaman sekali, bukan?

Jadi, ikuti tips memilih AC di atas dan segera lengkapi kamar tidur Anda dengan AC Inverter AQA-KCRV9WG persembahan dari AQUA Elektronik. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan temukan informasi lebih detail tentang AC ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003