Mengenal Komponen AC: Bagaimana Bisa Menghasilkan Dingin?

ac dan remote ac

Ada banyak cara untuk bikin rumah lebih nyaman. Salah satunya dengan memasang penyejuk udara atau air conditioner (AC). Di tengah cuaca yang panas, menikmati sejuknya udara ruangan yang dihembuskan AC.. Mood jadi bagus, perasaan tenang, dan produktivitas pun bisa meningkat. Apa saja, sih, komponen AC yang menyejukkan ruangan ini?

Apa Saja Fungsi AC?

Sebelum mengulik komponen AC, tahukah Anda bahwa fungsi AC bukan hanya mendinginkan suhu ruangan? Berikut berbagai fungsi AC yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Pengatur suhu udara

AC akan mendinginkan ruangan pada suhu yang yang Anda perintahkan lewat remote AC. Tingkat dinginnya pun dapat diatur sesuai keinginan dan dalam jangka waktu yang Anda tentukan juga. Suhu AC paling rendah umumnya 16 derajat Celcius, dan paling tinggi 30 derajat Celcius. Untuk insight lebih banyak seputar pengaturan suhu AC, Anda dapat membaca artikel kami yang berjudul suhu normal AC.

2. Pengatur kelembapan udara

AC juga dapat bekerja sebagai air humidifier, yaitu menambah atau mengurangi tingkat kelembapan dalam ruangan. Untuk mendapatkan tingkat kelembapan tinggi, gunakan mode cool, sedangkan untuk tingkat kelembapan rendah, pilih mode dry.

3. Pengatur kebersihan dan kualitas udara

AC dilengkapi komponen filter yang menyaring debu, kotoran, hingga parasit. Berkat komponen air conditioner ini, kotoran-kotoran tersebut tidak akan masuk ke dalam ruangan. Sirkulasi udara di dalam ruangan pun lebih bersih dan sehat, asalkan filter dibersihkan secara rutin.

Apa Saja Komponen pada AC?

AC dapat menghasilkan udara dingin secara optimal bila berbagai komponen di dalamnya bekerja dengan baik. Yuk, simak komponen air conditioner yang perlu diketahui agar Anda tahu kapan perlu melakukan perawatan atau maintenance AC secara rutin.

AC yang dipasang di rumah umumnya AC split yang terdiri dari dua bagian, yaitu unit yang terpasang di dalam ruangan (indoor) dan unit yang terpasang di luar ruangan (outdoor). Berikut komponen dasar penunjang AC:

1. Kompresor

Ini adalah komponen utama pada AC. Ada 3 fungsi utama kompresor pada AC:

  • Fungsi pengisap: membuat cairan refrigerant dari evaporator dikondensasi dalam temperatur yang rendah ketika tekanan refrigerant dinaikkan.
  • Fungsi penekanan: membuat gas refrigerant dapat ditekan sehingga temperatur dan tekanannya tinggi, lalu disalurkan ke kondensor untuk kemudian dikabutkan pada temperatur yang tinggi.
  • Fungsi pemompaan: secara terus-menerus mensirkulasikan refrigerant berdasarkan isapan dan kompresi.

2. Kondensor

Kondensor mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair (proses kondensasi) sekaligus menurunkan suhunya (proses pengembunan gas freon). Mekanismenya adalah kondensor menghilangkan panas dari refrigerant ke temperatur atmosfer.

Komponen AC ini terdapat di unit outdoor karena fungsinya membuang panas. Refrigerant yang telah berubah wujud menjadi zat cair kemudian mengalir ke pipa evaporator untuk dibuang.

3. Evaporator

Evaporator menyerap udara panas dari dalam ruangan. Di dalam evaporator terjadi proses penguapan atau evaporasi. Udara yang masuk ke dalam evaporator melewati refrigerant yang mampu menurunkan panas dan menghasilkan udara yang lebih dingin.

4. Blower atau Fan

Blower pada unit indoor bentuknya seperti tabung bersirip yang berfungsi mengembuskan udara dingin. Sementara, blower pada unit outdoor berbentuk seperti kipas dan berfungsi membuang udara panas dan mendinginkan refrigerant. Putaran motor blower biasanya terdiri lebih dari satu tingkat kecepatan (2–3 tingkat kecepatan).

5. Refrigerant atau Freon

Komponen AC ini berbentuk gas atau senyawa kimia. Fungsi utama freon adalah menyerap panas dari sekitarnya dan membuat suhu udara menjadi dingin. Itu sebabnya, saat freon habis, udara yang diembuskan unit indoor akan jadi tidak dingin. Selengkapnya, Anda dapat membaca artikel kami untuk mengetahui ciri-ciri freon AC sudah habis.

AC Standard AQA-KCR12ANS Bikin Suhu Ruangan Dingin dalam Waktu 5 Menit

Beberapa AC standard membutuhkan waktu agak lama untuk mencapai suhu dingin yang diinginkan. Namun, tidak demikian halnya dengan AC Standard AQA-KCR12ANS persembahan AQUA Elektronik. Dilengkapi dengan teknologi Fast Cool, AC Standard AQA-KCR12ANS mampu mencapai suhu dingin yang diharapkan dalam waktu kurang lebih 5 menit saja. Udara sejuk yang diembuskan pun mampu mencapai sejauh 12 meter sehingga kesejukan terasa merata di seluruh ruangan.

AC Standard AQA-KCR12ANS juga lebih unggul dibandingkan model sebelumnya. Alasannya, terdapat fitur Powerful Cooling yang membuat kinerja pendinginan lebih baik 10% dengan pengaturan kecepatan kipas turbo dalam kondisi kerja yang stabil di ruangan.

Ditambah lagi, AC ini juga dilengkapi material istimewa anti-karat. Komponen AC evaporator dan kondensornya terbuat dari 100% tembaga dan dilapisi Blue Fin yang mampu meningkatkan efektivitas pendinginan sampai 25%. Dengan lapisan Blue Fin, rata-rata kinerja pendinginan meningkat 3% dibandingkan dengan non-Blue Fin, dan unit dapat terlindungi dari risiko kerusakan akibat korosi dan karat.

Berminat memiliki AC yang bisa cepat mendinginkan ruangan dan memiliki lapisan anti-karat? Langsung saja kunjungi Official Store AQUA Elektronik di marketplace kesayangan atau www.aquaelektronik.com untuk memiliki AC AQUA Japan Standard AQA-KCR12ANS.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan AC secara rutin agar setiap komponennya dapat terus bekerja dengan baik dan menghasilkan kesejukan yang nyaman di rumah!

References:

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003