Sudah Tahu 6 Mode AC Berikut Ini?

Air Conditioner (AC) adalah salah satu perangkat elektronik yang dimiliki mayoritas rumah tangga kalangan ekonomi menengah ke atas di Indonesia. Penggunaan AC dianggap sangat penting untuk mengantisipasi cuaca panas sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Meskipun jumlah pengguna AC di tanah air terus meningkat dari tahun ke tahun, ternyata masih banyak orang yang belum memahami arti dari setiap mode AC yang digunakan. Jadi, apakah Anda termasuk orang yang sudah memahami arti mode AC?

Mari pelajari fungsi dari berbagai mode AC, mulai dari AC turbo mode hingga mode dry pada AC agar Anda bisa menentukan mode AC terbaik sesuai kebutuhan.

Berbagai Manfaat AC bagi Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan AC di rumah, tempat kerja, maupun ruangan lainnya dengan mode AC yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Menjaga kestabilan suhu ruangan agar tetap sejuk.
  • Mendukung proses relaksasi karena suhu ruangan yang sejuk bersifat menenangkan.
  • Membantu meningkatkan produktivitas saat berkegiatan karena tubuh merasa nyaman.
  • Meningkatkan kualitas udara karena AC dapat menyaring polusi udara dan mikroorganisme penyebab penyakit, seperti bakteri dan virus.
  • Mengurangi risiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan udara kotor dan suhu panas, seperti asma, alergi kulit, heatstroke, dehidrasi, dan susah tidur (insomnia).

Mengenal Beragam Mode AC serta Fungsinya

Beberapa mode AC yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan dan kondisi ruangan adalah sebagai berikut.

  • Mode Auto
    Di antara semua mode AC, mode auto merupakan salah satu mode yang paling sering dipilih karena dianggap paling mudah mendinginkan ruangan. Saat Anda memilih mode auto, maka sistem AC akan bekerja secara otomatis dalam menyesuaikan proses pendinginan berdasarkan kondisi ruangan. AC yang dioperasikan dengan mode auto dapat mengidentifikasi suhu dan kelembapan ruangan sebelum menentukan suhu terbaik untuk mendinginkan ruangan tersebut. Jika Anda memilih mode ini, Anda tak perlu repot-repot mengatur suhu AC secara manual.
  • Mode Dry
    Biasanya, mode dry pada AC dilambangkan dengan ikon berupa setetes air. Mode ini paling cocok digunakan pada ruangan lembap karena berfungsi mengurangi kelembapan secara signifikan. Pengaktifan mode dry membuat AC menyerap kelembapan ruangan yang berlebihan lalu menggantikannya dengan udara kering.
  • Mode Fan
    Sama seperti namanya, mode fan bertujuan mengaktifkan kipas indoor AC sekaligus menonaktifkan komponen outdoor AC. Dengan demikian, kinerja AC bergantung sepenuhnya pada kipas indoor sehingga fungsinya menyerupai kipas angin biasa. Pemilihan mode fan sangat efektif untuk menghemat listrik, tetapi kurang maksimal dalam mendinginkan ruangan. Jadi, sebaiknya mode fan diaktifkan pada ruangan yang hawanya sudah sejuk bahkan tanpa perlu menyalakan AC.
  • Mode Cool
    Pengaturan mode AC yang satu ini paling cocok dipilih saat cuaca di luar ruangan terasa sangat panas. Ketika Anda mengaktifkan cool mode AC, maka AC akan membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih dingin dibandingkan di luar ruangan. Lebih hebatnya lagi, mode cool pada AC bisa membuat ruangan menjadi dingin hanya dalam waktu beberapa menit. Sayangnya, keistimewaan mode ini membuat penggunaan listrik semakin boros.
  • Mode Turbo
    Tidak semua produk AC dilengkapi dengan mode turbo. Secara garis besar, mode turbo memiliki fungsi yang sama dengan mode cool. Jika AC turbo mode diaktifkan, AC akan langsung bekerja ekstra keras untuk memulai proses pendinginan ruangan. Komponen kipasnya akan berputar secara maksimal selama kurang lebih 30 menit. Jadi, mode ini paling cocok diaktifkan saat Anda merasa cuaca di luar ruangan benar-benar panas. Setelah ruangan mulai dingin, sebaiknya Anda mengubah mode turbo ke mode lain supaya penggunaan AC lebih hemat energi.
  • Mode Eco
    Satu lagi mode yang terdapat pada fungsi AC adalah eco. Mode eco bermanfaat dalam menghemat penggunaan listrik sehingga tagihan listrik tidak membengkak. Pengaktifan mode eco dapat mengatur kinerja AC agar seluruh komponennya bekerja dengan daya listrik yang lebih sedikit. Di samping itu, mode eco juga dapat meminimalkan emisi yang timbul akibat penggunaan AC sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan mode lainnya.

Setelah menyimak ulasan tentang mode AC kali ini, niscaya Anda lebih bijak menentukan mode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan. Jika Anda berencana membeli AC baru dalam waktu dekat, Anda bisa memilih AC INVERTER AQA-KCRV9WGW 1PK dari Aqua Japan. Produk AC Aqua Japan yang satu ini dilengkapi berbagai teknologi dan fitur paling canggih di kelasnya, yaitu:

  • Inverter Plus: teknologi yang mampu mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan daya listrik hingga 63%.
  • Aqua Fresh: teknologi yang dapat membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Selanjutnya, tenaga ekspansi dan hembusan kipas membuat semua kotoran hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara bersih bebas virus dan bakteri.
  • Hyper PCB: papan sirkuit lolos uji ketahanan yang berat dan terbukti andal sehingga mampu bertahan 10 tahun dengan pemakaian normal.
  • Big Blade: desain kipas blower lebih besar dan panjang yang mampu menghembuskan udara hingga sejauh 12 meter.
  • Big Indoor: ukuran unit indoor, kipas, dan saluran udara lebih besar sehingga dapat menghasilkan volume udara lebih maksimal dibandingkan AC konvensional.
  • High EER: konsumsi listrik hemat yang dibuktikan dengan rasio efisiensi energi berlabel bintang 4.

AC INVERTER AQA-KCRV9WGW 1PK dari Aqua Japan bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Membuat ruangan jadi lebih sejuk sambil menghemat penggunaan listrik bukan mustahil lagi jika Anda mengandalkan produk AC unggulan persembahan dari Aqua Japan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003