Mau Beli AC? Ini Cara Memilih Ukuran AC atau PK Sesuai Ruangan

Beda ruangan, bisa jadi beda pula jenis AC yang dibutuhkan. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui ukuran AC yang sesuai dengan ruangan yang akan dipasangi AC agar tidak salah memilih AC.

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memang membuat kita terbiasa dengan udara panas. Namun, ada kalanya cuaca panas membuat tidak nyaman dan bisa menghambat produktivitas.

Untunglah ada AC yang bisa membantu menghadirkan kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan. Perlu diketahui, fungsi AC saat ini bukan hanya untuk mendinginkan ruangan. Berikut fungsi-fungsi lain dari AC:

  • Mengatur suhu udara

Dengan menggunakan remote AC, Anda dapat menaikkan dan menurunkan suhu udara sesuai keinginan. Setelah mencapai suhu tersebut, kinerja AC akan sedikit lebih santai daripada saat pertama kali Anda nyalakan. Suhu AC yang paling rendah biasanya 16 derajat Celcius, sedangkan suhu yang paling tinggi bisa mencapai 30 derajat Celcius.

Sejatinya, AC berguna sebagai pendingin ruangan atau membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Namun, pada beberapa kondisi, AC juga dapat dimanfaatkan sebagai pemanas ruangan.

  • Mengatur kelembapan udara

AC juga dapat bekerja sebagai air humidifier yang menambah kelembapan atau mengurangi tingkat kelembapan dalam ruangan.

Untuk mendapatkan pendinginan maksimal dengan tingkat kelembapan yang tinggi, Anda dapat menggunakan mode cool atau mode dingin pada AC. Mode tersebut memungkinkan ruangan Anda memiliki suhu yang sejuk dan dingin dengan tingkat kelembapan udara yang cukup tinggi.

Sebaliknya, untuk mencapai kelembapan udara yang minim, Anda dapat menggunakan mode dry atau mode kering. Mode ini akan menyerap kelembapan udara berlebih yang membuat ruangan Anda merasa pengap.

Biasanya mode ini banyak digunakan saat musim hujan tiba. Mode dry akan membuat udara di sekitar Anda menjadi lebih kering dan nyaman untuk digunakan.

  • Mengatur kebersihan dan kualitas udara

Pada AC terdapat komponen filter yang berfungsi untuk menyaring berbagai macam parasit, debu dan kotoran. Dengan begitu, udara di ruangan tempat AC dinyalakan menjadi lebih sehat.

Namun, filter harus rutin dibersihkan agar tidak ada kotoran atau debu yang menumpuk hingga menyebabkan kualitas udara menurun. Tumpukan debu dan kotoran pada filter AC juga dapat menghambat proses pendinginan AC sehingga udara dingin menjadi tidak maksimal.

Beberapa jenis dan merek AC kini menghadirkan pendingin ruangan yang mampu menyaring kualitas udara dengan fitur tertentu, sehingga udara dalam ruangan tempat AC dipasang terbebas dari segala bakteri, jamur dan parasit lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, AC juga baik digunakan untuk penderita asma atau sesak napas karena mampu menyaring kualitas udara menjadi lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan pendingin ruangan.

AC ialah suatu alat atau mesin yang dapat membantu mengatur suhu dalam ruangan, mengatur kelembapan, serta kualitas udara pada ruangan tersebut.

Ada sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan dengan menyalakan AC:

  • Meningkatkan kualitas udara
  • Tidur lebih baik
  • Mengurangi kehadiran serangga
  • Melindungi peralatan elektronik
  • Menjaga kesehata mental dan konsentrasi

Macam-macam Jenis AC

Bila mengunjungi toko AC, Anda mungkin akan bingung melihat begitu banyaknya pilihan AC yang tersedia. Ya, saat ini ada berbagai macam jenis AC dengan beragam ukuran yang dijual di pasaran. Yuk, kenali apa saja jenis-jenis AC tersebut!

  • AC split

AC Split adalah jenis AC yang terbagi atas 2 unit, yaitu unit AC indoor dan unit outdoor (kipas dan kompresor). Terdapat pipa yang menyambungkan unit indoor dengan outdoor ini. AC split umumnya digunakan di rumah atau di kantor berukuran kecil.

  • AC floor standing

AC jenis ini memiliki sistem kerja yang memanfaatkan air untuk menghasilkan udara dingin. AC floor standing biasanya dipakai untuk bangunan dan rumah berukuran standar. Namun, unit yang dipasang hanya satu, yaitu untuk dalam ruangan atau indoor. AC floor standing bisa dibilang lebih simpel dan ringkas karena hanya perlu satu komponen pemasangan.

  • AC cassette

Bentuk AC ini berbeda dengan tipe AC lainnya. AC cassette berbentuk kotak dan biasanya terpasang di sebuah plafon.

  • AC split duck

Jenis AC ini memiliki sistem kerja yang memanfaatkan ducting sehingga distribusi udaranya lebih luas. AC ini memiliki kemampuan memberikan rasa sejuk dan dingin untuk satu gedung.

Pemasangan tipe AC satu ini sama seperti cassette, yaitu di langit-langit sebuah bangunan. Namun, keberadaannya lebih tersembunyi dan umumnya ditutup menggunakan alat tambahan.

  • AC Inverter

Tipe AC Inverter memiliki ciri serta kapasitas pendinginan sama dengan AC split wall. Penggunaannya juga untuk kebutuhan di ruangan standar seperti rumah dan kantor kecil.

AC Inverter mengeluarkan udara dingin dengan sistem Inverter, yaitu teknologi yang dapat mengontrol kecepatan komposer udara sehingga mampu mendorong aliran freon ke dalam AC menjadi lebih ringkas. Dengan demikian, AC ini mampu menghasilkan udara dingin yang optimal.

Pentingnya Memahami Ukuran AC yang Tepat

Besar ukuran AC yang dipasang di kamar tentu berbeda dengan ruang tamu. Sebab, ukuran ruang kamar biasanya memang tidak sama dengan ukuran ruang tamu. Selain itu, karena AC merupakan salah satu produk elektronik yang mengkonsumsi banyak listrik, mengetahui ukuran AC atau PK yang dibutuhkan menjadi sangat penting. Semakin besar ukuran AC atau PK, maka semakin besar pula konsumsi listriknya.

PK adalah singkatan dari “Paardekracht”, yaitu istilah bahasa Belanda yang berarti tenaga kuda atau dalam bahasa Inggris disebut horse power. PK merujuk pada besaran tenaga yang dimiliki AC untuk mendinginkan ruangan.

Jika ukuran AC atau PK yang dipasang terlalu kecil dari luas ruangan yang ada, maka AC akan butuh waktu lebih lama untuk mendinginkan ruang tersebut. Sebaliknya, jika ukuran AC atau PK lebih besar dari luas ruangan yang seharusnya, konsumsi listrik bisa jadi boros.

Cara Memilih Ukuran AC sesuai Ukuran Ruangan

Untuk mengetahui ukuran AC yang pas, pertama-tama Anda harus memahami dulu tentang BTU.

BTU adalah singkatan dari British Thermal Unit. BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas atau mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama 1 jam.

Nilai BTU dapat diketahui dengan menggunakan rumus berikut:

Luas ruangan (panjang x lebar) m2 x 500 BTU/h

Contoh:

Panjang ruangan 3 meter dan lebar 4 meter. Maka, ukuran AC yang dibutuhkan adalah:

3 x 4 x 500 = 6000 BTU/h

Bila melihat ke Tabel BTU/h, berarti ruangan tersebut dapat menggunakan AC dengan ukuran ¾ PK.

Rumus ini mengasumsikan tinggi ruangan adalah ukuran standar, yaitu sekitar 2,5–3 meter. Selain itu, rumus ini juga tidak memperhitungkan faktor eksternal seperti berapa jumlah orang di dalam ruangan atau jumlah jendela yang sering dibuka dan ditutup, dan sebagainya.

Tabel BTU/h AC

PK AC

BTU/h

Luas Ruangan

½ PK

± 5.000 BTU/h

3 m x 3 m

¾ PK

± 7.000 BTU/h

3 m x 4 m

1 PK

± 9.000 BTU/h

4 m x 4 m

1½ PK

± 12.000 BTU/h

4 m x 6 m

2 PK

± 18.000 BTU/h

5 m x 8 m

2½ PK

± 24.000 BTU/h

6 m x 8 m

3 PK

± 27.000 BTU/h

10 m x 8 m

5 PK

± 45.000 BTU/h

10 m x 10 m

AC AQA-KCRV6WP: Mendinginkan Udara, Menghangatkan Suasana

Banyak orang memilih AC dengan teknologi Inverter karena tergolong hemat biaya. Kelebihan ini juga terdapat pada AC AQA-KCRV6WP persembahan dari AQUA Elektronik.

AC AQA-KCRV6WP adalah AC indoor/outdoor AQA-KCRV6WP dengan teknologi manajemen energi yang efisien. AC ini dilengkapi teknologi Inverter Plus yang mampu mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan daya listrik hingga 63%. Cukup tinggi bukan, penghematannya? Apalagi, ditunjang dengan fitur Eco Mode, yaitu 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40%atau 160W untuk ½ PK.

Selain itu, ada pula fitur Aqua Fresh yang mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel, kemudian dengan tenaga ekspansi dan hembusan kipas semua kontoran hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih, bebas virus dan bakteri.

AC ini juga tak mudah rusak karena dibekali fitur Anti-Corrosion. Berupa tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor, mencegah timbulnya karat di unit indoor/outdoor. Di sisi lain, ada Hyper PCB, yaitu papan sirkuit lolos uji ketahanan yang berat dan terbukti andal, mampu bertahan hingga 10 tahun dengan pemakaian normal.

Tak diragukan lagi, AC AQA-KCRV6WP akan menghadirkan kesejukan di rumah Anda, sekaligus menghangatkan suasana. Hal ini dimungkinkan antara lain karena adanya Big Blade, yaitu kipas blower dengan desain lebih besar dan panjang yang mampu menghembuskan udara hingga 12 meter.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki AC istimewa dengan teknologi Inverter Plus ini. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003