Apa itu Mode Eco pada AC? Simak Fungsi & Cara Kerjanya

ac

Jika Anda merupakan pengguna Air Conditioner (AC) pemula, pasti akan banyak sekali kebingungan. Sebab biasanya AC memiliki banyak sekali mode yang digunakan sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Eits, tak perlu khawatir, artikel kali ini akan menjelaskan salah satu mode yang kerap ada pada AC, yaitu mode ECO. Apa sih mode eco itu? Simak selengkapnya berikut!

Apa itu Mode ECO pada AC?

Mode ECO pada AC adalah fitur khusus yang dirancang untuk menghemat energi dan meningkatkan efisiensi penggunaan listrik. Mode ECO mengurangi konsumsi daya AC dengan menyesuaikan pengaturan suhu dan kecepatan kipas untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman tanpa menggunakan terlalu banyak listrik.

Sayangnya, mode ini tidak dimiliki oleh semua jenis AC. Kebanyakan AC yang memiliki mode ini adalah A canggih atau modern. Sementara AC konvensional biasanya hanya memiliki pengaturan suhu secara manual.

Fungsi Mode ECO pada AC

Supaya lebih memahami mengenai mode ECO, berikut penjelasan lengkap mengenai fungsinya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengurangi konsumsi energi

Mode ECO adalah salah satu mode AC yang wajib diketahui sebab berfungsi mengurangi konsumsi energi di rumah Anda. Mode ini secara otomatis menghemat penggunaan listrik karena mengoptimalkan kerja kompresor dan kipas.

Suhu disesuaikan secara bertahap sehingga mengurangi beban kerja AC, yang pada gilirannya bisa mengurangi penggunaan listrik secara otomatis juga mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan.

2. Pengaturan suhu secara otomatis

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan, cara kerja mode ECO adalah melakukan pengaturan suhu. Pengaturan suhu otomatis ini dilakukan sebagai upaya efisiensi energi. Mode ini biasanya meningkatkan atau menurunkan suhu secara perlahan agar tidak membebani kompresor, sehingga menjaga suhu ruangan tetap nyaman dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

3. Menjaga kelestarian lingkungan

Selain menghemat energi dan melakukan pengaturan suhu otomatis, fungsi mode ECO adalah menjaga kelestarian lingkungan.Mode ECO membantu mengurangi emisi karbon dan dampak lingkungan. Ini menjadikan AC lebih ramah lingkungan karena menggunakan energi secara lebih efisien dan mengurangi jejak karbon.

4. Pengoperasian AC lebih tenang

Mode ECO seringkali mengurangi kecepatan kipas dan frekuensi hidup-mati kompresor, yang membuat AC bekerja lebih tenang. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan pengguna, terutama saat tidur atau saat membutuhkan lingkungan yang tenang.

5. Menjaga umur guna AC

Terakhir, fungsi mode ECO adalah menjaga umur guna AC. Pengoperasian yang lebih efisien mengurangi keausan pada komponen internal, sehingga unit AC dapat bertahan lebih lama dengan performa yang baik.

Cara Kerja Mode ECO pada AC

Mode ECO pada AC bekerja dengan cara mengoptimalkan penggunaan energi dan mengatur kinerja unit pendingin agar lebih efisien. Berikut adalah penjelasan cara kerja Mode ECO pada AC.

1. Penyesuaian Suhu yang Lebih Bertahap

Mode ECO meningkatkan atau menurunkan suhu secara bertahap dan lebih lambat dibandingkan mode pendinginan biasa. Ini membantu mengurangi beban kerja kompresor dan menghemat energi.

2. Pengaturan Kecepatan Kipas

Dalam Mode ECO, kecepatan kipas biasanya diatur pada tingkat yang lebih rendah. Ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh AC.

3. Pengaturan Kompresor

Kompresor adalah komponen yang paling banyak menggunakan energi dalam AC. Mode ECO mengatur kompresor agar bekerja dengan efisiensi maksimum, seringkali dengan mengurangi frekuensi hidup-mati kompresor. Ini membantu mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan.

4. Sensor Pintar

Beberapa AC dengan Mode ECO dilengkapi dengan sensor pintar yang dapat mendeteksi keberadaan manusia dan suhu ruangan. Sensor ini membantu AC menyesuaikan kinerjanya berdasarkan kondisi aktual di dalam ruangan, sehingga tidak bekerja lebih dari yang diperlukan.

5. Penyesuaian Berdasarkan Waktu

Mode ECO sering kali menggunakan algoritma yang mempertimbangkan waktu penggunaan. Misalnya, pada malam hari ketika suhu luar lebih dingin, AC dapat mengurangi kinerjanya karena beban pendinginan berkurang.

6. Menggunakan Teknologi Inverter

Banyak AC modern yang dilengkapi dengan teknologi inverter, yang memungkinkan kompresor bekerja pada kecepatan variabel. Mode ECO menggunakan fitur ini untuk menyesuaikan kecepatan kompresor sesuai kebutuhan pendinginan, yang sangat efisien dalam penggunaan energi.

Waktu yang Cocok untuk Mengaktifkan Mode ECO pada AC

Waktu yang paling cocok untuk mengaktifkan Mode ECO pada AC adalah saat suhu luar ruangan tidak terlalu ekstrim, seperti di malam hari atau pada pagi dan sore hari ketika suhu cenderung lebih sejuk. Pada saat-saat ini, beban pendinginan berkurang sehingga AC tidak perlu bekerja keras untuk mencapai suhu yang nyaman.

Selain itu, mengaktifkan Mode ECO saat tidur bisa meningkatkan kenyamanan karena AC bekerja lebih tenang dan menjaga suhu ruangan stabil tanpa penggunaan energi berlebih. Ini tidak hanya membantu menghemat energi dan mengurangi biaya listrik, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.

Cara Mematikan Mode ECO pada AC

Mematikan Mode ECO pada AC biasanya dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Berikut adalah tiga cara umum untuk mematikan Mode ECO pada AC:

1. Menggunakan Remote Control

Cara menggunakan remote control AC untuk mematikan mode ECO adalah cari tombol yang berlabel "ECO" atau "Energy Saving." Menekan tombol ini lagi biasanya akan mematikan Mode ECO dan mengembalikan AC ke mode operasi normal.

2. Menggunakan Panel Kontrol AC

Jika remote control tidak tersedia, Anda bisa menggunakan panel kontrol pada unit AC itu sendiri. Cari tombol atau opsi dalam menu yang memungkinkan Anda mematikan Mode ECO. Ini bisa berupa tombol "Mode," "Settings," atau ikon khusus yang menunjukkan pengaturan hemat energi.

3. Mengatur Ulang Pengaturan Mode

Beberapa AC memungkinkan Anda untuk mengganti mode operasi secara langsung melalui pengaturan mode. Dengan mengubah mode dari ECO ke mode pendinginan biasa, mode kipas, atau mode lainnya, Mode ECO akan otomatis dinonaktifkan. Biasanya, ini bisa dilakukan dengan menekan tombol "Mode" pada remote control atau panel kontrol hingga mode yang diinginkan muncul.

Mode-Mode AC Lainnya

Selain mode ECO, masih banyak lagi mode pada AC yang mungkin belum Anda tahu. Simak beberapa mode lainnya berikut ini.

1. Mode Cool (Pendingin)

JIka Anda ingin mengatur AC agar dingin maksimal, salah satu caranya adalah dengan mode cool. Mode ini digunakan untuk mendinginkan ruangan. AC bekerja untuk menurunkan suhu sesuai dengan pengaturan yang diinginkan.

2. Mode Fan (Kipas)

Dalam mode ini, AC hanya menggerakkan udara tanpa mengubah suhu. Ini bermanfaat untuk sirkulasi udara di dalam ruangan.

3. Mode Heat (Pemanas)

Mode ini tersedia pada AC tipe inverter atau yang memiliki fungsi pemanas. AC akan menghangatkan ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan.

4. Mode Auto (Otomatis)

Mode ini memungkinkan AC untuk secara otomatis memilih mode operasi (pendingin, pemanas, atau kipas) berdasarkan suhu ruangan yang terdeteksi dan suhu yang diinginkan.

5. Mode Sleep (Tidur)

Mode ini dirancang untuk kenyamanan saat tidur. AC secara otomatis menyesuaikan suhu untuk menciptakan kondisi yang nyaman sepanjang malam, biasanya dengan menaikkan suhu secara bertahap.

6. Mode Dry (kering)

Fungsi mode dry pada AC untuk mengurangi kelembaban di dalam ruangan tanpa menurunkan suhu udara secara signifikan.

Buat Rumah Lebih Dingin dan Bersih dengan AQUA UV Cool Premium

ac uv cool premium front

Buat rumah menjadi lebih dingin dan bersih serta hemat energi dengan AQUA AQA-KCR10VSW. Dengan teknologi manajemen energi yang efisien dan sertifikat tingkat hemat bintang 5, Anda dapat menikmati udara segar sekaligus menghemat biaya listrik.

ac uv cool premium side

Tak hanya itu, pendingin ruangan satu ini dilengkapi dengan teknologi canggih seperti UVC Sterilization untuk membersihkan udara dari bakteri dan virus, fitur WIFI control yang memungkinkan pengguna mengatur AC dari jarak jauh melalui smartphone, serta self clean untuk perawatan mandiri yang mudah. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan dalam ruangan, tetapi juga menawarkan kemudahan penggunaan dan efisiensi energi yang lebih baik, menjadikannya pilihan ideal untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan di rumah atau kantor Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003