Masih Bingung? Inilah Cara Menggunakan Remote AC

Ketika Anda harus beraktivitas di dalam ruangan selama cuaca panas, Anda pasti langsung tergugah untuk menyalakan Air Conditioner (AC). Keberadaan AC kini memang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern. Maklum saja, cuaca panas rentan menyebabkan tubuh berkeringat dan perubahan mood sehingga kenyamanan terganggu. Proses penggunaan AC tentu tak lepas dari komponen remote. Oleh sebab itu, Anda harus memahami cara menggunakan remote AC yang benar agar manfaatnya maksimal.

Hingga saat ini, rupanya masih banyak orang yang kurang memahami cara menggunakan remote AC secara detail karena hanya terbiasa menyalakan dan mematikannya saja. Padahal, remote tersebut berfungsi mengontrol berbagai fungsi AC agar sesuai dengan kebutuhan pribadi. Mari simak ulasan berikut ini supaya Anda semakin memahami fungsi remote AC secara menyeluruh.

Fitur-Fitur yang Terdapat pada Remote AC serta Fungsinya

Remote AC dari berbagai merek, termasuk remote AC Aqua pasti memiliki beberapa fitur berikut ini:

1. Tombol On/Off

Tombol ini disimbolkan dengan perpaduan angka 0 dan 1 yang menyiratkan fungsinya untuk menyalakan dan mematikan AC. Namun, tidak sedikit juga tombol ini disimbolkan dengan tulisan On/Off saja. Pada umumnya, tombol On/Off AC terletak di bagian paling atas remote dengan warna mencolok (biasanya merah atau biru) untuk mempermudah Anda ketika mengoperasikan AC.

2. Display

Saat Anda menekan tombol Display, layar remote AC akan menampilkan info tentang suhu, mode, timer, dan lainnya. Fitur display akan mempermudah Anda dalam menaikkan atau menurunkan suhu, menentukan mode, atau memasang timer.

3. Temp.

Tombol temperatur terdiri dari dua bagian, yaitu tombol dengan ikon panah mengarah ke atas untuk menaikkan suhu AC dan ikon panah mengarah ke bawah untuk menurunkan suhu AC. Pada umumnya, suhu AC yang beredar di tanah air berada pada kisaran 160 C hingga 260 C. Semakin rendah suhu AC, maka semakin dingin pula kondisi ruangan. Pengaturan suhu AC yang terlalu dingin akan membuat penggunaan listrik semakin boros.

4. Swing

Istilah swing atau berayun digunakan untuk menyebut pengaturan sayap pada unit indoor AC. Jika Anda mengaktifkan fitur swing pada remote AC, maka sayap tersebut akan bergerak ke atas dan ke bawah untuk menyebarkan udara dingin secara merata di dalam ruangan. Bahkan, beberapa jenis AC tertentu memiliki dua pilihan fitur swing yang salah satunya dapat mengatur gerakan kipas AC bagian dalam.

5. Timer

Sebenarnya, Anda tidak harus selalu menggunakan tombol On/Off jika sudah memaksimalkan fungsi timer pada remote AC. Pengaturan tombol timer dapat dimanfaatkan untuk menyalakan dan/atau mematikan AC secara otomatis tanpa menekan remote sama sekali. Cara pengaturannya sangat mudah, yaitu Anda tinggal menentukan waktu nyala dan waktu mati AC sesuai keinginan lalu aktifkan fitur timer pada remote AC. Maka nantinya AC Anda akan menyala atau mati secara otomatis setiap hari pada waktu yang telah Anda tentukan.

Macam-Macam Mode AC

Biasanya semua remote AC memiliki tombol mode yang terdiri dari beberapa pilihan berikut ini.

  • Auto mode: memungkinkan AC melakukan pengaturan otomatis karena dapat menyesuaikan proses pendinginan dengan kondisi ruangan.
  • Cool mode: membuat AC mendinginkan ruangan dalam waktu sangat singkat.
  • Dry mode: menghilangkan kelembapan udara berlebihan dalam ruangan dengan cara membuat AC mengembuskan udara kering.
  • Fan mode: mengaktifkan komponen kipas pada unit indoor AC sekaligus menghentikan kinerja unit outdoor sehingga AC berfungsi seperti kipas angin.
  • Turbo mode: memungkinkan AC bekerja ekstra keras dengan penggunaan daya listrik besar agar ruangan lekas dingin.
  • Eco mode: mendinginkan ruangan tanpa menyebabkan kinerja komponen terlalu keras sehingga penggunaan listrik tetap hemat.

Cara Menggunakan Remote AC yang Efektif serta Perawatannya

Penggunaan remote AC bukan sekadar tentang menekan tombol-tombolnya saja. Sebaiknya, Anda memahami beberapa hal berikut ini supaya fungsi remote AC maksimal dan ketahanannya senantiasa terjaga.

  • Menekan tombol AC secara wajar dan tidak terlalu keras supaya komponen remote tersebut tidak mudah rusak.
  • Memilih mode AC sesuai kondisi ruangan dan usahakan untuk tidak terlalu sering mengganti mode tersebut, khususnya dalam hitungan menit.
  • Mengaktifkan fitur timer setiap hari sehingga Anda tidak perlu repot-repot menggunakan remote untuk menyalakan atau mematikan AC.
  • Meletakkan remote AC di tempat yang aman agar tidak mudah berdebu, terkena tumpahan makanan, atau jatuh ke lantai. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda meletakkan remote AC di dinding yang lokasinya berdekatan dengan unit indoor AC.
  • Membersihkan remote AC secara rutin dengan kain lap bertekstur lembut sehingga fungsinya tidak terganggu akibat akumulasi kotoran.

Cara menggunakan remote AC yang benar akan membuat remote dan unit AC jadi tahan lama dan tak mudah rusak. Salah satu rekomendasi AC terbaik yang dipersembahkan Aqua Japan untuk Anda adalah seri AC STANDARD AQA-KCR10AHP1. AC 1 PK ini memiliki beberapa fitur unggulan yang terdiri dari:

  • Turbo Cooling: mampu mencapai suhu ruangan yang diinginkan secara cepat hanya dalam waktu 5 menit.
  • Anti Corrosion: tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensator yang berfungsi mencegah timbulnya karat pada unit indoor maupun outdoor.
  • Wide Voltage: kinerja tetap stabil dan optimal pada rentang voltase lebar (160 V–242 V).
  • Triple Air Flow: mengalirkan udara secara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.

Teknologi istimewa yang terdapat pada AC STANDARD AQA-KCR10AHP1 dari Aqua Japan membuatnya lebih tahan lama sekaligus menjaga kenyamanan ruangan secara efektif. Membuat ruangan nyaman akan menjadi semakin mudah karena bisa dilakukan dengan remote AC Aqua di genggaman tangan Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003