Tips Memilih AC yang Hemat Energi

AC 1/2 PK Yang Hemat Listrik

Pendingin ruangan atau AC diperlukan baik oleh rumah tangga maupun perkantoran dalam menjaga suhu udara ruang tetap segar dan sehat. Setiap ruangan membutuhkan kapasitas AC yang berbeda-beda mulai dari AC ½ PK hingga 2PK. Bagi Sobat AQUA Elektronik yang ingin memilih AC hemat energi berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan.

Hitung daya listrik di rumah

Poin utama dalam memilih dan membeli AC hemat energi ialah Sobat AQUA Elektronik perlu menghitung daya listrik di rumah. Mengingat AC membutuhkan konsumsi energi listrik yang cukup tinggi. Pastikan daya di rumah cukup untuk digunakan. Pada umumnya, PLN menyediakan beberapa pilihan daya listrik untuk konsumsi rumah tangga. Mulai dari golongan 900 VA sampai 3300 VA

Apabila ingin mendapatkan energi yang lebih hemat secara optimal, kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan barang elektronik secara bergantian. Contohnya saja bila AC menyala, kurangi penggunaan elektronik lainnya.

Perhatikan tipe AC

Tips berikutnya dalam membeli AC, usahakan Sobat AQUA Elektronik pilih AC yang memiliki low watt AC inverter. AC jenis ini memiliki keunggulan lebih hemat listrik dan penggunaan watt relatif lebih rendah. Pada AC inverter penggunaan daya lebih stabil ketika dalam kondisi suhu yang diinginkan, kinerja AC tetap maksimal dan tetap hemat listrik. Inilah yang membuatnya lebih hemat energi dan konsumsi listrik.

Selain AC inverter, jenis lainnya yang perlu untuk diketahui adalah AC low watt dan AC standar. Sebenarnya, low watt hampir sama dengan tipe standar, hanya saja penggunaan daya pada kompresor lebih rendah sehingga lebih hemat energi dan cocok untuk hunian yang punya daya listrik rendah.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis yang Benar

Perhatikan kapasitas AC dan kebutuhan setiap ruang

Untuk menghitung berapa kebutuhan setiap ruangan, maka kamu juga perlu mengetahui PK atau ukuran kapasitas AC guna mengetahui kemampuan AC tersebut. Kapasitas AC ini tediri dari beberapa jenis mulai dari ½ PK, ¾ PK hingga 2PK. Sebenarnya menghitung kebutuhan ruang untuk AC dan kapasitasnya cukup mudah. Rumus menghitung kapasitas kebutuhan AC setiap ruangan adalah Panjang x Lebar x 500 Btu/h. Berikut panduannya secara lengkap yang Sobat AQUA Elektronik perlu ketahui.

1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)

3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)

1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)

1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)

2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Dari ukuran tersebut dapat digambarkan bila kamu memiliki ruangan atau kamar dengan ukuran dibawah 10 m2 maka AC untuk kamar tersebut yang cocok berkapasitas ½ PK. Dengan mengetahui ukuran ruangan dan kapasitas AC maka kamu akan menemukan AC hemat energi yang sesuai dengan kebutuhan untuk mendinginkan ruangan

Memiliki fitur terbaik

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika membeli AC adalah fitur terbaik yang ditawarkan. Semisalnya saja bahan yang digunakan AC tersebut. AC terbaik biasanya dilengkapi dengan Blue Fin dan pure Copper pada evaporator dan kondensor. Fitur Blue Fin mampu meningkatkan efektivitas pendinginan AC hingga 25%.

Tidak hanya itu saja, kinerja pendinginan juga semakin meningkat sekitar 3% bila dibandingkan bahan yang tidak menggunakan lapisan Blue Fin. Hebatnya lagi, Blue Fin mampu mencegah kerusakan terutama dari korosi dan karat. Dengan demikian, selain hemat energi AC yang Sobat AQUA Elektronik pilih nantinya juga dapat menekan biaya perawatan dan tahan lama.

Harga terjangkau

Tips terakhir yang perlu diperhatikan sebelum membeli AC hemat energi adalah hitung dulu budget yang dimiliki oleh Sobat AQUA Elektronik. Sebaiknya, jangan mudah tergiur oleh AC 1 PK dengan harga yang sangat murah. Sebab, bisa saja fitur yang ditawarkan tidaklah menarik dan kurang lengkap. Namun, kamu juga bisa pilih AC dengan harga terjangkau yang memiliki fasilitas dan fitur-fitur terbaik. Salah satunya adalah AC AQUA Elektronik AQA-KCR5ANC. AC ini merupakan jenis low watt yang mampu mengurangi listrik hingga 40%.

Di samping itu, AQA-KCR5ANC memiliki ukuan kipas yang lebih panjang dan besar, sehingga mampu mendinginkan ruangan secara cepat dan menghembuskan udara lebih kuat dengan jarak maksimal. Inovasi terbaru dari Jepang di AC ½ PK AQA-KCR5ANC membuatnya menjaga kestabilan ruangan dan penggunaan listrik lebih hemat.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003